2 Cara Cepat Membuat Akun Microsoft

4 min read

Cara membuat akun Microsoft

Seperti halnya Android yang erat hubungannya dengan akun Google, demikian pula Windows lekat dengan akun Microsoft. Bila Anda menggunakan Windows, Anda mungkin cukup familiar dengan akun Microsoft. Selain digunakan untuk login Windows, akun Microsoft juga memiliki banyak manfaat lainnya. Anda dapat mengakses berbagai layanan yang dari Microsoft tersedia secara gratis. Beberapa contoh layanan tersebut antara lain OneDrive, Outlook, Windows Azure, OneNote, dan masih banyak lagi layanan lainnya. Mengingat fungsinya yang beragam serta biayanya yang gratis, tidak ada salahnya Anda membuat akun Microsoft.

Manfaat Akun Microsoft

Sebelum melangkah ke cara membuat akun Microsoft, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja manfaat yang Anda peroleh dengan membuat akun Microsoft. Berikut ini beberapa contoh manfaat membuat akun Microsoft:

  1. Untuk login Windows. Bila Anda memiliki akun Microsoft, Anda dapat menggunakan akun tersebut untuk login ke Windows. Lebih menariknya lagi, personalisasi yang Anda lakukan di 1 komputer dapat disinkronisasi secara otomatis di komputer lain yang menggunakan akun Microsoft yang sama. Sebagai contoh, bila Anda mengganti nama akun Windows di 1 komputer, maka nama akun Anda di komputer lain (yang menggunakan akun Microsoft yang sama) juga akan berubah.
  2. Mendapat email Outlook gratis. Ketika Anda membuat akun Microsoft, Anda dapat memilih untuk membuat email Outlook secara gratis. Anda bisa menggunakan email Outlook ini untuk mengirim pesan atau login ke aplikasi/ website lain yang memerlukan email.
  3. Penyimpanan gratis dari OneDrive. Anda akan mendapat penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis jika Anda memiliki akun Microsoft. Untungnya, Microsoft menyediakan berbagai event dan tawaran menarik untuk menambah kapasitas tersebut. Contohnya, bila Anda berlangganan Office 365, Anda akan memperoleh kapasitas OneDrive hingga 1 TB. Sangat besar kan?
  4. Akses ke Office Online. Tahukah Anda bahwa Office memiliki versi online yang dapat Anda akses secara gratis? Syaranya, Anda harus login menggunakan akun Microsoft. Meski tidak selengkap Office 365 atau Office 2019, namun Office Online ini layak Anda coba mengingat harganya yang gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.
Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Cara Membuat Akun Microsoft

Terdapat 2 cara membuat akun Microsoft. Pertama, Anda dapat membuat akun Microsoft dengan alamat email baru dari Microsoft (email Outlook). Hal ini dapat digunakan bila Anda belum mempunyai email Outlook (dahulu bernama Hotmail) atau Anda ingin membuat email Outlook baru. Kedua, Anda dapat membuat akun Microsoft menggunakan email Gmail atau Ymail yang Anda miliki.

Membuat Akun Microsoft dengan Email dari Microsoft (Outlook)

Apabila Anda belum mempunyai email Outlook atau ingin membuat email Outlook (Hotmail) baru, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini untuk membuat akun Microsoft. Dengan demikian, Anda mendapat akun Microsoft sekaligus email Outlook baru.

Berikut ini cara membuat akun Microsoft dengan email baru dari Microsoft:

  1. Klik link berikut ini untuk membuka halaman pembuatan Microsoft Account. Pada bagian pojok kanan atas, klik tombol Sign in to your account (kotak merah).
    Cara membuat akun Microsoft - halaman utama
    Tips: Apabila Anda ingin memperoleh email dengan domain country-spesific (misalnya …@outlook.co.id), Anda dapat membuka laman msn.com kemudian ganti bahasanya lewat tanda gir di pojok kanan atas (angka 1) sesuai domain negara yang Anda inginkan (misalnya Anda menginginkan @outlook.co.id berarti pilih bahasa Indonesia). Selanjutnya, tekan tombol Masuk/ Sign in (angka 2).
    Catatan: Bila Anda menggunakan cara ini, terdapat sedikit perbedaan dengan langkah-langkah pembuatan akun Microsoft selanjutnya, namun secara garis besar tetap sama.
    Cara membuat akun Microsoft country-spesific
  2. Pilih Create one! untuk membuat akun Microsoft baru.
    Cara membuat akun Microsoft baru
  3. Klik Get a new email address untuk membuat email Microsoft baru (email Outlook).
    Membuat email Microsoft baru
  4. Isikan nama email yang Anda inginkan. Selanjutnya, pilih salah satu nama domain yang Anda inginkan dengan mengklik tanda panah bawah di samping @outlook.com. Klik Next bila Anda telah selesai memilih.
    Memilih alamat email Microsoft
  5. Di halaman selanjutnya, ketik password yang Anda inginkan untuk akun baru Anda. Terdapat 2 opsi tambahan berikut yang bisa Anda pilih:
    1. Show password: Centang untuk menampilkan password Anda.
    2. I would like information, tips, and offers about Microsoft product and services: Centang apabila Anda ingin menerima promosi dari Microsoft di email Anda.
      Memilih password akun Microsoft
  6. Klik Next untuk melanjutkan.
  7. Selanjutnya, Anda akan melalui proses pengecekan robot oleh Microsoft. Terdapat 2 kemungkinan jenis pengecekan, yaitu puzzle dan captcha. Bila Anda melihat gambar berikut ini, berarti Anda memperoleh tipe puzzle. Klik Next untuk melanjutkan prosesnya. Jika Anda mendapat captcha, silakan melompat ke langkah nomor 9.
    Pengecekan robot oleh Microsoft
  8. Cara memecahkan puzzle adalah dengan memutar gambar supaya gambar berada dalam posisi tegak (seperti contoh di bawah ini). Anda dapat memutar gambar tersebut dengan mengklik tombol di sebelah kiri dan kanan gambar. Klik Done bila Anda telah selesai.
    Memecahkan puzzle
  9. Jika Anda mendapat captcha seperti gambar di bawah ini, isikan huruf-huruf seperti yang tertera pada gambar. Klik New untuk mengganti captcha dengan gambar lainnya. Bila Anda kesulitan dengan captcha berupa gambar, Anda dapat memilih captcha berupa audio (suara) dengan mengklik Audio. Setelah mengisi captcha dengan benar, klik Next.
    Mengisi captcha akun Microsoft
  10. Di halaman selanjutnya, Anda diberi pilihan apakah Anda ingin tetap sign-in atau tidak. Bila Anda mengklik Yes, Anda tidak perlu lagi mengisikan email dan password untuk sign-in ke akun Microsoft tiap Anda menutup browser atau merestart komputer Anda.
    Opsi stay signed in pada akun Microsoft
  11. Anda telah selesai membuat akun Microsoft. Berikut tampilan profil akun Microsoft Anda.
    Cara membuat akun Microsoft - Cara 1

Membuat Akun Microsoft dengan Email Gmail atau Ymail

Jika Anda sudah pernah membuat email Gmail atau Ymail, Anda bisa menggunakan email tersebut untuk membuat akun Microsoft. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik link berikut ini untuk membuka halaman pembuatan Microsoft Account. Di pojok kanan atas, klik tombol Sign in to your account (kotak merah).
    Cara membuat akun Microsoft - Sign in
  2. Pilih Create one! untuk membuat akun Microsoft baru.
    Cara membuat akun Microsoft dengan email Gmail atau Ymail
  3. Isikan email Anda (bisa email Gmail, Ymail, atau lainnya), kemudian klik Next.
    Mengisi email lama untuk akun Microsoft
  4. Isikan password yang Anda inginkan untuk akun Microsoft Anda. Perlu diingat bahwa password yang dimaksud bukan password email Anda. Kami menyarankan Anda untuk membuat password yang berbeda dengan email Anda. Klik Next untuk melanjutkan.
    Memilih password akun Microsoft - Cara 2
  5. Microsoft akan mengirimkan email konfirmasi ke akun email Anda. Silakan cek email Anda (di Gmail atau Ymail) dan salin 4 digit kode yang dikirim Microsoft.
    Email konfirmasi Microsoft
  6. Paste 4 digit kode tersebut di halaman pembuatan akun Microsoft. Apabila Anda bersedia menerima promosi dari Microsoft, centang opsi I would like information, tips, and offers about Microsoft product and services. Klik Next untuk melanjutkan proses pembuatan akun Microsoft.
    Kode konfirmasi akun Microsoft
  7. Di halaman selanjutnya, Anda perlu melewati proses pengecekan dari Microsoft. Ada 2 kemungkinan jenis pengecekan, yaitu puzzle dan captcha. Bila Anda melihat gambar di bawah ini, berarti Anda memperoleh tipe puzzle. Klik Next untuk melanjutkan prosesnya. Jika Anda mendapat captcha, silakan melompat ke langkah nomor 9.
    Pengecekan robot oleh Microsoft
  8. Cara memecahkan puzzle adalah dengan memutar gambar supaya gambar berada dalam posisi tegak (seperti contoh berikut ini). Anda dapat memutar gambar tersebut dengan mengklik tombol di sebelah kiri dan kanan gambar. Klik Done bila Anda telah selesai.
    Pengecekan robot tipe puzzle
  9. Bila Anda mendapat tipe captcha, isikan huruf-huruf seperti yang tertera pada gambar. Klik New untuk mengganti captcha dengan gambar lainnya. Jika Anda kesulitan dengan captcha berupa gambar, Anda dapat memilih captcha berupa audio (suara) dengan mengklik Audio. Setelah selesai mengisi captcha, klik Next.
    Mengisi captcha akun Microsoft
  10. Di halaman selanjutnya, Anda akan diberi pilihan apakah Anda ingin tetap sign-in atau tidak. Jika Anda mengklik Yes, Anda tidak perlu lagi mengisikan email dan password untuk sign-in ke akun Microsoft bila Anda menutup browser atau merestart komputer Anda.
    Opsi Stay signed in akun Microsoft
  11. Proses membuat akun Microsoft telah selesai. Anda dapat melihat halaman profil akun Microsoft Anda.
    Cara membuat akun Microsoft - Cara 2

Sekian artikel mengenai cara membuat akun Microsoft, baik menggunakan email baru maupun dengan email yang sudah ada. Apabila Anda menemui kesulitan selama membuat akun Microsoft, Anda bisa bertanya melalui kolom komentar berikut ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments