2 Cara Membuat Shortcut Control Panel di Desktop Windows

3 min read

Cara membuat shortcut Control Panel di desktop Windows

Control Panel mempunyai fungsi yang vital dalam sistem operasi Windows. Dengan Control Panel, Anda dapat mengatur berbagai setting di dalam Windows, mulai dari pengaturan internet, akun Windows, uninstall program di Windows, dan masih banyak lagi. Pentingnya fungsi Control Panel membuat Anda perlu mengetahui cara mengakses Control Panel. Salah satu cara mengakses Control Panel dengan mudah adalah dengan membuat shortcut Control Panel di desktop Windows Anda. Dengan membuat shortcut Control Panel di desktop, Anda dapat mengakses Control Panel hanya dengan dobel klik saja.

Terdapat 2 cara membuat shorcut Control Panel yang bisa Anda pilih. Berikut ini kedua cara tersebut.

Cara 1: Membuat Shortcut Control Panel dari Start Menu

Cara paling mudah untuk menambahkan shortcut control panel di desktop Windows adalah dengan menyeret (drag and drop) ikon Control Panel dari Start Menu. Berikut ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Tekan tombol Start di pojok kanan bawah desktop Anda.
    Membuat shortcut Control Panel - Tombol Start
  2. Scroll ke bawah kemudian cari folder klik folder Windows System.
    Membuat shortcut Control Panel - Folder Windows System
  3. Seret ikon Control Panel ke desktop.
    Membuat shortcut Control Panel di Desktop Windows
  4. Shortcut Control Panel akan terbentuk secara otomatis di desktop Anda.
    Hasil shortcut Control Panel di Desktop

Setelah itu, Anda dapat langsung mengakses Control Panel langsung dari desktop. Cukup mudah bukan?

Cara 2: Membuat Shortcut Control Panel Langsung dari Desktop

Cara kedua untuk membuat shortcut Control Panel komputer Anda adalah dengan membuat shortcut secara langsung di desktop. Cara membuat shortcut Control Panel secara langsung di desktop adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada area kosong di desktop, kemudian pilih New > Shortcut.
    Klik kanan di Desktop lalu pilih Shortcut
  2. Jendela pembuatan shortcut akan muncul. Pada kolom yang diberi warna merah, ketikkan kode sebagai berikut lalu tekan Next.
    control.exe
    Mengetikkan lokasi shortcut Control Panel
    Catatan: Anda dapat mengubah kode di atas dengan kode lainnya bila Anda ingin membuka Control Panel dengan tampilan tertentu. Anda bisa melihatnya di bagian bawah artikel ini.
  3. Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta memberi nama shortcut tersebut. Anda bisa memberi nama apapun sesuai keinginan Anda. Pada contoh ini, kami memberi nama Control Panel. Setelah itu, tekan Finish untuk menyelesaikan pembuatan shortcut Control Panel.
    Memberi nama shortcut Control Panel

Anda sekarang bisa melihat shortcut untuk Control Panel di desktop Anda. Shortcut ini akan membuka Control Panel sesuai tampilan terakhir yang Anda gunakan. Sebagai contoh, bila Anda terakhir membuka Control Panel dengan tampilan Category, maka shortcut ini juga akan membuka Control Panel dengan tampilan Category.

Jika Anda ingin membuat shortcut Control Panel yang langsung membuka Control Panel dengan tampilan tertentu, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini. Terdapat 3 pilihan tampilan yang bisa Anda pilih, yaitu kategori (Category View), ikon (Icons View), atau All Task View.

2.1 Membuka Control Panel dengan Category View

Category view adalah tampilan Control Panel di mana menu-menu dikelompokkan menjadi 8 kategori utama. Selanjutnya, setiap kategori memiliki beberapa subkategori.

Control Panel - Category View

Keuntungan tampilan berdasarkan kategori ini adalah ringkas dan simpel. Sebagai contoh, bila Anda ingin mencari setting terkait internet maka Anda dapat mengklik kategori Network and Internet.

Untuk membuat shortcut Control Panel dengan tampilan Category, ketikkan kode berikut ini saat membuat shortcut:

explorer.exe shell:::{26EE0668-A00A-44D7-9371-BEB064C98683}
Membuat shortcut Control Panel - Category View

2.2 Membuka Control Panel dengan Icons View

Selain tampilan berdasarkan kategori, Control Panel juga memiliki tampilan berdasarkan ikon (Icons view). Contoh tampilan Icons view adalah seperti gambar di bawah ini.

Control Panel - Icons View

Pada Icons view, menu-menu yang ada di Control Panel ditampilkan dengan detail. Selain itu, Anda juga dapat menemukan menu tertentu dengan lebih mudah karena menu-menu di Icons view diurutkan berdasarkan abjad.

Baca juga:  Cara Unsend Email di Gmail, Outlook, dan Yahoo Mail

Bila Anda ingin membuat shortcut Control Panel yang langsung terbuka dengan tampilan Icons view, Anda dapat mengetikkan kode ini saat membuat shortcut.

explorer.exe shell:::{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}
Membuat shortcut Control Panel - Icons View

2.3 Membuka Control Panel dengan All Task View

Tampilan ketiga Control Panel adalah All Task View atau yang kerap dikenal dengan tampilan God Mode. Meski diberi nama God Mode, tampilan ini tidak membuka fitur ekstra atau fitur tersembunyi di Windows seperti yang dikira oleh sebagian orang.

Control Panel - All Task View

Tampilan ini dikenal dengan God Mode karena menampilkan berbagai menu penting di Windows dalam satu jendela saja. Dengan demikian, Anda bisa mengakses sebagian besar pengaturan di Windows langsung dari tampilan God Mode.

Untuk mengakses tampilan Control Panel yang cukup unik tersebut, Anda dapat mengetikkan kode ini saat membuat shortcut.

explorer.exe shell:::{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}
Membuat shortcut Control Panel - All Task View

Mengganti Ikon Shortcut Control Panel

Setelah membuat shortcut Control Panel menggunakan cara 2.1, 2.2, atau 2.3, Anda akan melihat bahwa ikon shortcut tersebut akan berupa folder seperti gambar di bawah ini.

Ikon Control Panel berbentuk folder

Ikon yang berbentuk folder seperti itu dapat menyulitkan Anda ketika mencari shortcut Control Panel. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengubah ikon tersebut menjadi ikon Control Panel agar tidak membingungkan. Cara mengubahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan shortcut Control Panel yang ingin diubah ikonnya, kemudian pilih Properties.
    Control Panel - klik kanan lalu pilih Properties
  2. Pilih menu Change icon…
    Change icon Control Panel
  3. Ketikkan %windir%\System32\imageres.dll pada kolom yang diberi kotak merah, kemudian tekan OK. Anda akan melihat pilihan ikon baru yang berbeda dari sebelumnya.
    Mengetik lokasi ikon Control Panel
  4. Pilih ikon Control Panel (kotak merah), kemudian tekan OK.
    Mengganti icon Control Panel
  5. Klik Apply kemudian pilih OK untuk menerapkan perubahan ikon Control Panel tersebut.
    Mengubah icon Control Panel - Apply lalu OK

Anda dapat melihat bahwa ikon shortcut Control Panel akan berubah dari yang sebelumnya berupa folder menjadi ikon Control Panel.

Cara mengganti icon shortcut Control Panel

Demikian artikel mengenai cara membuat shortcut Control Panel di desktop Windows. Jika Anda mempunyai kesulitan dalam membuat shortcut Control Panel, silakan bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments