4 Cara Menghilangkan Tanda Panah Shortcut (Windows 10, 8, 7)

3 min read

Menghilangkan Tanda Panah Shortcut Featured Image

Anda tentu mengetahui bahwa setiap shortcut di Windows memiliki tanda panah di bagian kiri bawah icon. Bagi beberapa orang hal tersebut tidak berpengaruh apapun. Namun, sebagian orang menganggap tanda panah tersebut mengganggu, apalagi bila shortcut tersebut ada di desktop. Tanda panah tersebut dapat mengurangi keindahan wallpaper komputer. Apabila Anda ingin menghilangkan tanda panah shortcut tersebut, berikut ini 4 cara yang dapat Anda lakukan.

Mengedit Registry Secara Manual

Registry merupakan database yang menyimpan setting Windows dan program-program. Dengan mengubah isi registry, Anda dapat melakukan berbagai perubahan yang Anda inginkan. Namun, Anda perlu berhati-hati pada saat mengubah registry karena salah merubah registry dapat berakibat fatal. Namun, Anda tidak perlu kuatir karena Anda akan dipandu langkah demi langkah selama melakukan perubahan pada registry. Kami juga menyarankan Anda untuk membackup registry sebelum melakukan langkah di bawah ini.

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk menghilangkan panah shortcut di desktop.

  1. Buka registry dengan mengetikkan regedit di kotak search, kemudian klik regedit/ Registry Editor. Anda juga bisa membuka registry menggunakan Run (Windows+R), kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
    Ketik regedit kemudian tekan Enter
  2. Ketika muncul jendela pertanyaan Do you want to allow this app to make changes to your PC?, pilih Yes.
    Klik Yes pada jendela UAC
  3. Dengan menggunakan panel sebelah kiri, arahkan menuju
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer.
    Arahkan menggunakan panel sebelah kiri
  4. Klik kanan folder Explorer, kemudian pilih New > Key untuk membuat key baru. Beri nama key baru tersebut dengan Shell Icons, kemudian tekan Enter.
    Klik kanan pada Explorer, klik New lalu Key

    Beri nama key baru tersebut Shell Icons
  5. Pada panel sebelah kanan, klik kanan pada sembarang area putih kemudian pilih New > String Value. Beri nama 29 pada value tersebut.
    Klik kanan, pilih New lalu pilih String Value

    Beri nama 29 pada value tersebut
  6. Klik 2 kali pada String Value 29 yang baru saja dibuat. Akan muncul jendela Edit String. Pada bagian Value data ketikkan %windir%\System32\shell32.dll,-50. Klik OK bila sudah selesai.
    Mengisi Value data
  7. Restart komputer Anda untuk melihat perbedaannya (Anda dapat juga log off kemudian log on kembali).
    Sebelum dan sesudah

Apabila Anda ingin mengembalikan panah pada shortcut, Anda hanya perlu klik kanan pada key Explorer, kemudian klik Delete. Apabila ada kotak dialog Confirm Key Delete, pilih Yes. Setelah itu, restart komputer Anda untuk mengembalikan panah shortcut ke kondisi awal.

Klik kanan key Explorer, klik Delete

Menggunakan File Registry yang Diekspor

Cara kedua ini pada dasarnya sama dengan cara pertama. Bedanya, Anda tidak perlu mengubah registry secara manual. Anda hanya perlu mendownload file ini yang dibuat oleh HowToGeek. Di dalam file zip ini, terdapat 3 file yaitu:

  • Remove Shortcut Arrows.reg – untuk menghilangkan panah shortcut.
  • Restore Default Shortcut Arrows.reg – untuk mengembalikan panah shortcut seperti semula.
  • Use Large Shortcut Arrows.reg – membuat panah shortcut lebih besar (seperti pada Windows Vista).
Baca juga:  3 Cara Backup dan Restore Registry di Windows 10, 8, 7

Untuk menggunakan file tersebut, klik dua kali file yang diinginkan. Bila muncul kotak dialog Security Warning, klik Run.

Pada peringatan Security Warning klik Run

Setelah itu akan kotak dialog User Account Control, klik Yes untuk melanjutkan.

Pada jendela UAC klik Yes

Akan muncul kotak dialog peringatan yang isinya meminta konfirmasi kita terkait perubahan registry. Pilih Yes untuk melakukan perubahan pada registry.

Pada kotak dialog konfirmasi klik Yes

Apabila registry berhasil diubah, akan muncul kotak pemberitahuan seperti di bawah ini.

Kotak dialog pemberitahuan berhasil diubah

Pada dasarnya, file-file tersebut berisikan perubahan pada registry yang diekspor menjadi file. Saat Anda menjalankan file tersebut, registry akan menambahkan perubahan tersebut secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengedit registry secara manual. Sangat praktis kan?

Menggunakan Ultimate Windows Tweaker

Di samping mengedit registry, Anda juga dapat menghilangkan panah shortcut dengan menggunakan software pihak ketiga. Salah satu software yang dapat digunakan adalah Ultimate Windows Tweaker. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat menghilangkan maupun mengembalikan panah shortcut hanya dengan beberapa klik saja. Anda dapat mendownload Ultimate Windows Tweaker di sini (Windows 10), di sini (Windows 8) atau di sini (Windows 7 & Vista).

Cara menggunakan software ini cukup simpel. Pertama, ekstrak isi zip ke lokasi yang diinginkan. Kemudian, klik 2 kali Ultimate Windows Tweaker 4.7.1.exe (versi tergantung Windows yang digunakan). Apabila muncul jendela User Account Control, klik Yes. Setelah itu, akan muncul jendela informasi seperti di bawah ini yang menyarankan Anda untuk membuat restore point sebelum melakukan perubahan pada Windows. Klik OK untuk melanjutkan.

Jendela pemberitahuan UWT

Setelah itu, jendela System Restore dan jendela Ultimate Windows Tweaker akan terbuka. Saya menyarankan Anda untuk membuat restore point sebelum melakukan modifikasi pada Windows (hal ini bersifat opsional).

Baca juga:  Cara Membuat Partisi di Windows 10 (Step by Step)

Setelah itu, masuk ke tab Customization > File Explorer pada jendela Ultimate Windows Tweaker. Klik tombol Remove Shortcut Arrows From Shortcut Icons untuk menghilangkan panah shortcut.

Remove shortcut arrow dengan UWT

Anda dapat langsung melihat perubahannya di desktop tanpa perlu merestart komputer. Apabila Anda ingin mengembalikan panah shortcut, ulangi proses di atas. Tombol tadi akan berubah nama menjadi Restore Shortcut Arrows From Shortcut Icons. Klik tombol tersebut dan Anda dapat langsung melihat panah shortcut ada di tempatnya seperti semula.

Restore Shortcut Arrow dengan UWT

Menggunakan Winaero Tweaker

Cara keempat untuk menghilangkan tanda panah shortcut adalah dengan menggunakan Winaero Tweaker. Anda dapat mendownload software tersebut di link ini.

Setelah mendownload, Anda akan menemukan 2 file di dalam folder zip. File pertama yang bernama SilentSetup.cmd berfungsi untuk menginstall Winaero Tweaker secara otomatis. Ketika Anda mengklik file tersebut, Windows mungkin akan menampilkan peringatan seperti di bawah ini. Klik More Info kemudian klik Run anyway untuk melanjutkan. Setelah itu, jendela Command Prompt akan muncul dan Anda tinggal menunggu hingga instalasi selesai.

Klik More Info
Klik Run anyway

File kedua yang bernama WinaeroTweaker-0.16.1.0-setup.exe digunakan bila Anda ingin menginstall dengan panduan. Anda dapat memilih salah satu mode instalasi tadi bergantung apakah Anda ingin menginstall secara otomatis atau dengan panduan.

Setelah selesai menginstall, akan muncul jendela Winaero.com License Agreement. Klik I AGREE untuk melanjutkan.

Klik I AGREE

Apabila muncul jendela User Account Control, klik Yes. Setelah itu, akan muncul jendela Winaero Tweaker. Dengan menggunakan panel sebelah kiri, arahkan menuju ke Shortcuts > Shortcut Arrow, kemudian pilih No arrow di panel sebelah kanan untuk menghilangkan panah shortcut.

Pilih Shortcuts > Shortcut Arrow, lalu No arrow

Untuk mengembalikan panah shortcut seperti semula, ulangi langkah di atas dan pilih Windows default.

Catatan: Apabila icon justru berubah menjadi hitam, Anda dapat membersihkan cache icon komputer Anda

Sekian artikel mengenai cara untuk menghilangkan tanda panah shortcut. Apakah Anda mempunyai cara lain untuk menghilangkan panah shortcut di desktop? Silakan share cara Anda di kotak komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments