5 Aplikasi Video Conferencing Gratis Terbaik untuk Meeting Online

11 min read

Aplikasi Video Conferencing untuk Online Meeting

Memasuki dunia yang serba digital ini, penguasaan teknologi merupakan suatu hal yang wajib dimiliki. Banyak hal yang awalnya belum tersentuh teknologi menjadi berubah drastis akibat perkembangan teknologi yang sangat pesat. Demikian halnya dengan meeting. Dahulu, orang masih harus berkumpul di suatu tempat untuk mengadakan pertemuan. Sekarang, banyak orang memilih meeting online dikarenakan hemat waktu dan hemat biaya.

Meeting online tersebut tentu membutuhkan aplikasi video conferencing yang mumpuni pula. Selain stabil, partisipan tentu berharap agar audio dan video yang dihasilkan aplikasi video conferencing tersebut berkualitas tinggi. Banyak orang juga menginginkan aplikasi meeting online yang bersifat gratis. Sementara itu, ada banyak sekali aplikasi untuk meeting online yang beredar di pasaran. Hal ini tentu membuat banyak pihak khususnya orang awam menjadi bingung menentukan pilihan aplikasi video conferencing terbaik untuk mereka.

Di artikel ini, Anda dapat membaca review beserta kelebihan dan kekurangan 5 aplikasi video conferencing gratis yang kami rangkum secara khusus untuk Anda. Semua software yang ada di artikel ini menyediakan paket gratis, bukan free trial. Artinya, Anda bisa menggunakan software video conferencing di bawah ini secara gratis selamanya. Namun, Anda juga dapat berlangganan paket berbayar software tersebut jika ingin fitur-fitur tambahan lainnya. Selamat membaca!

Catatan: Spesifikasi dan fitur yang tercantum di artikel ini berdasarkan pada data resmi saat artikel ini terakhir diupdate (Oktober 2020).

1. Zoom

Meeting Online dengan Zoom

Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengar software yang satu ini. Zoom merupakan salah satu software video conferencing paling populer di masyarakat. Tentu ada alasan mengapa aplikasi ini layak disebut sebagai salah satu software meeting online terbaik.

Alasan yang utama adalah Zoom menyediakan fitur pertemuan online dengan kapasitas hingga 100 orang secara gratis. Namun, durasi waktu meeting dibatasi hanya selama 40 menit. Meski demikian, Anda dapat membuat meeting berulang kali dengan akun gratis tersebut. Sehingga, secara teori Anda dapat mengadakan meeting online dengan durasi tak terbatas namun dengan konsekuensi harus membuat link baru tiap 40 menit.

Perlu dicatat bahwa batasan waktu pada akun gratis hanya berlaku untuk meeting yang berisi lebih dari 2 orang. Bila Anda ingin mengadakan pertemuan 1:1 (pertemuan antara 2 orang), Anda dapat membuat room dengan durasi unlimited tanpa perlu membuat link baru berulang kali.

Jika Anda ingin menikmati fasilitas tambahan, Anda bisa berlangganan layanan Zoom dengan harga mulai dari 14.99 USD per bulan (sekitar 220 ribu). Layanan berbayar Zoom memberikan kapasitas tambahan hingga 1000 partisipan dan durasi tiap meeting hingga 24 jam.

Kelebihan Zoom lainnya yang membuatnya dipuji banyak orang adalah software ini dapat diandalkan. Ketika internet Anda mengalami gangguan atau tidak stabil, Zoom berusaha mengkompensasi dengan cara mengurangi kualitas video sehingga Anda tidak terputus dari pertemuan. Hal ini tentu berguna ketika Anda sedang mengikuti kelas online atau rapat yang mengharuskan peserta untuk berada di room sepanjang waktu.

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan di atas, Zoom juga memiliki fitur-fitur lain seperti waiting room, virtual background, screen sharing, dan masih banyak lagi. Anda dapat menyimak tabel di bawah ini untuk melihat fitur-fitur yang ditawarkan Zoom.

Fitur Zoom

Berikut ini fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Zoom:

FiturKeterangan
Kapasitas100 orang (gratis); 1000 orang (berbayar)
Durasi40 menit (gratis); 24 jam (berbayar)
Record VideoGratis: Tersedia fitur Record ke penyimpanan lokal
Berbayar: Tersedia fitur Record (dengan transkrip) ke penyimpanan lokal maupun cloud
ChatTersedia Private & Group Chat
Screen SharingTersedia fitur Screen Sharing
Remote ControlTersedia fitur Remote Control ke keyboard dan mouse pengguna lain
KeamananEnkripsi TLS dan AES-256 (untuk real-time content)
Fitur lainPersonal meeting ID, breakout rooms, co-annotation, whiteboarding, waiting room, virtual background, raise hand, polling
BiayaGratis atau berbayar (mulai dari 14.99 USD)

Setelah mengetahui fitur-fitur yang dimiliki Zoom, sekarang saatnya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Zoom dibandingkan software video conferencing lainnya.

Kelebihan Zoom

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Zoom:

  1. Jumlah partisipan. Pada paket berbayarnya, Zoom memberikan kapasitas partisipan hingga 1000 orang, jauh melebihi Google Meet yang hanya mampu menampung 250 partisipan saja. Tentu hal ini menjadi poin plus tersendiri terutama bila Anda ingin mengadakan seminar atau kelas online dengan jumlah partisipan ratusan.
  2. Performa dapat diandalkan. Teknologi yang dimiliki oleh Zoom memungkinkan Anda untuk memperoleh kualitas video dan audio yang stabil dengan koneksi internet yang Anda miliki. Apabila internet Anda mengalami gangguan, Zoom akan mengurangi kualitas video atau audionya sementara sehingga Anda tidak terputus dengan meeting yang sedang Anda ikuti.
Baca juga:  Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP dan Komputer

Kekurangan Zoom

Berikut ini kelemahan Zoom yang kerap dikeluhkan banyak orang:

  1. Masalah keamanan. Zoom dilaporkan memiliki beberapa masalah terkait keamanan akun. Di samping itu, beberapa media ternama juga melaporkan adanya kejadian “Zoombombing”. Zoombombing merupakan kejadian di mana orang yang tidak bertanggung jawab menyusup ke dalam suatu meeting Zoom dan mengganggu pertemuan tersebut, misalnya dengan share screen hal-hal tidak senonoh. Untungnya, hal-hal tersebut sudah mulai diperbaiki oleh Zoom dalam beberapa bulan terakhir ini.
  2. Harga yang cukup mahal. Harga yang ditampilkan di laman resmi Zoom merupakan harga untuk tiap pengguna. Contohnya, harga paket Enterprise adalah 19.99 USD per orang per bulan. Karena batas minimum pembelian paket Enterprise adalah 100 pengguna, berarti Anda harus merogoh kocek sebesar 1999 USD (sekitar 30 juta) untuk membeli paket Enterprise. Harga yang cukup fantastis bukan?

2. Cisco Webex Meetings

Aplikasi Video Conferencing Gratis Cisco Webex Meetings

Sebagai salah satu perusahaan teknologi ternama, sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Cisco. Di bidang perangkat lunak, Cisco meluncurkan software video conferencing miliknya yang diberi nama Cisco Webex Meetings.

Dilansir dari laman resminya, Cisco Webex Meetings menawarkan kualitas audio & video HD, sistem keamanan yang canggih, serta fitur yang beragam. Salah satu fitur dari Cisco Webex Meetings yang cukup menarik adalah virtual whiteboard. Dengan virtual whiteboard ini, Anda dapat memulai pertemuan dengan layar putih kosong yang bisa diedit menggunakan berbagai macam pilihan teks, bentuk-bentuk geometri, serta alat sketching lainnya.

Dengan biaya nol rupiah, Anda sudah bisa mengadakan meeting dengan peserta hingga 100 orang dan durasi hingga 50 menit. Selain itu, Anda juga memperoleh fitur record untuk merekam keseluruhan pertemuan secara gratis.

Bila Anda membutuhkan kapasitas partisipan lebih besar, Anda bisa membeli paket berbayar di Cisco Webex Meetings dengan harga mulai dari 13.50 USD (sekitar 200 ribu) per host per bulan. Paket berbayar ini tentu menawarkan fitur-fitur yang tidak ada di paket gratis. Paket berbayar terbaik dari Webex (paket Enterprise) bahkan mampu menampung hingga 100.000 partisipan dalam satu waktu.

Fitur Cisco Webex Meetings

Anda dapat mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Cisco Webex Meetings melalui tabel di bawah ini:

FiturKeterangan
Kapasitas100 orang (gratis); hingga 100.000 orang (berbayar)
Durasi50 menit (gratis); 24 jam (berbayar)
Record VideoGratis: Tersedia fitur Record ke penyimpanan lokal
Berbayar: Tersedia fitur Record (dengan transkrip) ke penyimpanan lokal maupun cloud
ChatTersedia Private & Group Chat
Screen SharingTersedia fitur Screen Sharing
Remote ControlTersedia fitur Remote Control ke keyboard dan mouse pengguna lain
KeamananTLS 1.2, End-to-end encryption option
Fitur lainBreakout sessions, virtual background, raise hand, interactive whiteboarding, notes, polling, pilihan 4 layout video
BiayaGratis atau berbayar (mulai dari 13.50 USD)

Kelebihan Cisco Webex Meetings

Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Cisco Webex Meetings:

  1. Memiliki fitur yang melimpah. Cisco Webex Meetings unggul dalam hal fitur yang dimilikinya. Salah satu contohnya adalah virtual whiteboard yang interaktif, di mana Anda dapat menggambar atau menulis pada layar screen sharing menggunakan berbagai tools yang disediakan Cisco Webex Meetings. Selain itu, Cisco Webex Meetings juga terintegrasi dengan berbagai penyedia layanan terkemuka, mulai dari Google, Microsoft, Box, hingga Apple.
  2. Sistem keamanan yang unggul. Berbekal pengalaman selama 34 tahun di dunia teknologi, Cisco menyematkan fitur keamanan yang sangat baik pada software video conferencing miliknya ini. Secara default, Cisco Webex Meetings menyalakan fitur keamanan bagi semua pengguna. Dengan demikian, data dan privasi pengguna tidak dapat diakses oleh pihak ketiga tanpa seizin pemiliknya.

Kekurangan Cisco Webex Meetings

Di samping berbagai kelebihan yang dimilikinya, Cisco Webex Meetings juga memiliki kekurangan, antara lain:

  1. Permasalahan bandwidth. Sebagian pengguna Cisco Webex Meetings mengeluhkan bahwa Webex terkadang menggunakan bandwidth yang besar, terutama bila pertemuan tersebut menggunakan video. Selain itu, layar Webex juga dapat menjadi freeze jika koneksi internet yang digunakan tidak stabil. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan koneksi internet yang memadai ketika melakukan pertemuan online dengan Cisco Webex Meetings ini.

3. Microsoft Teams

Software Video Conferencing Terbaik Microsoft Teams

Sebagai perusahaan kelas wahid, Anda tentu tidak asing lagi mendengar nama Microsoft. Meski telah memiliki sayap di berbagai bidang, Microsoft juga ingin memperluas jaringannya di segmen video conferencing. Untuk menempuh tujuan tersebut, Microsoft melirik Skype yang notabene terkenal di bidang telekomunikasi. Setelah mengakuisisi Skype, Microsoft berencana menggantikan Skype for Business secara bertahap dengan Microsoft Teams.

Microsoft Teams merupakan aplikasi video conferencing yang memiliki kelebihan berupa integrasinya ke berbagai layanan Microsoft. Seperti yang Anda ketahui, Microsoft merupakan pembuat Office Word, Excel, PowerPoint Online, serta segudang aplikasi dan layanan lainnya. Karena itu, Microsoft Teams dapat diintegrasikan dengan mudah dengan berbagai aplikasi dan layanan Microsoft tersebut.

Dengan membuat akun Microsoft gratis, Anda dapat mengadakan meeting online menggunakan Microsoft Teams dengan 300 orang selama 24 jam. Sangat berbeda jauh dengan aplikasi lainnya yang rata-rata hanya memberikan durasi 40-50 menit saja. Selain itu, di Microsoft Teams ini Anda dapat melampirkan file dengan ukuran hingga 2 GB di chat dengan menggunakan akun gratis.

Baca juga:  Cara Mudah Share Screen Google Meet di PC dan HP

Apabila Anda ingin menggunakan fitur-fitur eksklusif, Anda dapat membeli paket berbayar Microsoft Teams. Hal yang cukup berbeda pada Microsoft Teams dibanding software video conferencing lainnya adalah paket berbayar Microsoft Teams dibundel dengan Office 365. Paket tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 5 hingga 20 USD per orang per bulan.

Fitur Microsoft Teams

Untuk mengetahui lebih detail fitur-fitur Microsoft Teams, Anda bisa menyimak tabel di bawah ini.

FiturKeterangan
Kapasitas300 orang (gratis dan berbayar)
Durasi24 jam (gratis dan berbayar)
Record VideoFitur Record hanya tersedia untuk paket berbayar
ChatTersedia Private & Group Chat
Screen SharingTersedia fitur Screen Sharing
Remote ControlTersedia fitur Remote Control ke keyboard dan mouse pengguna lain
KeamananEnkripsi TLS, MTLS dan SRTP untuk semua data (file, meeting, chat, dan data lainnya)
Fitur lainGuest access, file attachment di chat, built-in translator, meeting whiteboard, background effects, raise hand, bots
BiayaGratis atau berbayar (mulai dari 5 USD)

Kelebihan Microsoft Teams

Karena diproduksi oleh Microsoft yang notabene sudah berkecimpung di dunia IT sejak lama, Microsoft Teams tentu memiliki berbagai kelebihan. Berikut ini kelebihan Microsoft Teams tersebut:

  1. Terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan. Microsoft Teams dapat terintegrasi dengan berbagai layanan dan software lainnya, seperti SharePoint, OneDrive, Outlook, dan lain-lain. Dengan demikian, di samping mengadakan meeting online, Anda juga dapat melakukan banyak hal di Microsoft Teams mulai dari mengedit dokumen bersama rekan kerja, berkirim file, menjadwalkan meeting, dan lain-lain. Namun, perlu dicatat bahwa sebagian integrasi ini hanya tersedia di paket berbayar Microsoft Teams.
  2. Fitur bots di Microsoft Teams. Lelah melakukan pekerjaan yang berulang-ulang di Microsoft Teams? Di sinilah peran bots sangat diperlukan. Microsoft Teams menyediakan berbagai bots yang dapat diatur untuk melakukan tugas-tugas tertentu, misalnya menjadwalkan meeting, mengadakan survey atau polling, mengirim email, dan masih banyak lagi. Sangat membantu bukan?

Kekurangan Microsoft Teams

Di samping kelebihan yang dimiliki, Microsoft Teams juga memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  1. Tidak ada fitur Record di paket gratis. Terkadang, kita ingin menyimpan rekaman meeting untuk ditonton ulang nantinya atau untuk dijadikan sebagai arsip. Karena itu, fitur Record merupakan salah satu fitur yang vital ketika mengadakan meeting online. Sayangnya, Microsoft Teams tidak menyediakan fitur Record ini di paket gratisnya. Hal inilah yang menjadi salah satu kekurangan utama dari Microsoft Teams khususnya pada paket gratisnya.
  2. Penyimpanan file masih perlu diperbaiki. Secara default, semua file yang diunggah ke percakapan di Microsoft Teams akan disimpan ke dalam folder induk (root folder) tiap percapakan. Bila Anda ingin merapikan file-file tersebut dan memasukkannya ke dalam folder, link di percakapan yang menuju ke file tersebut dapat rusak (tidak dapat diakses lagi). Hal ini tentu menjadi dilema di mana Anda perlu merapikan file, namun di sisi lain akan merusak link ke file tersebut.

4. Google Meet

Aplikasi Video Conferencing Gratis Google Meet

Berbicara tentang Google, tentu hampir semua orang pernah mendengar nama tersebut. Google memang telah menjadi raksasa teknologi semenjak didirikan di tahun 1998 dahulu. Awalnya, Google berfokus pada search engine saja. Seiring berjalannya waktu, Google rajin melebarkan sayap-sayapnya ke berbagai bidang. Karena itu, banyak layanan dari Google yang sekarang bisa Anda nikmati secara gratis seperti Google Drive, Gmail, Google Form, Google Maps, dan masih banyak lagi.

Di bidang video conferencing, Google mulai menampakkan pengaruhnya dengan merilis Google Meet pada tahun 2017 lalu. Google Meet ini merupakan pengganti dari 2 layanan Google lainnya yaitu Google Chat dan Google Hangout yang secara bertahap akan dipensiunkan.

Meski baru berumur 3 tahun, namun fitur-fitur yang ditawarkan Google Meet ini tidak kalah dibanding aplikasi video conferencing lainnya. Salah satu fitur Google Meet yang Anda jarang temukan di software video conferencing lainnya adalah live video captions. Dengan fitur ini, Google Meet akan membuat subtitle secara otomatis ketika ada orang yang berbicara dalam meeting. Sayangnya, saat ini fitur live video captions baru tersedia untuk bahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan fitur tersebut akan tersedia untuk bahasa Indonesia suatu saat nanti.

Google Meet juga dikenal memiliki integrasi yang baik dengan berbagai layanan Google lainnya. Sebagai contoh, Anda dapat membuat meeting Google Meet langsung melalui Google Calendar tanpa berbelit-belit. Anda akan langsung diberi link Google Meet yang bisa Anda bagikan ke teman Anda. Bila Anda melampirkan file di jadwal meeting Google Calendar, file tersebut akan muncul saat Anda mengadakan meeting di Google Meet.

Semua fitur-fitur Google Meet dapat Anda nikmati secara gratis. Dengan akun gratis Google Meet, Anda bisa mengadakan meeting online dengan 100 orang dengan durasi hingga 60 menit. Jika Anda ingin mengadakan meeting online dengan durasi lebih lama, Anda bisa berlangganan paket Google Workspace dengan harga mulai dari 8 USD per orang/bulan. Anda akan mendapatkan fitur-fitur tambahan seperti akun Google Drive berkapasitas 100 GB, durasi meeting hingga 300 jam, fitur record meeting, dan lain-lain.

Baca juga:  2 Cara Burning CD/ DVD tanpa Aplikasi (Software)

Fitur Google Meet

Agar bisa menikmati fitur-fitur di Google Meet, Anda perlu membuat akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat menikmati fitur Google Meet yang tercantum di tabel berikut ini:

FiturKeterangan
Kapasitas100 orang (gratis), 250 orang (berbayar)
Durasi60 menit (gratis), 300 jam (berbayar)
Record VideoFitur Record hanya tersedia untuk paket berbayar
ChatHanya tersedia Group (Public) Chat
Screen SharingTersedia fitur Screen Sharing
Remote ControlPerlu ekstensi untuk menggunakan fitur Remote Control
KeamananMemenuhi standar IETF untuk DTLS dan SRTP; unique encryption key untuk tiap orang; sesuai regulasi GDPR, HIPAA, COPPA, dan FERPA; 2-step verification
Fitur lainLive video captions, whiteboard (Jamboard), file attachment melalui Google Calendar, adjustable layout, storage Google Drive sebesar 15 GB
BiayaGratis atau berbayar (mulai dari 8 USD)

Kelebihan Google Meet

Berikut ini kelebihan Google Meet dibandingkan aplikasi video conferencing lainnya di pasaran:

  1. Simpel dan mudah digunakan. Google Meet banyak diapresiasi oleh banyak pihak karena kemudahannya dalam membuat meeting online. Hanya dengan 2-3 klik saja, Anda langsung bisa mengadakan meeting dan mengundang orang lain untuk bergabung ke meeting online Anda. Karena itu, Google Meet dapat dipakai oleh profesional maupun pengguna yang awam dengan dunia teknologi sekalipun.
  2. Terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Apabila Anda sudah familiar dengan Gmail, Google Calendar, atau layanan Google lainnya, maka Anda sebaiknya mencoba Google Meet ini. Alasannya, Google Meet didesain sedemikian rupa sehingga dapat terintregrasi dengan baik ke berbagai layanan Google yang sudah ada. Salah satu contoh konkritnya adalah Anda dapat mengadakan meeting atau bergabung ke meeting online langsung dari laman Gmail.

Kekurangan Google Meet

Google Meet mempunyai beberapa kekurangan yang membuatnya dikritik oleh sebagian pihak. Berikut ini beberapa kekurangan Google Meet tersebut:

  1. Google Meet untuk PC hanya dapat diakses melalui browser. Salah satu kekurangan utama Google Meet adalah hanya dapat diakses di PC dengan menggunakan browser. Hingga saat ini, belum ada aplikasi khusus Google Meet untuk PC. Padahal, aplikasi khusus Google Meet akan membuat pengguna lebih mudah mengakses Google Meet karena bisa dibuka langsung dari desktop.
  2. Tidak ada fitur Record di akun gratis. Kekurangan Google Meet lainnya adalah belum adanya fitur Record untuk akun gratis. Karena itu, Anda memerlukan aplikasi recording pihak ketiga apabila Anda ingin merekam meeting online di Google Meet versi gratis. Namun, mengingat kompetisi yang ketat di bidang teknologi, tidak menutup kemungkinan fitur Record ini suatu saat akan disertakan juga di akun Google Meet versi gratis.

5. Skype

Software Video Conferencing Gratis Skype

Berbicara mengenai aplikasi meeting online gratis, rasanya ada yang kurang bila tidak membahas mengenai Skype. Sebagai software video conferencing yang dirilis 17 tahun lalu, Skype merupakan salah satu aplikasi meeting online yang sudah dikenal luas di kalangan masyarakat. Kepopuleran Skype juga ditopang oleh nama besar perusahaan IT di belakangnya yakni Microsoft yang mengakuisisi Skype tahun 2011 silam.

Skype memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh sebagian besar aplikasi video conferencing lainnya. Salah satu kelebihan tersebut adalah adanya fitur Skype Translator. Fitur ini akan menerjemahkan suara atau teks secara real-time selama meeting Anda berlangsung. Untuk terjemahan suara, Skype Translator dapat menerjemahkan dari 60 bahasa ke dalam 11 bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Mandarin, Italia, Portugis, Arab, dan Rusia.

Di samping terjemahan real-time, Skype juga memiliki fitur Send files. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim foto, video, atau file lainnya yang berukuran hingga 300 MB lewat jendela percakapan di Skype. Jadi, Anda tidak perlu repot mengirim file tersebut lewat email atau aplikasi lainnya.

Tanpa perlu membayar sepeser pun, Anda dapat mengadakan meeting online di Skype dengan 50 orang partisipan selama 24 jam. Jika Anda ingin mengadakan video conference dengan peserta lebih banyak, Anda dapat menggunakan Skype for Business. Namun, Microsoft secara bertahap mengganti Skype for Business dengan Microsoft Teams dikarenakan keduanya memiliki fungsi yang hampir serupa.

Fitur Skype

Berikut ini tabel mengenai fitur-fitur yang ditawarkan oleh Skype:

FiturKeterangan
Kapasitas50 orang (gratis)
Durasi24 jam (gratis)
Record videoTersedia fitur Record video
ChatTersedia Private & Group Chat
Screen SharingTersedia fitur Screen Sharing
Remote ControlHanya tersedia pada Skype for Business
KeamananEnkripsi 256-bit, sertifikat 1536 atau 2048-bit RSA untuk user public keys
Fitur lainShare location, background effects, voicemail, caller ID, smart messaging, Skype To Go, Cortana
BiayaGratis (Microsoft sudah tidak lagi menawarkan paket berbayar Skype for Business dikarenakan transisi ke Microsoft Teams)

Kelebihan Skype

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Skype:

  1. Fitur terjemahan real-time. Dikenal dengan nama Skype Translator, fitur ini merupakan salah satu fitur yang jarang dimiliki oleh software video conferencing lainnya, apalagi pada paket gratis. Namun, Skype memberikan fitur terjemahan real-time dari 60 bahasa ke 11 bahasa ini secara cuma-cuma alias gratis. Menariknya lagi, fitur ini tersedia baik untuk suara maupun teks.
  2. Fitur file attachment di chat. Kelebihan Skype lainnya adalah Anda dapat mengirimkan file melalui chat. Menariknya lagi, ukuran maksimum file yang dapat dikirim adalah 300 MB. Ukuran sebesar ini tentu mencukupi untuk sebagian besar foto dan dokumen. Fitur file attachment ini tentu menghemat waktu karena Anda tidak perlu mengunggah file ke layanan cloud storage secara terpisah.

Kekurangan Skype

Sebagai aplikasi video conferencing, berikut beberapa kekurangan Skype yang kerap dikritisi:

  1. Jumlah partisipan sedikit. Kekurangan Skype yang cukup signifikan adalah jumlah partisipan yang maksimal di angka 50 orang. Jumlah ini cukup berbeda jauh dibandingkan software video conferencing lain yang memberikan kapasitas di kisaran 100-300 orang pada paket gratisnya. Jumlah yang sedikit ini cukup mengganggu terutama bila Anda mengadakan meeting online dengan jumlah partisipan besar, misalnya seminar online, kuliah online, dan lain-lain.
  2. Akan dipensiunkan tahun 2021. Meski Skype sangat populer, namun Microsoft berencana menghentikan layanan Skype for Business Online secara total tanggal 31 Juli 2021 mendatang. Skype for Business Online merupakan versi berbayar dari Skype. Skype versi gratis dikabarkan tidak akan terpengaruh kebijakan ini. Namun demikian, pengguna Skype akan kesulitan bila ingin mengupgrade paket gratis mereka menjadi paket berbayar dikarenakan Microsoft tidak lagi menawarkan Skype for Business Online. Di laman resminya, Microsoft sudah mengalihkan pengguna Skype for Business untuk mulai menggunakan Microsoft Teams sebagai gantinya.

Kesimpulan

Tiap software yang ada dalam daftar di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda dapat memilih aplikasi video conferencing yang sesuai kebutuhan Anda.

Secara ringkas, kami sarankan Anda untuk memilih:

  1. Zoom, apabila Anda menginginkan aplikasi meeting online yang tetap stabil meski koneksi internet kurang baik.
  2. Cisco Webex Meeting, jika Anda membutuhkan fitur whiteboard yang interaktif.
  3. Microsoft Teams, bila Anda ingin mengadakan pertemuan dengan 300 orang partisipan secara gratis.
  4. Google Meet, apabila Anda perlu aplikasi video conferencing yang simpel dan mudah digunakan.
  5. Skype, bila Anda dan kolega Anda banyak yang menggunakan aplikasi ini. Namun, kami sarankan Anda untuk beralih ke Microsoft Teams dikarenakan dukungan untuk Skype (khususnya Skype for Business Online) akan segera berakhir tahun 2021 mendatang.

Demikian artikel mengenai software video conferencing gratis terbaik untuk keperluan meeting online Anda. Silakan share artikel ini bagi teman atau kerabat Anda yang membutuhkan rekomendasi aplikasi video conferencing gratis.

Sumber Gambar: Anna Shvets – Pexels

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments