2 Cara Mudah Cek Sound Card Laptop/ Komputer Anda

Cek Sound Card Featured Image

Pernahkan Anda berpikir bagaimana musik yang ada di hard disk Anda diubah menjadi suara yang bisa Anda dengar lewat speaker? Nah, di sinilah sound card diperlukan. Meski mempunyai peran yang sama pentingnya dengan graphic card, namun banyak orang yang belum mengetahui apa itu sound card. Oleh karena itu, kami akan membahas tentang apa itu sound card dan bagaimana cara untuk cek sound card yang ada di PC Anda.

Apa Itu Sound Card?

Sound card merupakan komponen komputer yang bertugas untuk mengolah data audio/ suara yang masuk atau keluar dari komputer. Sound card mirip dengan graphic card (VGA/GPU) , namun graphic card mengolah data grafis/ gambar sedangkan sound card mengolah data suara. Secara umum ada 3 jenis sound card:

  1. Integrated sound card
    Integrated sound card
    Sering disebut juga sound card onboard. Merupakan sound card yang menyatu dengan motherboard. Hampir semua motherboard modern mempunyai sound card jenis ini, sehingga hampir bisa dipastikan Anda memperoleh integrated sound card ketika Anda membeli sebuah motherboard.
  2. Internal discrete sound card
    Sound card offboard
    Sering disebut dengan sound card offboard, sound card ini merupakan sound card yang terpisah dengan motherboard. Sound card ini dipasang pada slot ISA/ PCI/ PCI Express yang ada di motherboard.
  3. External discrete sound card
    External Sound Card
    Merupakan sound card yang berada di luar laptop/komputer Anda. Umumnya, sound card external ini dihubungkan ke komputer/ laptop dengan menggunakan USB. Sound card external ini sering digunakan untuk meningkatkan performa suara di laptop.
Catatan: Pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak Anda adalah: “Apakah saya membutuhkan sound card offboard atau external?” Jawabannya adalah tidak, kecuali Anda menggunakan speaker dengan konfigurasi 5.1/ 7.1 atau menggunakan komputer untuk hal-hal seputar audio (misalnya audio recording)

Cara Cek Sound Card

1. Menggunakan Dxdiag

  1. Tekan Windows + R atau ketik Run di kotak Search kemudian tekan Enter. Jendela Run akan muncul
    Ketik Run di kotak Search
  2. Ketik dxdiag kemudian klik OK.
    Ketik dxdiag di run
  3. Jendela baru bernama DirectX Diagnostic Tool akan muncul, kemudian pilih tab Sound. Anda mungkin mempunyai lebih dari 1 sound card (misalnya 1 sound card internal dan 1 sound card external) sehingga akan muncul tab Sound 1, Sound 2, dst
    Klik tab Sound untuk cek sound card
  4. Anda dapat melihat nama sound card Anda di Name yang ada di bagian Device. Anda juga dapat melihat keterangan lainnya seperti nama driver, versi driver, dll
    Cek nama sound card laptop/komputer

2. Menggunakan Device Manager

  1. Ketik device manager di kotak Search kemudian tekan Enter.
    Ketik device manager di Search kemudian enter
    Anda juga bisa mengakses Device Manager dengan membuka Run (Windows + R), ketik devmgmt.msc kemudian klik OK
    Ketik devmgmt.msc di Run
  2. Anda bisa melihat sound card yang ada di laptop/ komputer Anda dengan membuka bilah Sound, video, and game controllers
    Buka bilah Sound, video, and game controllers

Nah, sekian langkah-langkah tentang bagaimana cara untuk mengecek sound card Anda. Apakah Anda mempunyai saran atau pertanyaan? Silakan berkomentar di kolom komentar di bawah ini

Artikel ini merupakan bagian dari seri Perangkat Keras (Hardware) Komputer
Yuk Share Artikel ini ke Teman Anda

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x