Cara Membuat Google Form: Panduan Lengkap (+Gambar)

14 min read

Cara Membuat Google Form

Selain search engine, Google juga memiliki berbagai layanan yang dapat kita gunakan secara gratis. Beberapa contohnya adalah Google Docs, Google Sheets, dan Google Form. Berbagai tools tersebut dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Bila Anda ingin membuat survei atau kuis, Anda dapat menggunakan Google Form. Untuk mengetahui cara membuat Google Form, silakan simak artikel berikut ini. Dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui cara membuat Google Form dari awal hingga akhir, mulai dari apa itu Google Form hingga cara mencetak hasil Google Form. Anda dapat menerapkan cara ini di HP maupun komputer Anda.

Apa Itu Google Form (Google Formulir)?

Apa Itu Google Form

Google Form (atau dikenal dengan Google Formulir dalam bahasa Indonesia) adalah alat yang berfungsi untuk membuat survei secara online. Google Form pertama kali diluncurkan tanggal 6 Februari 2008, yang berarti lebih dari 12 tahun yang lalu. Google Form termasuk dalam Google Drive office suite yang di dalamnya juga berisi Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Meski bernama Google Form (atau Google Formulir dalam bahasa Indonesia), Google Form tidak hanya mampu membuat survei atau formulir. Google Form dapat digunakan untuk membuat soal, kuis, atau bahkan pendaftaran lamaran kerja secara online.

Sebagai salah satu alat pembuat survei, Google Form mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Terdapat paling tidak 3 kelebihan Google Form yang membuatnya digunakan jutaan orang di dunia. Pertama, Google Form mempunyai tampilan yang mudah dipahami sehingga dapat dipakai oleh pengguna awam sekalipun. Kedua, Google Form terintegrasi dengan Google Sheets. Dengan demikian, Anda bisa menganalisis data yang diperoleh di Google Form menggunakan Google Sheets. Ketiga, Google Form dapat diembed di website/ blog sehingga memudahkan webmaster untuk membuat survei di website/ blog mereka.

Di samping kelebihan di atas, Google Form juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang menonjol adalah desain yang sangat terbatas dan opsi kustomisasi yang kurang. Namun, hal ini dapat dimaklumi mengingat Google Form bersifat gratis.

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form

Cara membuat Google Form sebenarnya cukup simpel. Untuk membuat Google Form, Anda wajib mempunyai akun Google. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara membuat akun Google terlebih dahulu. Jika Anda sudah mempunyai akun Google, Anda dapat langsung melihat cara membuat Google Form.

Cara Membuat Akun Google

Untuk membuat akun Google, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman ini di browser Anda untuk memulai pembuatan akun Google. Isikan data-data pribadi Anda. Anda sebaiknya membuat password yang kuat (terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol) namun bisa diingat. Setelah selesai, klik Next untuk melanjutkan.
    Isi data akun Google halaman 1
  2. Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta mengisi beberapa hal. Data yang wajib Anda isi adalah tanggal lahir dan jenis kelamin (gender). Tekan Next bila sudah selesai.
    Isi data akun Google halaman 2
  3. Jika Anda mengisikan nomor HP, Anda akan dibawa ke halaman berikut ini (bila Anda tidak mengisi nomor HP, Anda bisa langsung menuju langkah 4). Di sini, Google akan mengirimkan kode ke nomor Anda untuk mengkonfirmasi bahwa nomor HP tersebut benar milik Anda. Klik Send untuk mengirimkan kode tersebut.
    Kirim kode konfirmasi HP akun Google
    Buka SMS di HP Anda kemudian masukkan kode 6 digit yang dikirimkan (tanpa menggunakan huruf G) lalu klik Verify.
    Verifikasi HP akun Google
    Anda akan melihat halaman di bawah ini. Klik Yes, I’m in agar Anda bisa mendapatkan pesan, video call, dan iklan di nomor HP Anda. Bila Anda tidak menginginkannya, Anda bisa mengklik Skip.
    Opsi HP akun Google
  4. Anda akan dibawa ke halaman Privacy and Terms yang berisi informasi tentang data yang akan dikumpulkan oleh Google dan bagaimana Google menggunakan data tersebut. Scroll ke bawah kemudian tekan I Agree.
    Privacy and Terms Google
  5. Anda telah berhasil membuat akun Google. Berikut ini tampilan awal akun Google Anda.
    Halaman awal akun Google

Silakan ikuti langkah selanjutnya untuk membuat Google Form (Google Formulir).

Cara Membuat Google Form

Jika Anda sudah mempunyai akun Google, silakan login terlebih dahulu ke akun Anda. Kemudian, ikuti cara di bawah ini untuk mengetahui cara membuat Google Form (Google Formulir):

  1. Buka halaman berikut untuk memulai pembuatan Google Forms. Klik Blank (kotak merah) untuk membuat form baru. Anda bisa juga memilih salah satu template yang sudah disediakan dengan cara klik Template Gallery (kotak biru muda) kemudian pilih template yang diinginkan.
    Cara membuat Google Form blank
  2. Bila Anda memilih Blank, Anda akan melihat tampilan awal Google Form seperti di bawah ini.
    Cara membuat Google Form
  3. Pertama-tama, beri judul dari Google Form Anda dengan cara menghapus tulisan “Untitled Form” (kotak merah) dan ganti sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa menambahkan deskripsi form pada kolom Form Description di bawahnya (kotak biru).
    Membuat Google Form - mengganti judul dan deskripsi
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat pertanyaan untuk form. Buat pertanyaan Anda dengan menghapus tulisan “Untitled Question” dan tuliskan pertanyaan Anda.
    Membuat Google Form - Ganti judul pertanyaan
  5. Anda dapat menambahkan deskripsi dengan mengklik tombol titik tiga di pojok kanan bawah pertanyaan, kemudian pada bagian Show pilih Description.
    Menambahkan deskripsi pertanyaan Google Form
  6. Ketikkan deskripsi pertanyaan Anda pada kolom Description.
    Menulis deskripsi pertanyaan
  7. Anda bisa mengganti jenis pertanyaan dengan mengklik Multiple choice, kemudian pilih salah satu jenis pertanyaan yang Anda inginkan. Anda dapat membaca perbedaan jenis pertanyaan Google Form pada bagian ini. Pada tutorial ini, kami akan menggunakan jenis Multiple choice. Hal ini berarti jawaban akan diberikan dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice).
    Membuat Google Form - mengganti jenis pertanyaan
  8. Untuk menambahkan gambar ke pertanyaan, Anda bisa mengklik tombol Add image (lingkaran merah).
    Cara membuat Google Form - Menambahkan gambar ke pertanyaan
  9. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela baru untuk menambahkan gambar.
    Pilihan menambahkan gambar
    Terdapat 5 pilihan cara yang bisa Anda pilih:
    1. Upload: menambahkan gambar dari file di komputer Anda
    2. Camera: menambahkan gambar dari kamera (misal webcam)
    3. By URL: menambahkan gambar dari URL tertentu
    4. Photos: menambahkan gambar dari akun Google Photos
    5. Google Image Search: mencari gambar di Google Image
  10. Anda dapat mengubah pengaturan gambar dengan mengklik tombol titik tiga pada gambar (lingkaran merah). Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa opsi. Untuk mengganti perataan gambar, pilih jenis perataan yang Anda inginkan (left align, centre align, atau right align). Pilih Change bila Anda ingin mengganti gambar dengan gambar yang lain. Pilih Remove jika Anda ingin menghapus gambar tersebut. Untuk menambahkan deskripsi gambar, pilih Add a caption.
    Cara membuat Google Form - Mengatur gambar
  11. Tambahkan opsi jawaban dengan mengetik pada bagian Option 1 (kotak merah). Caranya, hapus tulisan Option 1 kemudian ganti sesuai opsi jawaban Anda. Untuk menambahkan opsi selanjutnya, ketik pada bagian Add option (kotak biru). Anda dapat pula mengklik Add “Other” untuk menambahkan opsi jawaban sembarang (responden bebas mengisikan jawaban).
    Menambah opsi jawaban Google Form
  12. Jika Anda ingin menambahkan gambar di setiap opsi jawaban, klik Add Image. Kemudian, pilih cara menambahkan gambar (seperti di langkah nomor 8 sebelumnya).
    Menambahkan gambar di opsi jawaban
  13. Klik salah satu menu di sebelah kanan untuk menambahkan sesuatu ke form Anda:
    Cara membuat Google Form - Menu
    1. Add question: menambahkan pertanyaan baru ke form.
    2. Import questions: untuk mengimpor pertanyaan dari form yang sudah pernah Anda buat sebelumnya.
    3. Add title and descriptions: menambahkan judul beserta deskripsi ke dalam form.
    4. Add image: menambahkan gambar ke dalam form.
    5. Add video: menambahkan video ke dalam form.
    6. Add section: menambahkan bagian (section) baru di form Anda. Hal ini berguna bila Anda ingin mengelompokkan pertanyaan Anda. Misalnya, bagian pertama berisi pertanyaan seputar identitas, bagian kedua berisi pertanyaan seputar pekerjaan, dan seterusnya.
  14. Ulangi langkah 4-13 sesuai keperluan.
  15. Untuk mengkustomisasi form, klik tombol Customise theme (lingkaran merah) yang berbentuk palet. Pada panel yang muncul di sebelah kanan layar, Anda bisa menambahkan gambar untuk header, mengubah warna tema dan latar belakang, serta mengganti jenis huruf di form.
    Cara membuat Google Form - Customise theme
  16. Tekan tombol Preview bila Anda ingin melihat tampilan form Anda sebelum dibagikan ke orang lain.
    Cara membuat Google Form - Preview

Setelah selesai membuat form, langkah selanjutnya adalah membagikan (share) Google Form ke orang lain. Anda dapat menuju bagian ini untuk mengetahui cara share Google Form.

Catatan: Google Form akan disimpan secara otomatis setiap kali Anda membuat perubahan. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyimpan Google Form secara manual.

Jenis Pertanyaan di Google Form

Short answer

Jenis pertanyaan Google Form short answer

Jawaban yang diperoleh akan berupa uraian singkat. Tipe ini cocok untuk mengumpulkan data yang singkat, seperti nama, umur, atau alamat email. Anda dapat membuat aturan dalam mengisi kolom jawaban menggunakan response validation. Fitur ini cocok untuk kolom yang membutuhkan jawaban dalam format/ aturan tertentu, contohnya adalah alamat email.

Baca juga:  Cara Membuat Email Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook

Untuk menambah aturan pengisian jawaban, klik tombol titik tiga yang terletak di kanan bawah tiap pertanyaan. Pilih Response validation.

Menambahkan response validation di Google Form

Selanjutnya, Anda dapat mengatur syarat pengisian jawaban sesuai keinginan Anda.

Mengubah aturan pengisian jawaban Google Form

Paragraph

Jenis pertanyaan paragraph

Responden perlu mengisikan jawaban berupa uraian panjang di tipe paragraph ini. Jenis ini cocok untuk jawaban yang membutuhkan uraian berupa paragraf, seperti kritik, saran, dan semacamnya. Seperti pada short answer, Anda dapat menambahkan aturan pengisian jawaban menggunakan Response Validation pada tipe paragraph ini.

Multiple choice

Jenis pertanyaan multiple choice

Multiple choice merupakan bentuk pertanyaan pilihan ganda. Responden perlu memilih salah satu dari opsi yang ada. Anda juga bisa memberikan opsi “Other” sehingga responden dapat mengisikan jawaban lain yang tidak ada di opsi. Tipe ini cocok bila Anda ingin membuat soal atau quiz.

Anda juga dapat membuat responden berpindah ke section/ bagian lain dari form sesuai jawaban mereka. Misalnya, bila responden memilih jenis pekerjaan wiraswasta, mereka akan diarahkan ke section/ bagian pertanyaan khusus untuk wiraswasta. Cara melakukan hal tersebut adalah dengan mengklik tombol titik tiga di pojok kanan bawah pertanyaan kemudian pilih Go to section based answer.

Menambahkan Go to section based answer

Selanjutnya, akan muncul menu tambahan di samping tiap opsi jawaban. Pilih salah satu section ke mana responden akan diarahkan bila mereka memilih opsi tersebut.

Memilih section yang ingin dituju

Checkboxes

Jenis pertanyaan checkboxes

Jenis ini mirip dengan jenis multiple choice, di mana terdapat beberapa pilihan opsi jawaban. Bedanya, responden dapat memilih lebih dari 1 opsi jawaban pada tipe checkboxes ini. Anda juga dapat memasukkan opsi “Other” untuk pertanyaan tipe checkboxes ini sehingga responden dapat mengisikan jawaban lain yang tidak ada di opsi.

Mirip dengan jenis paragraph ataupun short answer, Anda dapat menambahkan response validation pada jenis checkboxes ini. Dengan response validation, Anda dapat memilih berapa banyak pilihan yang bisa/ harus dipilih oleh responden, misalnya tiap responden hanya bisa memilih maksimal 3 pilihan.

Drop-down

Jenis pertanyaan drop-down

Pada jenis ini, responden memilih salah satu dari pilihan yang terdapat di menu drop-down. Mirip dengan checkboxes, Anda dapat membuat responden berpindah ke section/ bagian lain sesuai jawaban mereka.

File upload

Jenis pertanyaan file upload

Jenis file upload ini tergolong relatif baru dibanding jenis pertanyaan lainnya. Bila Anda memilih jenis ini, responden perlu mengupload file ke form yang Anda buat. Jenis ini berguna misalnya untuk mengumpulkan foto, resume untuk lamaran pekerjaan, dan lain-lain.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada jenis file upload ini:

  • File yang diupload responden akan masuk ke Google Drive pembuat form.
  • Responden perlu masuk ke akun Google mereka apabila terdapat jenis pertanyaan file upload pada form.
  • Secara default, batas total file yang diupload adalah 1 GB. Hal ini berarti responden tidak bisa lagi mengupload file setelah total file yang diupload berjumlah 1 GB. Anda dapat mengubah setting ini dengan mengklik Change pada This form can accept up to 1 GB of files. Scroll ke bawah lalu cari menu Maximum size of all files uploaded. Ganti ukurannya sesuai keinginan Anda.

Linear scale

Jenis pertanyaan Google Form linear scale

Pada jenis linear scale ini, responden dapat memilih dari skala 0 atau 1 hingga 2-10. Hal ini berguna misalnya untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan nantinya dapat memilih dari skala linear tersebut tergantung tingkat kepuasan mereka. Sebagai tambahan, Anda dapat menambahkan label berupa tulisan atau bahkan emoji di sebelah kiri dan kanan skala.

Multiple-choice grid

Jenis pertanyaan multiple choice grid

Pada dasarnya, Anda dapat menampilkan beberapa pertanyaan sekaligus pada jenis multiple-choice grid ini. Pertanyaan yang ada ditulis dalam Rows, sedangkan jawabannya ditulis dalam Columns.

Jenis ini mungkin agak sedikit membingungkan karena pertanyaan ditampilkan berbeda pada saat diedit dengan saat ditampilkan ke responden. Pada gambar sebelumnya, Anda telah melihat pertanyaan multiple-choice grid pada saat diedit. Berikut ini contoh pertanyaan multiple-choice grid pada saat ditampilkan ke responden.

Contoh pertanyaan multiple choice grid

Sebagai catatan, Anda bisa mengacak urutan pertanyaan pada multiple-choice grid ini. Caranya, klik tombol titik tiga di pojok kanan bawah kemudian pilih Shuffle row order. Bila Anda ingin membatasi agar responden hanya bisa mengisi 1 jawaban tiap kolomnya, pilih Limit to one response per column.

Tick box grid

Jenis pertanyaan tick box grid

Jenis ini pada dasarnya mirip dengan multiple-choice grid di mana pertanyaan dan jawaban ditampilkan dalam bentuk grid. Bedanya, Anda dapat memilih lebih dari 1 jawaban untuk tiap pertanyaan pada tick box grid ini.

Cara untuk menambah pertanyaan dan jawaban pada tick box grid ini mirip dengan multiple-choice grid. Pertanyaan ditulis pada bagian Rows, sedangkan jawaban ditulis pada bagian Columns. Seperti pada multiple-choice grid, Anda bisa membatasi 1 jawaban per pertanyaan (Limit to one response per column) serta mengacak pertanyaan (Shuffle row order).

Date

Jenis pertanyaan date

Jenis pertanyaan ini cocok bila Anda ingin menanyakan suatu tanggal spesifik, misalnya Anda ingin menanyakan tanggal lahir responden. Google Form juga memberi pilihan tambahan untuk menampilkan waktu pada jawaban. Untuk menambahkan waktu, klik tombol titik tiga di kanan bawah pertanyaan, kemudian pilih Include time.

Baca juga:  9 Cara Mengatasi Jaringan Internet Komputer/ Laptop Lemot

Sebagai catatan, format tanggal yang ditampilkan ke responden akan menyesuaikan dengan format tanggal dari akun Google pembuat form (kecuali jika responden login ke akun Google mereka). Misalnya pembuat form menggunakan akun Google Indonesia, maka format tanggalnya akan berupa DD/MM/YYYY.

Time

Jenis pertanyaan time

Terdapat 2 jenis jawaban dalam tipe time ini. Tipe pertama adalah time (waktu). Tipe ini cocok bila Anda ingin menanyakan waktu, misalnya pukul berapa responden berangkat kerja setiap harinya. Selain waktu, Google Form juga menyediakan tipe jawaban kedua duration (durasi). Jawaban berupa durasi dapat digunakan misalnya untuk bertanya berapa lama jam kerja responden.

Secara default, tipe jawaban adalah time. Untuk mengganti tipe jawaban menjadi durasi, klik tombol titik tiga di pojok kanan bawah, kemudian pada bagian Answer type pilih Duration.

Cara Share Google Form

Setelah membahas mengenai cara membuat Google Form, Anda tentunya perlu membagikan (share) Google Form tersebut kepada responden. Selain itu, Google Form juga menyediakan fitur untuk menambah Collaborator. Collaborator merupakan orang yang dapat mengedit maupun membagikan form seperti layaknya pemilik form. Hal ini berguna ketika Anda bekerja dalam tim atau membutuhkan feedback/ revisi dari orang lain. Untuk menambah collaborator ataupun membagikan form kepada responden, Anda dapat mengikuti cara berikut ini.

Menambah Collaborator

Untuk menambah collaborator, klik tombol titik tiga di sebelah kanan atas kemudian pilih Add collaborators

Menambah collaborator di Google Form

Anda akan melihat jendela baru. Terdapat 2 cara untuk menambah collaborator. Pertama, Anda bisa mengetikkan email orang yang ingin ditambahkan di kolom Add editors. Nantinya, orang tersebut akan menerima undangan untuk mengedit lewat email mereka.

Cara pertama menambah collaborator

Cara kedua adalah dengan membagikan link kepada orang lain. Orang yang mempunyai link tersebut dapat mengedit Google Form Anda. Untuk melakukannya, klik tombol Change pada bagian Get link.

Cara kedua menambah collaborator - Langkah 1

Klik tanda segitiga terbalik pada tulisan Restricted, kemudian pilih Anyone with the link. Selanjutnya, klik tombol Copy link untuk mengkopi link tersebut.

Cara kedua menambah collaborator - Langkah 2
Catatan: Jangan membagikan link tersebut kepada responden. Berikan link tersebut hanya kepada orang yang Anda beri izin untuk mengedit form.

Mengecek Form Sharing Settings

Sebelum Anda membagikan form kepada responden, ada baiknya Anda mengecek pengaturan form terlebih dahulu. Untuk membuka form sharing settings, klik tombol Settings yang berbentuk roda gerigi di sebelah kanan atas.

Tombol Settings Google Form

Terdapat 3 tab utama pada form sharing settings ini:

  • General
    Form Sharing Settings - General
    Pada tab ini, terdapat beberapa opsi seperti opsi untuk mengumpulkan alamat email responden (Collect email addresses), membatasi 1 jawaban per responden (Limit to 1 response), serta batas total file yang diupload responden (Maximum size of all files uploaded).
    Selain itu, terdapat pula opsi yang mengizinkan responden untuk mengedit jawabannya setelah dikumpulkan (Edit after submit). Responden juga dapat diizinkan untuk melihat hasil dari pengumpulan data secara umum (See summary charts and text responses).
  • Presentation
    Form Sharing Settings - Presentation
    Pada tab Presentation, Anda bisa memilih untuk menampilkan progress bar (Show progress bar) yang membantu responden mengetahui seberapa jauh mereka sudah mengisi form. Di samping itu, Anda juga dapat mengacak urutan pertanyaan (Shuffle question order). Opsi ketiga (Show link to submit another response) secara default akan tercentang. Hal ini berarti setelah responden selesai mengisi form, mereka akan diberikan link untuk mengisi form yang sama.
  • Quizzes
    Form Sharing Settings - Quizzes
    Bila Anda mengaktifkan opsi Make this a quiz, Google Form akan secara otomatis memberi bobot nilai untuk tiap pertanyaan. Opsi ini cocok bila Anda ingin membuat quiz atau ujian menggunakan Google Form.

Membagikan Form Secara Online

Setelah membuat Google Form, kita tentunya perlu membagikan form tersebut untuk diisi oleh responden. Anda dapat membagikan form tersebut baik secara online maupun offline (dicetak). Bila Anda ingin membagikan form secara online, klik tombol Send yang ada di sebelah kanan atas.

Tombol Send Google Form

Pada bagian Send via, Anda dapat melihat 3 tab yang berisi 3 cara yang bisa Anda pilih untuk mengirimkan form secara online.

  1. Share Google Form via email
    Share Google Form via email
    Jika Anda ingin mengirimkan Google Form lewat email, pilih tab dengan gambar email (tab paling kiri). Anda perlu menuliskan alamat email (To), judul email (Subject), serta deskripsi email (Message). Terdapat opsi tambahan berupa pilihan untuk menyertakan form di dalam email (Include form in email). Dengan opsi ini, responden dapat langsung mengisi form dari email mereka tanpa harus membuka form yang sesungguhnya. Namun, perlu diingat bahwa opsi tambahan ini hanya bisa digunakan di Gmail.
  2. Share Google Form dengan link
    Share Google Form via link
    Untuk mengirim Google Form dalam bentuk link, Anda hanya perlu membuka tab kedua (tab dengan gambar link) dan mengkopi link yang ada. Anda dapat pula mencentang opsi Shorten URL untuk mendapatkan URL yang lebih singkat.
  3. Embed Google Form
    Embed Google Form
    Tab ketiga merupakan tab untuk embed form. Anda nantinya dapat meng-embed atau menambahkan form tersebut di website atau blog Anda. Google Form juga menyediakan pilihan untuk mengatur lebar (width) dan tinggi (height) dari form. Perlu diingat bahwa opsi Embed ini tidak bisa digunakan bila ada pertanyaan berbentuk file upload.

Membagikan Form Secara Offline (Cara Print Google Form)

Anda dapat pula menyebarkan form secara offline dengan cara mengeprint Google Form tersebut. Anda hanya perlu mengklik tombol titik tiga di sebelah kanan atas lalu pilih Print. Anda dapat langsung mengeprint Google Form tersebut atau menyimpannya dalam bentuk pdf untuk diprint di lain waktu.

Print Google Form

Perlu diketahui bahwa tampilan Google Form yang diprint agak sedikit berbeda dengan versi online. Contohnya, jenis pertanyaan multiple choice dan mutiple-choice grid opsinya akan berubah menjadi bentuk oval. Berikut contoh tampilan Google Form yang dicetak.

Hasil Google Form cetak

Cara Edit Google Form yang Sudah Dibuat

Jika Anda sudah membuat Google Form dan ingin mengeditnya kembali, Anda hanya perlu membuka kembali link Google Form tersebut dengan menggunakan akun Google Anda. Anda juga bisa membuka laman ini dan pilih Google Form yang Anda ingin untuk edit.

Cara Melihat Hasil Google Form

Setelah mengumpulkan jawaban dari responden, langkah selanjutnya adalah melihat hasil Google Form tersebut. Untuk melihat hasil Google Form, Anda dapat membuka tab Response.

Buka tab Responses

Di sana, Anda dapat melihat jawaban yang diisikan oleh responden. Terdapat 3 pilihan mode untuk melihat jawaban, yaitu Summary, Question, dan Individual.

  • Summary
    Tab Summary Google Form
    Pada mode Summary ini, Anda dapat melihat seluruh jawaban responden sekaligus. Jawaban tersebut akan ditampilkan dalam bentuk grafik sesuai dengan jenis pertanyaannya. Sebagai contoh, jawaban dari pertanyaan multiple choice akan ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran (pie chart). Sementara itu, jawaban dari pertanyaan checkboxes ditampilkan dalam bentuk diagram batang (bar chart).
  • Question
    Tab Question Google Form
    Anda dapat pula melihat jawaban untuk tiap pertanyaan menggunakan tab Question. Di tab ini, Anda dapat melihat dengan lebih detail tiap pertanyaan, misalnya berapa banyak responden yang memilih opsi tertentu. Untuk mengganti pertanyaan, klik tanda segitiga terbalik (kotak merah) atau gunakan tombol Previous Question dan Next Question (kotak biru).
  • Individual
    Tab Individual Google Form
    Anda juga dapat melihat jawaban per orang lewat tab Individual. Untuk melihat jawaban responden selanjutnya atau sebelumnya, klik tombol Previous Response dan Next Response (kotak merah). Selain itu, Anda juga dapat mencetak jawaban salah satu responden dengan mengklik Print Response (angka 1). Untuk menghapus jawaban salah satu responden, klik tombol Delete Response (angka 2).
Baca juga:  2 Cara Cepat Membuat Akun Microsoft

Cara Export Google Form ke Excel

Cara lain untuk melihat hasil Google Form adalah dengan cara meng-export hasil Google Form ke Excel. Dengan demikian, Anda dapat mengolah data tersebut lebih lanjut di Excel.

Terdapat 2 cara untuk export Google Form ke Excel. Pertama, Anda dapat meng-export Google Form secara online sehingga Anda bisa mengeditnya di Google Sheets. Nantinya, Anda juga dapat mendownload file Google Sheets tersebut untuk diedit lebih lanjut di Excel. Cara kedua adalah mendownload hasil Google Form dalam format .csv secara langsung agar bisa diolah di Excel secara offline.

Cara Export Google Form ke Google Sheets

Untuk meng-export ke Google Sheets, klik tanda titik tiga yang berada di bawah tombol Send.

Tombol titik tiga Responses

Pilih Select response destination.

Export Google Form ke Google Sheets

Pada jendela baru ini, Anda akan diberi 2 pilihan. Pada pilihan pertama (Create a new spreadsheet), Anda bisa membuat spreadsheet baru untuk Google Form tersebut. Pada pilihan kedua (Select existing spreadsheet), Anda dapat meng-export Google Form tersebut ke spreadsheet yang sudah Anda buat sebelumnya. Setelah menentukan pilihan, klik Create.

Memilih spreadsheet baru atau lama

Selanjutnya, klik tombol View responses in Sheets untuk melihat hasilnya di Google Sheets.

Melihat Google Form di Google Sheets

Selanjutnya, Anda dapat mengedit secara langsung di Google Sheets atau mendownload filenya untuk diedit lebih lanjut di Excel. Untuk mendownload Google Sheets dalam bentuk Excel (.xlsx), buka Google Sheets kemudian klik File > Download > Microsoft Excel (.xlsx)

Download Google Sheets ke Excel
Tips: Anda dapat menyimpan beberapa Google Form dalam 1 spreadsheet. Nantinya tiap Google Form akan disimpan di sheet yang terpisah.

Salah satu kelebihan menyimpan ke dalam Google Sheets dibandingkan mendownload dalam bentuk .csv adalah Google Sheets diupdate secara real-time. Bila Anda mengubah judul pertanyaan, mereka akan diupdate dengan segera di Google Sheets. Bila salah seorang responden mengisi Google Form Anda, jawaban mereka akan segera masuk ke Google Sheets segera setelah responden mengklik Submit.

Catatan: Anda dapat mengubah judul maupun opsi pertanyaan kapanpun. Namun, hal ini tidak akan mengubah jawaban yang sudah masuk sebelumnya.

Perlu dicatat bahwa Google Form tetap menyimpan seluruh data yang masuk (terlepas dari Google Sheets). Jadi, apabila Anda secara tidak sengaja menghapus data di Google Sheets, Anda dapat mengembalikan data tersebut dengan cara berikut.

  1. Klik Form > Unlink Form di Google Sheets.
  2. Selanjutnya, tautkan kembali Google Form ke Google Sheets dengan cara klik tanda titik tiga, kemudian pilih Select response destination dan pilih Select existing spreadsheet.
  3. Pilih Google Sheets yang sudah dibuat sebelumnya tadi.

Sekarang, data yang terhapus tadi sudah kembali seperti semula.

Cara Export Google Form ke Excel (Offline)

Bila Anda memilih untuk meng-export Google Form ke Excel, klik tanda titik tiga yang berada di bawah tombol Send. Pilih Download responses (.csv).

Export Google Form ke Excel

File .csv tersebut akan disimpan di komputer. Anda bisa membuka file .csv tersebut menggunakan Microsoft Excel atau aplikasi pengolah spreadsheet lainnya.

Cara Mencetak Hasil Google Form

Catatan: Perlu diingat bahwa print yang dimaksud di sini adalah print jawaban dari Google Form. Untuk melihat cara print Google Form, Anda dapat melihat bagian ini.

Selain di-export ke Excel, Anda dapat juga mencetak hasil Google Form. Dengan demikian, Anda dapat mengolah hasilnya secara offline. Untuk mencetak hasil Google Form, pilih tab Responses. Klik tanda titik tiga kemudian pilih Print all responses.

Cara print Google Form

Perlu dicatat bahwa hasil yang dicetak di sini adalah hasil tiap responden (Individual), bukan hasil secara keseluruhan (Summary). Dengan demikian, ada kemungkinan jumlah kertas yang dibutuhkan cukup banyak. Apabila Anda ingin mencetak hasil secara keseluruhan, Anda dapat mengolah hasil Google Form menjadi grafik di Google Sheets atau Excel dan kemudian dicetak.

Tips: Anda juga bisa menyimpan hasil Google Form dalam bentuk pdf. Caranya, pilih Microsoft Print to PDF pada jenis printer, kemudian klik Print. Pilih lokasi penyimpanan file pdf tersebut. Google Form Anda sudah berhasil disimpan dalam bentuk pdf.

Cara Menutup Akses Google Form

Bila Anda telah selesai mengumpulkan jawaban, ada baiknya Anda menutup akses Google Form. Dengan menutup akses, Google Form tidak bisa lagi diisi oleh responden. Bila Anda berubah pikiran atau ingin menambah jumlah responden di kemudian hari, Anda dapat kembali membuka akses Google Form.

Untuk menutup akses Google Form, pilih tab Responses. Selanjutnya, geser slidebar pada bagian Accepting responses (kotak biru) ke kiri.

Cara menutup akses Google Form

Anda dapat menambahkan pesan bahwa Google Form sudah ditutup pada bagian Message for respondents. Responden yang mencoba mengisi Google Form Anda akan melihat pesan tersebut.

Apabila Anda ingin membuka kembali akses Google Form, Anda tinggal menggeser slidebar Not accepting responses kembali ke kanan.

FAQ Seputar Cara Membuat Google Form

Bagaimana cara menghapus atau mengkopi pertanyaan di Google Form?

Klik salah satu pertanyaan yang ingin dikopi/ dihapus. Untuk mengkopi pertanyaan, klik tombol Duplicate (angka 1). Pertanyaan hasil kopi akan terletak di bawah pertanyaan asli. Untuk menghapus, tekan tombol Delete (angka 2) yang berbentuk tempat sampah. Menghapus atau mengkopi pertanyaan Google Form

Bagaimana cara mengubah urutan pertanyaan di Google Form?

Klik dan tahan tanda titik enam (kotak merah) di atas tiap pertanyaan hingga kursor Anda berubah menjadi semacam tanda plus dan pertanyaan tampak lebih transparan. Tahan klik dan geser pertanyaan tersebut ke tempat yang Anda inginkan.Cara mengubah urutan pertanyaan Google Form

Bagaimana cara menghapus atau mengubah urutan opsi jawaban?

Klik dan tahan tanda titik enam (kotak merah) yang berada di sebelah kiri dari opsi jawaban hingga kursor Anda berubah menjadi semacam tanda plus dan opsi jawaban tampak lebih transparan. Tahan klik dan geser opsi jawaban tersebut ke tempat sesuai keinginan Anda. Cara mengubah urutan opsi Google Form

Bagaimana cara membuat pertanyaan agar wajib dijawab di Google Form?

Google Form menyediakan opsi agar pertanyaan bersifat wajib (mandatory) bagi responden. Hal ini berarti responden harus menjawab pertanyaan tersebut agar bisa men-submit formnya. Cara untuk melakukannya adalah dengan menggeser tombol Required ke kanan seperti pada gambar di bawah ini.Menjadikan pertanyaan wajib dijawab di Google Form

Bagaimana cara menyimpan Google Form yang sudah dibuat?

Google Form akan secara otomatis menyimpan setiap perubahan yang Anda buat ketika mengedit form. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menyimpannya secara manual.

Kesimpulan

Sekian artikel mengenai cara membuat Google Form. Artikel ini akan terus diperbaharui seiring update terbaru Google Form. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau ingin request artikel seputar Google Form, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini ke teman atau keluarga Anda.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments