5 Cara Mengembalikan Layar Laptop/ Komputer yang Terbalik

2 min read

Layar Laptop Komputer Terbalik Featured Image

Apakah layar laptop/ komputer Anda terbalik secara tiba-tiba? Anda tidak perlu panik karena hal tersebut dapat diatasi dengan cara yang relatif mudah. Berikut ini 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi layar laptop/ komputer yang terbalik.

Cara 1: Menggunakan Shortcut Keyboard

Terkadang, layar laptop/ komputer terbalik disebabkan karena pengguna menekan shortcut pada keyboard secara tidak sengaja. Untuk mengembalikannya, tekan Ctrl+Alt+Up (tanda panah atas) pada keyboard. Di samping itu, terdapat beberapa shortcut lain terkait rotasi layar monitor:

Mengembalikan layar laptop/ komputer terbalik dengan shortcut keyboard
  • Ctrl+Alt+Left (tanda panah kiri): merotasikan layar 90 derajat
  • Ctrl+Alt+Down (tanda panah bawah): merotasikan layar 180 derajat
  • Ctrl+Alt+Right (tanda panah kanan): merotasikan layar 270 derajat

Apabila shortcut di atas belum berhasil, ada kemungkinan hot keys di komputer Anda masih dimatikan. Untuk menyalakannya, ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada area yang kosong di desktop, kemudian klik Graphics Options
  2. Pilih Hot Keys, kemudian pilih Enable
    Memastikan hotkeys menyala

Selanjutnya, ulangi menekan Ctrl+Alt+Up di keyboard Anda untuk mengembalikan layar monitor ke posisi normal

Tips: Anda bisa mematikan hotkeys agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Caranya mirip dengan langkah di atas, yaitu dengan klik kanan di desktop kemudian pilih Graphics Options. Selanjutnya, pilih Hot Key dan pilih opsi Disabled.

Cara 2: Mengganti Setting Display

Setting display yang tidak benar juga bisa mengakibatkan layar laptop/ komputer menjadi terbalik. Namun, Anda dapat mengembalikannya dengan cara di bawah ini.

Baca juga:  4 Cara Mudah Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Pada Windows 10

  1. Klik kanan pada area kosong di desktop, kemudian pilih Display settings.
    Klik kanan di Desktop lalu pilih Display settings
  2. Pada tab Display, cari menu Display Orientation. Pilih opsi Landscape untuk mengambalikan layar monitor Anda ke posisi normal.
    Pada tab Display, pilih Display Orientation lalu pilih Landscape
  3. Apabila posisi layar sudah normal, klik Keep changes untuk menyimpan konfigurasi layar. Apabila masih belum normal, klik Revert atau tunggu 15 detik, lalu ganti ke opsi lainnya yaitu Portrait, Landscape (flipped), atau Portrait (flipped).

Pada Windows 7 dan 8

  1. Klik tombol Start, kemudian pilih Control Panel.
  2. Pada bagian kanan atas jendela Control Panel, ganti View by menjadi Category. Selanjutnya, pilih Adjust screen resolution.
  3. Pada menu Orientation, ganti opsinya menjadi Landscape. Apabila sudah berhasil, klik Keep changes.
  4. Apabila belum berhasil, klik Revert atau tunggu 15 detik. Kemudian ganti opsinya ke salah satu dari Portrait, Landscape (flipped), atau Portrait (flipped) hingga layar monitor menjadi normal kembali.

Cara 3: Menggunakan NVIDIA Control Panel

Apabila Anda menggunakan graphic card NVIDIA, Anda dapat mengubah setting layar menggunakan NDIVIA Control Panel. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan di desktop, kemudian pilih NVIDIA Control Panel.
    Klik kanan di Desktop, pilih NVIDIA Control Panel
  2. Pada panel sebelah kiri, klik menu Display, kemudian pilih Rotate Display.
    Pilih Display, lalu Rotate Display
  3. Pada bagian Choose the orientation, pilih Landscape kemudian klik Apply.
    Mengatasi layar laptop/komputer terbalik dengan NVIDIA Control Panel
    Apabila masih belum berhasil, cobalah mengganti dengan opsi lainnya (Portrait, Landscape (flipped), Portrait (flipped)).

Cara 4: Menggunakan Intel HD Graphics Control Panel

Untuk mengembalikan layar laptop/ komputer yang terbalik menggunakan Intel HD Graphic Control Panel, Anda dapat menggunakan cara di bawah ini:

  1. Klik kanan pada area kosong di desktop, kemudian pilih Graphic Properties. Anda bisa juga menjalankannya lewat C:\WINDOWS\system32\GfxUIEx.exe
    Klik kanan lalu pilih Graphic Properties
  2. Pada menu utama, klik menu Display.
    Klik Display pada Intel HD Graphics Control Panel
  3. Kemudian atur Rotation menjadi “0”. Klik Apply untuk melihat perubahannya. Layar monitor Anda seharusnya sudah kembali normal. Apabila masih belum normal, cobalah mengganti menjadi 90, 180, atau 270 lalu klik Apply.
    Mengatasi layar laptop/ komputer terbalik dengan mengganti Rotation ke 0, lalu pilih Apply

Langkah selanjutnya adalah mematikan hotkeys untuk menghindari tombol keyboard tidak sengaja tertekan dan mengakibatkan kejadian serupa terulang kembali. Untuk mematikan hotkeys, kembali ke menu utama dengan menggunakan tombol berbentuk panah atau rumah (bergantung versi yang Anda gunakan) di pojok kiri atas jendela.

Kembali ke menu utama Intel HD Graphics Control Panel

Kemudian pilih Options and Support.

Pilih menu Options and Support

Pada bagian Manage Hot Keys, pilih Disable kemudian klik Apply.

Baca juga:  Product Key Windows 10 Murah: Apakah Asli atau Tidak?

Anda sudah berhasil mematikan hotkeys. Dengan demikian, Anda tidak perlu kuatir lagi layar monitor Anda terbalik akibat memencet tombol keyboard secara tidak sengaja.

Cara 5: Update Driver VGA

Di samping cara-cara di atas, layar komputer yang terbalik juga bisa diatasi dengan cara mengupdate driver. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan terdapat driver yang rusak atau belum diupdate sehingga mengakibatkan terjadi masalah tersebut. Untuk mengupdate driver Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik kanan pada Start menu, kemudian pilih Device Manager. Anda bisa juga mengaksesnya dengan mengetik “device manager” di kotak Search, kemudian pilih Device Manager.
    Klik kanan pada Start Menu - Device Manager
  2. Pada bagian Display adaptors, pilih VGA Anda (pada contoh ini kami menggunakan GTX 950) kemudian klik kanan dan pilih Update driver.
    Mengembalikan layar laptop/ komputer terbalik dengan update driver di Device Manager
  3. Ikuti panduan yang ada di layar. Pilih Search automatically for updated driver software apabila Anda ingin Windows mencari driver secara otomatis di internet.

Sekian artikel mengenai cara untuk mengatasi layar laptop/ komputer yang terbalik. Apabila Anda mempunyai cara lain atau masih mengalami masalah, Anda bisa berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments