Cara Ganti Password Akun Microsoft di HP dan PC

2 min read

Cara mengganti password akun Microsoft

Apabila Anda pengguna Windows 10, kemungkinan besar Anda juga memiliki akun Microsoft. Selain digunakan di Windows, akun Microsoft juga digunakan di berbagai layanan seperti OneDrive, Xbox, Outlook, Skype, dan lain-lain. Karena digunakan di berbagai aplikasi dan layanan, tentu keamanan akun Microsoft Anda harus menjadi salah satu prioritas utama.

Apabila Anda belum pernah mengganti password akun Microsoft Anda sejak pertama kali membuat akun, sekarang lah saatnya untuk mengganti password tersebut. Kabar baiknya, Microsoft memberikan kemudahan dalam mengganti password. Hanya dalam 6 langkah, Anda sudah dapat mengganti kata sandi lama Anda dengan yang baru. Berikut ini panduan untuk mengganti password akun Microsoft Anda.

Catatan:

  1. Bila Anda mengganti password, Anda akan ter-logout dari akun tersebut di semua device. Anda perlu login ulang dengan menggunakan password yang baru.
  2. Apabila Anda mengganti password akun Microsoft, maka password untuk semua layanan Microsoft (Windows, OneDrive, Outlook, Skype, Xbox, dll) juga ikut berubah secara otomatis.

Tips Membuat Password Akun Microsoft yang Kuat

Sebelum mengubah kata sandi akun Microsoft, Anda perlu memikirkan matang-matang password baru yang akan Anda gunakan di akun Anda. Hal ini dikarenakan akun Microsoft digunakan di banyak layanan, mulai dari login Windows, OneDrive, Outlook, Skype, hingga Xbox sekalipun. Karenanya, Anda perlu membuat kombinasi password yang kuat agar akun Anda tidak mudah ditembus oleh hacker.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menentukan password yang kuat untuk akun Anda, berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda terapkan:

  • Buat password sepanjang mungkin, namun tetap dapat diingat. Beberapa sumber merekomendasikan password sebaiknya minimal sepanjang 12 karakter.
  • Jangan memakai password yang sama dengan password untuk email atau situs lainnya. Usahakan gunakan satu password untuk tiap akun/email yang Anda miliki.
  • Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf kapital, angka, atau karakter khusus (misalnya !, %, &). Hal ini bertujuan agar password Anda menjadi lebih susah ditebak atau diprediksi.
  • Jangan menggunakan data pribadi yang mudah ditebak sebagai password, misalnya tanggal lahir. Apabila Anda tetap ingin menggunakan data pribadi, usahakan untuk menambahkan huruf atau angka lainnya.
Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Nah, setelah Anda menentukan password baru untuk akun Microsoft Anda, sekarang saatnya untuk mengganti kata sandi lama Anda dengan kata sandi baru yang lebih kuat.

Cara Mengubah Password Akun Microsoft di HP dan PC

Untuk mengganti password akun Microsoft, Anda dapat menggunakan HP maupun komputer/laptop Anda. Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah kata sandi akun Microsoft hampir serupa baik di HP maupun PC, yakni sebagai berikut:

  1. Buka laman ini untuk mengakses akun Microsoft Anda. Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda belum login, Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.
    Halaman utama akun Microsoft
  2. Pilih tab Security pada bagian atas layar untuk memulai proses pengubahan kata sandi akun Microsoft Anda.
    Tab Security di akun Microsoft PC
    Apabila Anda menggunakan smartphone, tekan tanda titik tiga di bagian atas layar HP Anda lalu pilih menu Security.
    Tab Security di akun Microsoft HP
  3. Pilih menu Change my password pada menu Password security.
    Cara ganti password akun Microsoft PC dan HP
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk sign in sekali lagi. Apabila Anda mengaktifkan two-factor authentication (misal dengan nomor HP, email pemulihan, atau pun dengan Microsoft Authenticator), Anda akan diminta memverifikasi login Anda dengan metode 2FA yang Anda gunakan.
    Verifikasi login 2FA akun Microsoft
  5. Setelah itu, Anda akan melihat kolom untuk mengubah password Anda. Isikan password lama Anda pada bagian Current password. Selanjutnya, isikan password baru Anda di kolom New password dan Re-enter password. Pastikan password yang Anda isikan di kedua kolom (New password dan Re-enter password) tersebut sama persis.
    Cara mengubah kata sandi akun Microsoft
  6. Klik Save untuk menyimpan perubahan password akun Microsoft Anda.

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, Anda telah berhasil mengganti password akun Microsoft Anda.

Kesimpulan

Meski kerap diabaikan, password yang kuat sebenarnya sangat penting demi keamanan akun Microsoft Anda. Terlebih, akun Microsoft tertaut dengan Windows dan berbagai layanan Microsoft lainnya. Karena itu, demi keamanan akun Anda, kami sarankan untuk rutin mengganti password akun Microsoft tiap 3-6 bulan sekali.

Baca juga:  Cara Keluar dari Grup Facebook di HP dan PC

Sekian artikel mengenai cara mengganti password akun Microsoft. Bila Anda memiliki saran atau pertanyaan seputar artikel di atas, silakan mengirim pesan melalui kolom komentar di bawah ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments