5 Cara Mematikan User Account Control di Windows 10, 8, 7

3 min read

Cara mematikan user account control

User Account Control, atau yang sering disingkat UAC, merupakan salah satu bagian dari sistem keamanan Windows 10. UAC yang mulai ada sejak Windows Vista ini berfungsi untuk mencegah program/ software melakukan perubahan yang tidak diinginkan pada komputer.

Sebagai contoh, ketika Anda menyalakan Registry Editor, maka UAC akan menampilkan pesan konfirmasi apakah Anda (sebagai administrator) mengizinkan Registry Editor melakukan perubahan di sistem. Apabila Anda menyetujuinya, maka UAC akan membiarkan Registry Editor berjalan

Sebenarnya, UAC ini penting bagi sistem keamanan di Windows karena UAC memastikan perubahan-perubahan di sistem dilakukan dengan seizin administrator. Oleh karena itu, kami sebenarnya tidak menyarankan untuk mematikan UAC. Namun, pada beberapa kasus, UAC dapat menyebabkan program/ instalasi tidak berjalan dengan baik. Sehingga, adakalanya kita perlu mematikan UAC sementara waktu. Untuk melakukannya, silakan simak artikel berikut ini.

Catatan: Terdapat 5 cara di artikel ini yang dapat Anda pilih. Anda hanya perlu menggunakan salah satu cara untuk mematikan UAC.

Cara 1: Mematikan UAC lewat Control Panel

Langkah 1: Ketik Change User Account Control di kotak Search, kemudian pilih Change User Account Control Settings.

Pilih Change User Account Control settings

Anda juga bisa mengaksesnya lewat Control Panel > User Accounts > User Accounts > Change User Account Control settings.

Pada Control Panel pilih User Accounts > User Accounts > Change User Account Control Settings
Catatan: Bila Anda mengakses lewat Control Panel, pastikan bahwa Control Panel ditampilkan dalam bentuk kategori (pilih View by: Category di pojok kanan atas jendela Control Panel).

Langkah 2: Akan muncul jendela User Account Control Settings. Geser slide bar ke posisi paling bawah seperti gambar berikut ini.

Geser slide bar ke posisi paling bawah

Langkah 3: Klik OK, kemudian restart komputer Anda untuk melihat perubahannya.

Cara 2: Mematikan UAC dengan Local Group Policy Editor

Group Policy Editor merupakan salah satu tool di Windows yang berfungsi untuk mengubah berbagai setting penting di komputer. Di cara kedua ini, kita akan menggunakan Group Policy Editor untuk mematikan User Account Control. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Ketik gpedit.msc di kotak Search, kemudian pilih gpedit.msc atau Edit group policy. Anda juga bisa membuka Group Policy Editor lewat Run (Windows+R), kemudian ketik gpedit.msc lalu tekan Enter.

Pilih gpedit.msc

Langkah 2: Jendela Local Group Policy Editor akan terbuka. Pada panel bagian kiri, arahkan menuju ke Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options

Arahkan menuju ke Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options

Langkah 3: Scroll ke bawah pada panel kanan dan cari User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode, kemudian klik 2 kali policy tersebut.

Cari User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode

Langkah 4: Pada jendela yang muncul, pilih opsi Disabled untuk menonaktifkan User Account Control.

Ganti menjadi Disabled

Langkah 5: Klik Apply, kemudian OK. Restart komputer Anda untuk menyelesaikan prosesnya.

Catatan: Untuk menyalakan User Account Control kembali lewat Group Policy Editor, ubah kembali opsi Disabled menjadi Enabled lalu restart komputer Anda.

Cara 3: Mematikan UAC lewat Registry Editor

Catatan: Sebelum melakukan langkah di bawah ini, kami sarankan Anda untuk melakukan backup pada registry terlebih dahulu.

Registry Editor pada dasarnya merupakan “database” yang menyimpan berbagai setting Windows dan program. Dengan Registry Editor ini, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti menghilangkan password administrator, menghilangkan panah shortcut, mematikan Windows Defender, dan masih banyak lagi. Melalui Registry Editor ini, Anda juga dapat mematikan User Account Control dengan cara berikut ini.

Langkah 1: Buka Registry Editor dengan mengetik regedit di kotak search, kemudian pilih Registry Editor atau regedit. Anda dapat juga membukanya lewat Run (Windows+R), kemudian ketik regedit dan tekan Enter. Apabila ada dialog User Account Control, klik Yes.

Memilih Registry Editor

Langkah 2: Pada panel sebelah kiri, arahkan menuju ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

Arahkan menuju ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

Langkah 3: Klik 2 kali pada Enable LUA, kemudian ganti valuenya menjadi lalu klik OK.

Mengganti value LUA menjadi 0

Langkah 4: Restart komputer Anda untuk melihat perubahannya.

Catatan: Bila Anda ingin menyalakan UAC kembali, Anda dapat mengulangi langkah di atas dan ganti value pada Enable LUA menjadi 1. Jangan lupa restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.

Cara 4: Mematikan UAC dengan Command Prompt

Selain ketiga cara di atas, kita juga dapat mematikan User Account Control lewat Command Prompt. Pada dasarnya, cara ini akan mengubah nilai registry (seperti cara 3) namun lewat Command Prompt. Untuk melakukannya, ikuti langkah di bawah ini.

Baca juga:  Apa itu Defrag dan Masih Perlukah Defrag di Windows 10?

Langkah 1: Ketik cmd di kotak Search, kemudian klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

Menjalankan Command Prompt sebagai administrator

Langkah 2: Ketikkan baris berikut ini (ketikkan dalam 1 baris) di Command Prompt, kemudian tekan Enter.

reg.exe ADD HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v EnableLUA /t REG_DWORD /d 0 /f
Mematikan User Account Control dengan Command Prompt

Langkah 3: Akan muncul tulisan The operation completed successfully di Command Prompt. Restart komputer Anda untuk menyelesaikan proses menonaktifkan User Account Control.

Catatan: Untuk menyalakan User Account Control kembali, ketikkan baris berikut di Command Prompt lalu tekan Enter.

reg.exe ADD HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v EnableLUA /t REG_DWORD /d 1 /f

Setelah itu, restart komputer Anda.

Cara 5: Mematikan UAC menggunakan Software Pihak Ketiga

Terdapat beberapa software yang dapat Anda gunakan untuk mematikan User Account Control. Salah satu contohnya adalah Winaero Tweaker. Pertama, Anda dapat mendownload Winaero Tweaker di link berikut. Setelah mendownload, buka file zip tersebut.

Pilihan setup Winaero

Anda akan melihat 2 file di dalam zip tersebut yaitu SilentSetup.cmd dan WinaeroTweaker-0.16.1.0-setup.exe. Bila Anda ingin menginstall secara manual, Anda dapat memilih WinAero-0.16.1.0-setup.exe. Namun, bila Anda ingin software tersebut diinstall secara otomatis maka pilih SilentSetup.cmd.

Setelah selesai menginstall, buka Winaero Tweaker. Apabila ada kotak dialog License Agreement, klik I Agree. Selanjutnya, pada panel bagian kiri pilih User Account > Disable UAC (angka 1). Kemudian, pada panel sebelah kanan pilih Disable UAC (angka 2). Terakhir, klik Reboot now di pojok kiri bawah jendela (angka 3) untuk merestart komputer Anda.

Mematikan User Account Control dengan Winaero Tweaker

Apabila Anda ingin menyalakan kembali User Account Control, pilih opsi Enable UAC pada panel sebelah kanan, kemudian restart komputer Anda.

Apakah Anda menemui kesulitan dalam mematikan User Account Control? Kami akan mencoba membantu Anda lewat kolom komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
hawk
hawk
2 months ago

bang pc saya abis saya koment di cmd NET USER ADMINISTRATOR /ACTIVE:NO
abis itu ada tulisan uac di semua program, semua yang di atas udah saya coba no 1 2 5 gabisa di buka kalo no 3 sama 4 gagal bang