Cara Membuat Akun Google Baru di HP dan Komputer

3 min read

Cara Membuat Akun Google

Google sudah terkenal sejak lama sebagai raksasa search engine. Selain itu, Google juga mempunyai banyak layanan yang dapat mempermudah pengguna dalam bekerja maupun beraktivitas. YouTube, Google Maps, Gmail, dan Google Drive merupakan beberapa contoh layanan Google yang sangat populer. Sebagian besar layanan tersebut mewajibkan pengguna untuk login menggunakan akun Google. Untungnya, cara membuat akun Google tidaklah rumit. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat akun Google beserta manfaat dari akun Google tersebut.

Catatan: Cara membuat akun Google pada dasarnya sama dengan cara membuat Gmail karena Anda akan mendapat akun Gmail ketika mendaftar akun Google. Anda dapat membaca selengkapnya di bagian FAQ berikut ini.

Manfaat Akun Google

Anda dapat memperoleh banyak keuntungan dengan memiliki akun Google. Berikut ini beberapa manfaat akun Google:

  1. Mengakses layanan Google. Selain sebagai search engine, Google juga mempunyai banyak layanan di berbagai bidang. Bila Anda mempunyai akun Google, Anda dapat menggunakan berbagai layanan tersebut secara gratis. Beberapa contoh layanan Google yang luas digunakan antara lain YouTube, Google Docs, Google Maps, Google Drive, Google Photos, Google Form, dll.
  2. Menyimpan kontak. Salah satu manfaat akun Google yang belum banyak diketahui adalah Anda dapat menyimpan kontak HP di akun Google. Menyimpan kontak di akun Google mempunyai beberapa keuntungan, antara lain bisa dinsinkronisasi dengan perangkat lain serta mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar (dapat menyimpan hingga 25.000 kontak).
  3. Download aplikasi di Google Play. Bila Anda menggunakan Android, Anda tentu perlu menginstall aplikasi di smartphone Anda. Salah satu cara termudah dan teraman untuk menginstall aplikasi adalah lewat Google Play. Nah, salah satu syarat untuk mengunduh aplikasi lewat Google Play adalah login ke akun Google Anda.
  4. Mendapat email Gmail. Perlu dicatat bahwa dengan membuat akun Google, Anda secara otomatis akan mendapat akun email Gmail. Akun Gmail ini nantinya bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, misalnya mendaftar di website lain, mengirim pesan, dan lain sebagainya.
  5. Login ke game atau website. Banyak website dan game memberikan opsi untuk login menggunakan akun Google. Selain lebih simpel, Anda juga tidak perlu mengingat username dan password yang berbeda untuk tiap game atau website.
Baca juga:  9 Cara Mengatasi Jaringan Internet Komputer/ Laptop Lemot

Cara Daftar Akun Google di HP Android

Cara membuat akun Google di HP Android sebenarnya cukup simpel. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Buka menu Settings pada Android.
  2. Pilih menu Accounts and Backup.
  3. Pilih Accounts.
  4. Scroll ke bawah kemudian pilih opsi Add account.
  5. Pilih Google untuk menambahkan akun Google baru.
  6. Apabila Anda menggunakan fingerprint, Anda mungkin diminta untuk memverifikasi identitas menggunakan sidik jari.
  7. Klik Create account kemudian pilih For myself untuk membuat email untuk pribadi.
  8. Isikan nama depan (First name) dan nama belakang (Last name) Anda. Klik Next untuk melanjutkan proses pembuatan akun Google.
  9. Di halaman selanjutnya, isikan tanggal lahir dan jenis kelamin Anda lalu klik Next.
  10. Anda akan diberi beberapa opsi alamat email yang bisa Anda pilih. Selain itu, Anda juga dapat membuat alamat email sendiri. Caranya, pilih opsi Create your own Gmail address lalu ketikkan alamat email pilihan Anda. Klik Next untuk melanjutkan pembuatan akun Google.
  11. Buat password untuk akun Google Anda, lalu tekan Next.
  12. Di halaman selanjutnya, Anda akan diberi pilihan untuk menghubungkan nomor HP Anda ke akun Google yang Anda buat. Bila Anda ingin menghubungkannya, pilih Yes, I’m in. Jika Anda tidak mau menghubungkan nomor HP ke akun Google Anda, pilih Skip.
  13. Anda akan diminta untuk mereview akun Google Anda sekali lagi. Pastikan nama dan alamat email yang dipilih sudah sesuai keinginan Anda.
  14. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman Privacy and Terms. Untuk melanjutkan, scroll ke bawah kemudian pilih I Agree.
  15. Google akan memproses pembuatan akun Anda. Setelah akun Anda selesai dibuat, Anda dapat melihat akun Google baru di menu Accounts HP Anda.

Cara Daftar Akun Google di Komputer atau Laptop

Pada dasarnya, cara membuat akun Google di komputer atau laptop tidak berbeda jauh dengan cara membuat akun Google di Android. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Untuk membuat akun Google, buka laman ini di browser Anda.
  2. Halaman pendaftaran akun Google akan muncul. Isikan nama Anda, kemudian pilih username dan password sesuai keinginan Anda. Klik Next apabila Anda telah selesai mengisikan data di atas.
    Cara Membuat Akun Google
    Apabila terdapat peringatan “That username is taken. Try another” pada bagian username, berarti username tersebut tidak tersedia. Anda dapat mengatasinya dengan mengganti username atau menambahkan karakter/ angka pada username. Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan username tidak tersedia:
    1. Username yang Anda pilih sudah digunakan orang lain.
    2. Sangat mirip dengan username pengguna lain yang sudah ada (contohnya apabila username [email protected] sudah ada, Anda tidak dapat membuat username [email protected]).
    3. Sama dengan username yang sudah pernah dipakai orang lain namun kemudian dihapus.
    4. Tidak disediakan Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.
  3. Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta mengisikan nomor HP (opsional), alamat email pemulihan (opsional), tanggal lahir, dan jenis kelamin. Tekan Next untuk melanjutkan proses membuat akun Google. Bila Anda mengisikan nomor HP, Anda dapat melanjutkan ke langkah nomor 4. Bila Anda tidak mengisikan nomor HP, Anda dapat langsung menuju ke langkah nomor 7.
    Cara Membuat Akun Google - Isi data
  4. Bila Anda mengisikan nomor HP, Anda akan dibawa ke halaman berikut ini. Di sini, Google akan mengirimkan kode ke nomor HP Anda untuk mengkonfirmasi bahwa nomor HP tersebut benar milik Anda. Klik Send untuk mengirimkan kode tersebut.
    Mengirim kode konfirmasi ke HP
  5. Buka SMS di HP Anda, ketikkan 6 digit angka (tanpa menggunakan huruf G) lalu tekan Verify.
    Verifikasi nomor HP akun Google
  6. Anda akan dibawa ke halaman di bawah ini. Klik Yes, I’m in bila Anda bersedia mendapatkan pesan, video call, atau iklan di nomor HP Anda. Bila Anda tidak menginginkannya, Anda bisa mengklik Skip.
    Opsi HP akun Google
  7. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman Privacy and Terms yang berisi informasi tentang data yang dikumpulkan oleh Google dan bagaimana Google menggunakan data tersebut. Untuk melanjutkan, scroll ke bawah kemudian tekan I Agree.
    Privacy and Terms Google
  8. Anda telah selesai membuat akun Google. Berikut tampilan awal akun Google Anda.
    Tampilan awal akun Google

FAQ Cara Membuat Akun Google

Berikut ini beberapa pertanyaan yang kerap muncul saat membuat akun Google.

Apakah kita bisa membuat akun Google dengan email lain (misal email Yahoo)?

Cara Membuat Akun Google

Ya, Anda dapat menggunakan alamat email lain (misal Yahoo Mail) untuk membuat akun Google. Untuk melakukannya, pilih Use my current email address instead pada halaman pertama saat membuat akun Google. Selanjutnya, Google akan mengirimkan kode ke email Anda untuk melakukan verifikasi bahwa email tersebut benar milik Anda.
Catatan: Anda tidak bisa menggunakan email Gmail atau email non-Gmail yang sudah tertaut ke akun Google lain.

Demikian artikel mengenai cara membuat akun Google baik di HP Android maupun di komputer/ laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat akun Google.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments