6 Cara Jitu Menghilangkan Kotak Hitam di Balik Ikon Folder (Windows 10, 8, 7)

4 min read

Menghilangkan kotak hitam Featured Image

Apakah Anda pernah melihat folder yang latar belakangnya berubah menjadi hitam? Tenang, Anda bukan satu-satunya yang mengalami masalah itu. Kami pun juga pernah mengalami hal tersebut. Anda tidak perlu kuatir karena hal tersebut tidak merusak sistem, hanya saja hal tersebut tentu mengganggu tampilan Windows Anda.

Adanya kotak hitam di balik ikon folder tersebut umumnya disebabkan karena adanya masalah kompatibilitas icon atau adanya icon yang korup. Beberapa orang melaporkan mengalami hal tersebut setelah mengopi folder dari sistem operasi yang berbeda.

Hal itu dapat diatasi dengan membersihkan cache icon dan thumbnail, atau dengan mengubah atribut/ icon folder secara manual. Berikut ini terdapat 6 cara yang dapat Anda pilih untuk mengatasi masalah tersebut

Catatan: Cara-cara di bawah ini dapat menghilangkan kustomisasi yang sudah Anda lakukan pada folder/icon (misalnya mengubah warna folder).

1. Menggunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan salah satu program bawaan Windows yang berfungsi untuk mengosongkan ruang pada drive dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan lagi. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan cache thumbnail

Untuk membuka program ini, ketik Disk Cleanup di kotak search kemudian pilih Disk Clean-up. Pada Windows 7, Anda dapat menemukan Disk Cleanup di Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.

Klik Disk Clean-up

Selanjutnya akan muncul jendela Disk Cleanup: Drive Selection. Pilih drive tempat instalasi Windows Anda. Karena kami menginstall di drive C, maka kami memilih (C:) di pilihan dropdown. Klik OK untuk melanjutkan.

Pilih drive tempat instalasi Windows

Hal ini akan memulai proses scan di drive tersebut. Setelah proses scan selesai, cari dan beri tanda centang pilihan Thumbnails. Klik OK untuk melanjutkan.

Delete Thumbnail pada Disk Cleanup

Akan muncul jendela konfirmasi yang menanyakan apakah kita yakin akan mendelete file tersebut. Klik Delete Files untuk melanjutkan. Kemudian, restart komputer Anda untuk menyelesaikan prosesnya.

Klik Delete FIles

2. Mendelete Cache Icon secara Manual

Catatan: Sebelum melakukan cara ini, tutuplah semua program terlebih dahulu.

Di samping menggunakan Disk Cleanup, Anda dapat membersihkan cache thumbnail dan icon secara manual. Pertama-tama, kita akan menampilkan file cache tersebut karena secara default file tersebut disembunyikan oleh Windows.

Baca juga:  Cara Enkripsi File/ Folder di Windows 10, 8, dan 7

Pada Windows 8 dan 10, pada tab View klik tombol Options. Bila Anda menggunakan Windows 7, klik Organize > Folder and search options.

Klik Tab View > Options

Pilih tab View, kemudian pada opsi Hidden files and folders pilih Show hidden files, folders, and drives. Klik Apply kemudian OK.

Pilih Show hidden files, folders, and drives

Selanjutnya, kita akan mendelete cache tersebut. Buka folder C:\Users\<Username Anda>\AppData\Local. Selanjutnya, cari file bernama IconCache.db dan delete file tersebut.

Delete IconCache.db

Pada Windows 8 dan 10, Anda masih perlu mendelete cache di 1 lokasi tambahan. Buka C:\Users\<Username Anda>\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer. Di folder tersebut, Anda akan melihat file-file dengan nama berawalan iconcache dan thumbcache. Delete semua file dengan nama awalan tersebut.

Delete semua file berawalan iconcache dan thumbcache

Anda akan mendapat peringatan bahwa ada file yang tidak bisa didelete. Beri tanda centang pada Do this for all current items dan klik Try Again.

Klik Try Again

Anda akan mendapat peringatan yang sama lagi. Klik Cancel untuk menutup jendela tersebut. Anda akan melihat folder baru bernama ThumbCacheToDelete dan IconCacheToDelete yang menandakan bahwa cache icon dan thumbnail dalam folder tersebut akan didelete setelah restart.

Tampak folder ThumbCache to Delete dan IconCacheToDelete

Selanjutnya, restart komputer Anda untuk melihat perubahannya.

Catatan: Bila Anda tidak melihat folder ThumbCacheToDelete atau IconCacheToDelete tersebut atau masalah masih ada setelah restart komputer, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini.

3. Menggunakan Command Prompt

Selain mendelete secara manual, Anda dapat juga mendelete cache thumbnail dan icon menggunakan Command Prompt. Namun, sebelumnya kita perlu menutup Windows Explorer supaya tidak mengganggu proses delete.

Catatan: Saat mengakhiri proses Windows Explorer, taskbar Anda akan hilang dan background Anda mungkin menjadi hitam. Anda tidak perlu panik karena hal tersebut hanya bersifat sementara dan akan kembali normal di akhir proses.

Untuk melakukannya, buka Task Manager dengan mengklik kanan pada taskbar kemudian klik Task Manager. Setelah itu, pada tab Processes cari Windows Explorer, klik kanan kemudian klik End Task (pada Windows 7 cari explorer.exe dan klik End Process).

End Task Windows Explorer

Setelah itu, pada Task Manager klik File > Run new task (pada Windows 7 klik File > New Task (Run…)).

Klik File > Run New Task

Pada jendela Run yang muncul, ketik cmd.exe dan centang kotak Create this task with administrative privileges (pada Windows 8 dan 10) kemudian pilih OK.

Ketik cmd.exe, centang kotak, kemudian klik OK

Jendela Command Prompt akan muncul. Pada Windows 10 dan 8, ketikkan baris kode di bawah ini dengan cara ketik tiap baris dan tekan Enter setiap selesai mengetikkan 1 baris (ketik baris pertama, tekan Enter, ketik baris kedua, dst).

cd /d %userprofile%\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer 
attrib –h iconcache_*.db 
del iconcache_*.db
attrib –h  thumbcache_*.db  
del thumbcache_*.db   
start explorer
Ketik perintah di Command Prompt

Bila Anda menggunakan Windows 7, ketikkan kode di bawah ini dengan cara yang sama (ketik baris pertama, tekan Enter, ketik baris kedua, dst).

CD /d %userprofile%\AppData\Local 
DEL IconCache.db /a  
start explorer

Terakhir, restart komputer Anda untuk menyelesaikan proses.

Baca juga:  4 Cara Mengecek Windows 10 Original (Asli) atau Bajakan

4. Menggunakan Batch File

Batch file merupakan file script yang berisi perintah-perintah yang akan dijalankan oleh komputer. File ini dapat berekstensi .bat, .cmd, atau .btm. Sebenarnya, penggunaan batch file ini mirip dengan menghapus cache menggunakan Command Prompt.

Untuk memulai, Anda perlu mendownload batch file di sini. Selanjutnya, buka file zip tersebut dan klik 2 kali RebuildCacheIcon.bat

Klik 2 kali file RebuildCacheIcon

Anda mungkin mendapat jendela peringatan. Namun Anda tidak perlu kuatir karena file ini sepenuhnya aman. Klik Run untuk melanjutkan. Setelah itu, jendela Command Prompt akan muncul dan secara otomatis akan menjalankan perintah tersebut.

Command prompt sedang berjalan

Setelah selesai, restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.

5. Menghilangkan Atribut Read Only

Catatan: Cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama karena Anda harus melakukannya satu per satu ke tiap folder yang terdampak.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan adanya kotak hitam di belakang folder adalah atribut read-only. Untuk menghilangkan atribut tersebut, klik kanan pada folder yang terdampak, kemudian pilih Properties.

Klik kanan lalu pilih Properties

Pada tab General, hilangkan tanda centang pada kotak Read-only (Only applied to files in folder). Setelah itu, klik Apply kemudian OK.

Hilangkan tanda centang pada Read-only

Restart komputer Anda untuk melihat perubahannya.

Catatan: Terkadang cara ini tidak berhasil karena Windows secara otomatis mengembalikan atribut read-only. Apabila Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba cara lainnya.

6. Mengubah Icon Secara Manual

Catatan: Cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama karena Anda harus melakukannya satu per satu ke tiap folder yang terdampak.

Untuk mengubah icon, klik kanan pada folder yang terdampak kemudian pilih Properties. Pada Tab Customize, klik Change Icon.

Pada tab Customise, klik Change Icon

Pilih sembarang icon (selain icon folder) dan klik OK.

Pilih sembarang icon kemudian klik OK

Klik Apply kemudian pilih OK.

Klik Apply kemudian OK

Ulangi kembali langkah di atas dengan klik kanan folder kemudian klik Properties. pada tab Customise buka kembali jendela Change Icon, kemudian klik Restore Default.

Klik Restore Default

Klik Apply, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan. Selanjutnya, restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.

Baca juga:  4 Cara Mengecek Windows 10 Original (Asli) atau Bajakan

Sekian tutorial mengenai cara menghilangkan kotak hitam di balik ikon folder. Apakah Anda mengalami hambatan saat melakukan langkah-langkah di atas? Atau mungkin Anda mempunyai cara lain mengatasinya? Silakan share di kolom komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments