Cara Membuat Email Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook

7 min read

Cara membuat email

Sejak pertama kali muncul di dekade 70an, email telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ketika pertama kali diciptakan, email hanya berfungsi untuk berkirim pesan secara online. Sekarang, email telah mengalami perubahan besar. Selain mengirim pesan, email juga memiliki berbagai fungsi lain dan telah dilengkapi dengan bermacam-macam fasilitas, seperti kemampuan mengirim gambar, dokumen, dan bahkan video.

Mengingat fungsi email yang vital dalam dunia internet, tidak ada salahnya Anda memiliki minimal 1 email. Ada banyak penyedia layanan email yang bisa Anda pilih untuk membuat email. Pada artikel ini kami akan memberikan cara membuat email di 3 penyedia layanan email terbesar, yakni Google (Gmail), Yahoo (Yahoo Mail), dan Microsoft (Outlook). Namun, kita akan membahas fungsi email terlebih dahulu agar nantinya Anda dapat memanfaatkan email secara maksimal.

Fungsi Email

Email memiliki berbagai fungsi penting yang membuatnya wajib dimiliki semua orang yang ingin berinteraksi di dunia yang serba digital ini. Berikut fungsi-fungsi email yang perlu Anda ketahui:

  1. Berkirim pesan. Sesuai dengan namanya, email yang merupakan singkatan dari electronic mail (atau surat elektronik) adalah sarana berkirim pesan secara digital. Anda dapat mengirim maupun menerima pesan dari orang lain secara online lewat email ini. Sekarang, email juga tidak digunakan untuk berkirim pesan saja. Anda dapat mengirim lampiran mulai dari gambar, audio, hingga video sekalipun.
  2. Syarat pendaftaran di berbagai website. Banyak website dan layanan mensyaratkan penggunanya untuk mendaftar menggunakan email. Berbagai situs besar seperti Facebook, Instagram, dan Twitter meminta penggunanya untuk menggunakan email mereka ketika membuat akun. Pada umumnya, email tersebut digunakan untuk mengaktivasi akun pengguna di situs yang bersangkutan.
  3. Media promosi online. Karena memiliki fungsi utama untuk berkirim pesan, banyak perusahaan memanfaatkan email sebagai sarana promosi bisnis atau produk mereka. Harapannya, si penerima akan membuka email tersebut dan membeli produk atau jasa mereka. Meski termasuk tua dibandingkan sarana promosi online lainnya, email masih tergolong efektif sebagai media promosi.

Setelah memahami berbagai fungsi email, sekarang Anda dapat mulai membuat email. Terdapat banyak penyedia layanan email yang bisa Anda pilih. Pada artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah membuat email pada 3 penyedia layanan email terbesar, yakni Google (Gmail), Yahoo (Yahoo Mail), dan Microsoft (Outlook).

Cara Membuat Akun Email Gmail (Google Mail)

Cara untuk membuat email Gmail (Google Mail) dapat dikatakan mudah dan tidak berbelit-belit. Anda dapat menggunakan PC ataupun HP untuk mendaftar akun Gmail.

Pada tutorial ini, kami menggunakan PC dalam proses pembuatan Gmail. Langkah-langkah membuat akun Gmail baru di HP Android mungkin sedikit berbeda. Bila Anda ingin membuat akun Gmail baru lewat HP Android, Anda dapat membaca artikel kami mengenai cara membuat akun Google di HP dan komputer.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat akun email Gmail:

  1. Buka laman ini untuk mulai mendaftar Gmail. Klik tombol Create an account di pojok kanan atas.
    Cara membuat akun email Gmail
  2. Di halaman pendaftaran, isikan nama Anda lalu ketik username serta password sesuai keinginan Anda. Klik Next setelah Anda selesai mengisikan data-data di atas.
    Membuat email Gmail - Isi data diri
    Jika Anda mendapat peringatan “That username is taken. Try another”, berarti username tersebut tidak tersedia. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mengganti username atau menambahkan karakter/ angka pada username. Ada beberapa kemungkinan penyebab username tidak tersedia:
    1. Username yang Anda pilih sudah digunakan oleh orang lain.
    2. Sangat mirip dengan username pengguna lain yang sudah ada (contohnya apabila username [email protected] sudah ada, Anda tidak dapat membuat username [email protected]).
    3. Sama dengan username yang sudah pernah dipakai orang lain namun kemudian dihapus.
    4. Username tersebut tidak disediakan Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.
  3. Selanjutnya, Anda akan diminta mengisikan nomor HP (opsional), alamat email pemulihan (opsional), tanggal lahir, dan jenis kelamin. Klik Next untuk melanjutkan proses membuat email Gmail. Jika Anda mengisi nomor HP, Anda dapat melanjutkan ke langkah nomor 4. Jika Anda tidak mengisi nomor HP, Anda dapat langsung menuju ke langkah nomor 7. Anda dapat membaca artikel kami mengenai cara membuat Gmail tanpa nomor HP untuk mengetahui tips trik yang diperlukan untuk menghindari verifikasi nomor HP setelah membuat beberapa akun Gmail sekaligus.
    Daftar akun Gmail - Isi data diri
  4. Bila Anda mengisikan nomor HP, Anda akan dibawa ke halaman di bawah ini. Di sini, Gmail akan mengirimkan kode ke HP Anda untuk keperluan verifikasi. Tekan Send untuk mengirimkan kode tersebut.
    Daftar akun Gmail - Kirim kode verifikasi
  5. Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta mengisi kode 6 digit. Buka SMS yang dikirimkan Gmail ke HP Anda, kemudian salin kode 6 digit di SMS tersebut (tanpa menggunakan huruf G) ke kolom yang disediakan. Klik Verify untuk melanjutkan.
    Membuat email Gmail - Isi kode verifikasi
  6. Anda akan dibawa ke halaman berikut ini. Klik Yes, I’m in bila Anda bersedia mendapatkan pesan atau iklan di HP Anda. Jika Anda tidak menginginkannya, Anda dapat mengklik Skip.
    Membuat email Gmail - Opsi untuk HP
  7. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman Privacy and Terms yang berisi informasi tentang data yang dikumpulkan oleh Google dan bagaimana Google menggunakan data tersebut. Scroll ke bawah kemudian tekan I Agree untuk menyelesaikan proses pendaftaran akun Gmail.
    Privacy and Terms Google Mail (Gmail)
  8. Anda telah selesai membuat akun email Gmail. Berikut tampilan awal akun Gmail Anda.
    Halaman awal Gmail (Google Mail)

Selanjutnya, Anda dapat mulai menggunakan Gmail untuk berkirim pesan. Anda bisa membuka laman Gmail jika sewaktu-waktu Anda ingin mengecek inbox Gmail atau ingin sign-in di device lainnya.

Baca juga:  Cara Edit File Hosts: Panduan Lengkap (Windows 10, 8, 7)

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut hal-hal seputar Gmail (Google Mail), Anda dapat membaca artikel kami berikut ini:

Cara Membuat Akun Email Ymail (Yahoo Mail)

Diluncurkan pada tahun 1997, Yahoo Mail atau yang kerap disebut Ymail merupakan salah satu email service provider yang masih banyak digunakan. Meski jumlah penggunya tidak sebanyak saat masa kejayaannya dahulu, Ymail masih menjadi pilihan utama bagi sebagian orang.

Catatan: Dahulu, Yahoo Mail bisa memperbolehkan penggunanya untuk membuat email dengan ekstensi khusus negara tertentu seperti @yahoo.co.id. Sayangnya, Yahoo Mail tidak lagi menyediakan lagi fitur tersebut. Sekarang, semua email yang dibuat dengan Yahoo Mail akan mempunyai ekstensi @yahoo.com. Bila Anda ingin membuat email dengan ekstensi khusus negara tertentu, kami menyarankan Anda untuk membuat email dengan Microsoft (Outlook).

Cara mendaftar Yahoo Mail tergolong simpel dan tidak berbelit-belit. Anda bisa mendaftar menggunakan PC maupun HP karena langkah-langkah yang diperlukan relatif sama. Untuk mendaftar email Ymail, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka laman ini untuk mulai membuat email Yahoo (Ymail)
  2. Anda akan melihat laman seperti di bawah ini.
    Cara membuat email Yahoo - Data diri
    Silakan isikan data-data Anda berikut ini:
    1. First name: Nama depan Anda.
    2. Last name: Nama belakang Anda.
    3. Email address: Isikan alamat email sesuai keinginan Anda.
    4. Password: Ketikkan password untuk email Yahoo Anda.
    5. Mobile phone number: Isikan nomor handphone Anda. Pastikan Anda mengisinya dengan benar karena Yahoo akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP Anda.
    6. Birth month, day, year: Isikan bulan, tanggal, dan tahun lahir Anda.
    7. Gender: Isikan jenis kelamin Anda (kolom ini bersifat opsional).
  3. Klik Next untuk menuju halaman selanjutnya.
  4. Yahoo akan mengirimkan kode verifikasi ke HP Anda. Pastikan bahwa Anda telah mengetikkan nomor HP Anda dengan benar, yaitu tanpa angka 0 di depan dengan kode negara +62 (Indonesia). Tekan Text me a verification code untuk mengirimkan kode verifikasi.
    Cara membuat email Ymail - Verifikasi HP
  5. Cek kode verifikasi di SMS Anda. Masukkan 5 digit kode tersebut di kolom yang tersedia dan klik Verify.
    Cara membuat akun Yahoo - Kode verifikasi
  6. Setelah Anda memasukkan kode verifikasi dengan benar, Anda akan melihat pesan sukses seperti di bawah ini. Tekan Done untuk melanjutkan proses mendaftar akun Yahoo.
    Berhasil membuat email Yahoo
  7. Anda akan melihat laman utama Yahoo seperti berikut ini. Tekan menu Mail di pojok kanan atas untuk masuk ke email Yahoo Anda.
    Halaman utama Yahoo
  8. Berikut tampilan awal email Yahoo Anda.
    Halaman utama Yahoo Mail (Ymail)

Anda telah selesai membuat email Yahoo. Sekarang, Anda dapat mulai menggunakan email Yahoo tersebut untuk berkirim pesan atau untuk keperluan lainnya. Untuk mengakses email Yahoo di browser atau perangkat lain, Anda bisa membuka halaman Yahoo Mail.

Baca juga:  Cara Unsend Email di Gmail, Outlook, dan Yahoo Mail

Agar dapat memanfaatkan fitur di Yahoo Mail secara maksimal, kami menyarankan Anda untuk membaca artikel berikut ini:

Cara Membuat Akun Email Microsoft (Outlook/ Hotmail)

Di samping Gmail dan Yahoo Mail, terdapat 1 email service provider lainnya yang cukup kondang yakni Microsoft. Layanan email yang disediakan Microsoft dahulu dikenal dengan nama Hotmail, namun sekarang telah disatukan dengan Outlook. Karena itu, email Hotmail sekarang lebih dikenal dengan nama email Outlook.

Sebenarnya terdapat beberapa alternatif cara untuk mendaftar email Microsoft, antara lain lewat Outlook dan MSN. Selain itu, Anda dapat juga memperoleh email Microsoft (Outlook) dengan membuat akun Microsoft. Dengan membuat akun Microsoft, Anda secara otomatis akan memperoleh email Hotmail/ Outlook.

Kali ini, kita akan menggunakan MSN untuk membuat email Hotmail/ Outlook. Dengan membuat email Hotmail lewat MSN, Anda dapat memilih email yang country-spesific (khusus negara tertentu) misalnya @outlook.co.id, @outlook.jp, dan lain sebagainya.

Catatan: Cara untuk membuat akun Outlook tidak berbeda jauh antara di HP dan komputer/ laptop. Karena itu, Anda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini baik di HP maupun di PC.

Berikut ini cara membuat email Microsoft (Outlook/ Hotmail) lewat MSN:

  1. Buka laman MSN pada link berikut ini. Klik tombol gir di pojok kanan atas (angka 1), kemudian ganti bahasanya sesuai domain negara yang Anda inginkan. Contohnya, jika Anda menginginkan @outlook.co.id berarti pilih bahasa Indonesia. Dalam contoh ini, kami akan memilih negara Australia (tidak ditampilkan dalam gambar di bawah) untuk memperoleh email dengan domain @outlook.com.au. Selanjutnya, tekan tombol Sign in (angka 2).
    Halaman utama MSN - Sebelum membuat email
  2. Pilih Create one! untuk membuat akun Microsoft baru.
    Cara membuat email Microsoft baru
  3. Di halaman selanjutnya, pilih opsi Get a new email address untuk membuat email Outlook baru.
    Cara membuat email Microsoft baru (2)
  4. Isikan alamat email sesuai keinginan Anda. Selanjutnya, pilih salah satu nama domain yang Anda inginkan dengan mengklik tanda panah bawah di samping @outlook.com. Pada contoh ini, kami memilih ekstensi domain @outlook.com.au. Klik Next jika Anda telah selesai memilih.
    Membuat email Microsoft - Memilih alamat email
  5. Selanjutnya, ketik password yang Anda inginkan untuk akun baru Anda. Terdapat 2 opsi tambahan di bawah ini yang bisa Anda centang:
    1. Show password: Untuk menampilkan password Anda.
    2. I would like information, tips, and offers about Microsoft product and services: Centang bila Anda ingin menerima promosi dari Microsoft di email Anda.
      Membuat email Microsoft - Membuat password
  6. Tekan Next untuk melanjutkan proses pembuatan email Microsoft.
  7. Isikan nama depan Anda di kolom atas dan nama belakang Anda di kolom bawah, kemudian klik Next.
    Mendaftar akun Outlook - Isi nama
  8. Di halaman selanjutnya, Anda diminta mengisi tambahan informasi berupa negara dan tanggal lahir Anda. Setelah selesai mengisi data tersebut, tekan Next.
    Mendaftar akun Outlook - Isi data diri
  9. Selanjutnya, Anda akan melalui proses pengecekan oleh Microsoft. Ada 2 kemungkinan jenis pengecekan, yaitu puzzle dan captcha. Jika Anda melihat gambar berikut ini, berarti Anda mendapat tipe puzzle. Klik Next untuk melanjutkan prosesnya. Jika Anda mendapat captcha, silakan melompat ke langkah nomor 11.
    Captcha puzzle email Hotmail
  10. Cara menyelesaikan puzzle adalah dengan memutar gambar agar berada dalam posisi tegak (lihat contoh di bawah ini). Anda bisa memutar gambar tersebut dengan mengklik tombol di sebelah kiri dan kanan gambar. Tekan Done jika Anda sudah selesai.
    Captcha puzzle email Outlook
  11. Bila Anda memperoleh captcha seperti gambar berikut ini, isikan huruf-huruf sesuai yang terdapat di gambar. Klik New untuk mengganti captcha dengan gambar lainnya. Jika Anda kesulitan dengan captcha berupa gambar, Anda dapat memilih captcha berupa suara dengan mengklik Audio. Setelah selesai mengisi captcha, klik Next.
    Membuat akun Hotmail - Captcha text
  12. Selanjutnya, Anda akan diminta memilih apakah Anda ingin tetap sign-in atau tidak. Jika Anda mengklik Yes, Anda tidak perlu mengisikan email dan password untuk masuk ke email Microsoft (Outlook) setiap Anda menutup browser atau merestart komputer Anda.
    Membuat email Hotmail - Opsi sign in
  13. Anda akan melihat laman utama MSN. Tekan ikon Outlook untuk masuk ke akun email Outlook Anda. Anda juga bisa masuk ke Outlook dengan mengetikkan outlook.live.com/mail di browser Anda kemudian tekan Enter.
    Pilih menu Outlook
  14. Berikut tampilan awal email Microsoft (Outlook) Anda.
    Halaman awal email Outlook

Selamat! Anda telah berhasil membuat email Microsoft (Outlook) baru. Anda bisa membuka laman Outlook ini bila sewaktu-waktu Anda ingin mengecek inbox email Outlook Anda atau ingin sign-in di perangkat lainnya.

Baca juga:  2 Cara Cepat Membuat Akun Microsoft

Setelah membuat email Outlook, Anda dapat mulai berkirim pesan dan mengutak-atik berbagai fitur yang disediakan Outlook. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar Outlook, Anda bisa membaca artikel-artikel berikut ini:

Penutup

Setelah membuat email, Anda dapat mulai berkirim pesan atau memanfaatkan email sebagai sarana promosi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan email tersebut untuk mendaftar di berbagai website atau game online.

Sekian artikel mengenai cara membuat email di Gmail, Ymail, dan Outlook. Kami berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat email, Anda dapat bertanya lewat kolom komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments