2 Cara Gabung Grup Facebook

2 min read

Cara Gabung Grup Facebook

Setelah membuat akun Facebook, Anda dapat mulai berkomunikasi dengan teman-teman Anda lewat pesan pribadi maupun dengan bergabung ke grup Facebook. Meski pesan pribadi memiliki keuntungan tersendiri, namun grup juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pesan pribadi. Salah satu keuntungan grup dibanding pesan pribadi adalah Anda dapat berdiskusi dengan banyak orang sekaligus.

Di dalam grup, Anda dapat berdiskusi mengenai berbagai macam hal, mulai dari hal yang serius seperti pekerjaan dan harga saham hingga hal yang santai seperti kegiatan sehari-hari. Agar bisa berdiskusi dalam grup, Anda terlebih dahulu perlu bergabung dengan grup di Facebook. Untungnya, cara gabung grup Facebook cukup mudah dan bisa dilakukan lewat PC maupun HP.

Cara Gabung Grup FB di PC

Cara pertama untuk bergabung ke grup FB adalah menggunakan Facebook web di PC atau laptop. Untuk join ke suatu grup di Facebook, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka laman utama Facebook terlebih dahulu. Jika Anda belum login, Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.
  2. Ketikkan nama grup di kolom Search yang berada di pojok kiri atas layar komputer atau laptop Anda. Setelah itu, klik opsi Cari [Nama Grup].
    Cara bergabung ke grup Facebook
  3. Anda akan melihat laman hasil pencarian untuk grup yang Anda cari. Pilih menu Grup pada panel sebelah kiri untuk mempersempit hasil pencarian menjadi grup saja.
    Pilih tab Grup di hasil pencarian FB
  4. Pada menu Grup, terdapat beberapa opsi tambahan yang bisa Anda atur agar hasil pencarian lebih spesifik:
    • Kota: Anda dapat mengetikkan kota tempat grup tersebut berasal untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan lokasi.
    • Grup Publik: Menampilkan grup yang bersifat publik saja. Grup publik adalah grup yang isinya dapat dilihat oleh semua orang, baik anggota grup tersebut maupun bukan.
    • Grup Saya: Menampilkan grup yang sudah Anda ikuti sebelumnya.
      Cara join grup FB di PC
  5. Setelah itu, Anda akan melihat hasil pencarian yang spesifik untuk grup. Pilih grup yang ingin Anda ikuti lalu tekan tombol Gabung Grup.
    Cara gabung grup FB di PC
  6. Bergantung dari pengaturan grup tersebut, Anda mungkin perlu menunggu persetujuan admin terlebih dahulu sebelum dapat bergabung ke grup. Beberapa grup juga mewajibkan Anda untuk mengisi form seperti gambar di bawah ini. Bila Anda diminta mengisi form, jawablah pertanyaan-pertanyaan di form tersebut lalu tekan tombol Kirim.
    Pertanyaan saat gabung grup FB

Cara Gabung Grup FB di Android dan iPhone

Cara bergabung grup FB di Android dan iPhone pada dasarnya hampir sama dengan di PC, namun hanya berbeda antarmuka (interface) saja. Cara gabung grup FB di HP adalah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Facebook di smartphone Anda, kemudian ketuk ikon Search (ikon berbentuk kaca pembesar) di pojok kanan atas layar smartphone Anda.
    Tekan Search di FB HP
  2. Ketik nama grup yang ingin Anda ikuti kemudian pilih See results for [Nama Grup].
    Cari nama grup FB
  3. Pada hasil pencarian, pilih tab Groups untuk mempersempit hasil pencarian menjadi grup saja.
    Pilih tab Groups di FB HP
  4. Setelah itu, pilih menu Join pada grup yang ingin Anda ikuti.
    Cara gabung grup FB di HP
  5. Bergantung dari pengaturan grup, Anda mungkin perlu menunggu persetujuan admin sebelum dapat bergabung ke grup. Beberapa grup juga mewajibkan Anda untuk mengisi form seperti gambar di bawah ini. Jika Anda diminta mengisi form, jawablah pertanyaan-pertanyaan di form tersebut lalu tekan tombol Submit.
    Pertanyaan join grup FB di HP

FAQ Seputar Cara Gabung Grup Facebook

Berikut ini pertanyaan yang kerap muncul ketika bergabung ke grup di Facebook

Kesimpulan

Cara gabung grup Facebook tidaklah rumit dan dapat dilakukan melalui PC maupun HP. Namun, Anda perlu mengetahui aturan dalam tiap grup dikarenakan tiap grup memiliki aturan yang berbeda-beda. Hal ini untuk mencegah supaya Anda tidak dikeluarkan dari grup tersebut.

Demikian artikel mengenai cara gabung grup Facebook. Bila Anda memiliki pertanyaan, kritik, atau saran seputar artikel di atas, silakan menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Meski grup FB memiliki berbagai manfaat, ada kemungkinan Anda ingin keluar dari grup dikarenakan grup tidak aktif, menjadi toksik, atau karena alasan lainnya. Apabila Anda suatu saat ingin untuk keluar grup, Anda dapat membaca artikel kami tentang cara keluar dari grup Facebook.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments