Cara Ganti Password Gmail di HP dan PC dengan Cepat

2 min read

Cara Ganti Password Gmail

Sebagai penyedia layanan email yang memiliki segudang fitur, Gmail menjadi pilihan banyak orang di era digital ini. Sayangnya, banyak yang melupakan salah satu aspek keamanan akun Gmail yang paling penting yakni password. Salah satu contohnya adalah ketika pertama kali membuat akun Gmail. Kerap kali, kita membuat password yang sederhana agar mudah dihafalkan. Sayangnya, hal ini dapat berakibat fatal ke depannya.

Perlu diketahui bahwa password Gmail sangatlah penting mengingat akun Gmail tertaut dengan akun Google. Artinya, apabila akun Gmail Anda dibobol, maka akun YouTube, Google Drive, dan seluruh layanan Google lainnya juga ikut dibobol. Karena itu, Anda sebaiknya mengganti password Gmail lama Anda dengan password yang lebih kuat. Dengan demikian, akun Anda menjadi lebih kebal terhadap hacking.

Untungnya, cara mengganti password Gmail sangat mudah dan cepat. Anda dapat melakukannya hanya dalam waktu 3-5 menit saja. Berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah kata sandi akun Gmail Anda.

Catatan:

  1. Bila Anda mengganti password, Anda akan ter-logout dari akun tersebut di semua device. Anda perlu login ulang dengan menggunakan password yang baru.
  2. Akun Gmail terintegrasi dengan semua layanan Google lainnya (YouTube, Google Drive, Google Docs, dll). Apabila Anda mengganti password Gmail, maka password untuk layanan Google lainnya juga ikut berubah secara otomatis.

Tips Membuat Password Gmail yang Kuat

Sebelum mengganti password, alangkah baiknya kita mempersiapkan password yang baru terlebih dahulu. Meski terdengar sepele, namun sesungguhnya hal ini cukup vital. Mengingat password Gmail yang tertaut dengan akun Google, pembobolan akun Gmail Anda juga berarti hilangnya akun Google Anda beserta seluruh layanan lainnya, termasuk YouTube, Google Drive, dll.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Gmail yang Wajib Anda Ketahui

Karena itu, Anda perlu menyiapkan password baru yang kuat dan susah ditebak. Dengan demikian, akun Gmail Anda menjadi lebih susah dibobol. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar bisa membuat password Gmail yang kuat:

  • Buat password sepanjang mungkin, namun masih bisa diingat. Sebagian sumber merekomendasikan password sebaiknya minimal sepanjang 12 karakter.
  • Jangan gunakan password yang sama dengan password yang Anda gunakan di email atau situs lainnya. Usahakan gunakan satu password untuk tiap akun yang Anda miliki.
  • Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus (misalnya !, %, &). Hal ini bertujuan agar password Anda menjadi lebih susah ditebak ataupun diprediksi.
  • Jangan menggunakan data pribadi yang mudah ditebak sebagai password, misalnya tanggal ulang tahun. Apabila Anda tetap ingin menggunakan data pribadi, usahakan untuk mengkombinasikannya dengan huruf atau angka lainnya.

Untuk lebih detailnya, Anda dapat mengecek artikel kami mengenai cara membuat kata sandi yang kuat. Setelah mempersiapkan kata sandi yang baru, sekarang saatnya mengubah kata sandi Gmail yang lama. Anda bisa menggantinya lewat HP maupun PC Anda.

Cara Ganti Password Gmail di HP Android

Mengganti password Gmail di HP Android tergolong cukup mudah. Hal ini dikarenakan Android dan Gmail sama-sama merupakan “anak” dari Google. Untuk mengganti password Gmail di HP Android Anda, silakan ikuti cara di bawah ini:

  1. Tekan tombol Settings (tombol berbentuk gir) di pojok kanan atas HP Anda.
    Klik tombol Settings di HP
  2. Piih menu Accounts and backup.
    Pilih Accounts and backup
  3. Tekan menu Accounts.
    Pilih menu Accounts di HP
  4. Pilih akun Google (Gmail) yang ingin Anda ubah passwordnya.
    Pilih akun Gmail yang akan diganti passwordnya
  5. Klik opsi Google Account. Apabila Anda belum login, Anda akan diminta untuk login ke akun Anda terlebih dahulu.
    Klik menu Google Account
  6. Pilih tab Personal info.
    Pilih menu Personal info di Google
  7. Pada bagian Basic info, tekan menu Password.
    Cara mengganti password Gmail di HP
  8. Anda akan diminta login 1x lagi. Isikan password lama Anda kemudian tekan Next.
    Login ke akun Google di Android
  9. Pilih password baru yang Anda inginkan untuk akun Gmail (Google) Anda. Isikan password Anda dua kali, kemudian tekan Change password.
    Cara mengubah kata sandi Gmail di Android
  10. Kata sandi Gmail Anda telah berhasil diubah. Tekan Close untuk menutup laman tersebut.
    Password Gmail sudah diganti

Cara Ganti Password Gmail di PC

Cara mengubah password Gmail di PC cukup berbeda dengan di smartphone. Di PC, Anda perlu mengganti password Gmail lewat browser. Untuk mengganti password Gmail di PC, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman ini untuk masuk ke akun Google (Gmail) Anda. Bila Anda belum masuk, Anda akan diminta untuk sign-in terlebih dahulu.
    Halaman utama akun Gmail
  2. Pilih tab Security.
    Tab Security akun Gmail
  3. Di bagian Signing in to Google, klik Password.
    Cara mengubah password akun Gmail di PC
  4. Anda akan diminta untuk sign in sekali lagi. Isikan password Anda dan tekan tombol Next. Apabila Anda ingin melihat passwordnya, Anda bisa mencentang opsi Show password.
    Login ke akun Gmail
  5. Di halaman ini, Anda dapat memilih password baru untuk akun Anda. Pastikan Anda mengisikan password tersebut sama persis di kedua kolom yang tersedia. Perlu dicatat bahwa Google mewajibkan password baru paling sedikit 8 karakter.
    Memasukkan password baru akun Gmail di PC
  6. Setelah selesai mengisi password baru di kedua kolom yang ada, tekan tombol Change password. Password Gmail Anda sudah berhasil diganti.
Baca juga:  Cara Keluar dari Grup Facebook di HP dan PC

Kesimpulan

Bagaimana langkah-langkah mengganti password Gmail di atas? Cukup mudah untuk diikuti bukan?

Demi keamanan akun Anda, kami sarankan Anda untuk rutin mengganti password Gmail Anda tiap kurun waktu tertentu, misalnya tiap 6 bulan sekali. Dengan langkah-langkah yang mudah, Anda tentu tidak akan kesulitan ketika mengganti password Gmail.

Apabila Anda mempunyai masukan atau pertanyaan seputar Gmail, Anda dapat menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments