10+ Cara Membuka Control Panel di Windows 10

4 min read

Cara membuka Control Panel di Windows 10

Control Panel dapat disebut sebagai salah satu aplikasi bawaan Windows paling penting. Dengan Control Panel, Anda dapat melihat dan mengubah berbagai pengaturan Windows, jaringan, driver, dan lain-lain. Meski Microsoft berusaha menggantikan Control Panel dengan menu Settings yang lebih modern, namun banyak pengguna merasa lebih familiar dengan Control Panel yang lama.

Mengingat pentingnya fungsi Control Panel, tidak ada salahnya mengetahui cara membuka Control Panel. Seperti pepatah yang berbunyi “banyak jalan menuju Roma”, ada banyak cara untuk membuka Control Panel. Ada sedikitnya 13 cara yang bisa pilih untuk mengakses Control Panel di Windows 10. Berikut ini cara-cara tersebut.

1. Mengakses Control Panel Lewat Search di Windows 10

Salah satu cara paling mudah untuk membuka Control Panel di Windows 10 adalah dengan menggunakan kotak Search. Kotak Search ini terletak di pojok kiri taskbar Windows Anda, tepat di samping tombol Start.

Untuk membuka Control Panel, ketik Control panel di kotak search Windows 10, kemudian pilih Control Panel pada hasil pencarian. Jendela Control Panel akan langsung terbuka. Cara yang sangat simpel bukan?

Cara membuka Control Panel dengan Search

2. Membuka Control Panel Lewat Start Menu

Cara lain untuk mengakses Control Panel adalah lewat Start Menu. Cara melakukannya pun tergolong cukup mudah. Pertama-tama, tekan tombol Start di pojok kiri bawah layar komputer Anda. Kemudian, klik folder Windows System pada Start menu. Setelah itu, klik Control Panel untuk membuka Control Panel di komputer Anda.

Cara membuka Control Panel lewat Start

3. Mengakses Control Panel Lewat Taskbar

Cara ketiga ini masih berkaitan dengan cara sebelumnya, yaitu membuka Control Panel lewat Start Menu. Hal ini dikarenakan Anda perlu terlebih dahulu mem-pin Control Panel lewat menu Start agar Control Panel dapat diaskes lewat taskbar.

Untuk mengakses Control Panel lewat taskbar, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Start di pojok kanan bawah desktop Anda, kemudian pilih folder Windows System.
    Pilih folder Windows System
  2. Klik kanan Control Panel, kemudian pilih menu More > Pin to taskbar.
    Pin Control Panel ke Taskbar
  3. Anda akan melihat Control Panel di taskbar Windows 10. Untuk membuka Control Panel, Anda dapat langsung mengklik ikon Control Panel di taskbar tersebut.
    Cara membuka Control Panel dari Taskbar

Bila Anda ingin menghapus ikon Control Panel dari taskbar, Anda hanya perlu mengklik kanan ikon Control Panel di taskbar, kemudian pilih opsi Unpin from taskbar.

Unpin Control Panel dari Taskbar

4. Membuka Control Panel dengan Shortcut di Desktop

Selain melalui taskbar, Anda juga dapat membuka Control Panel langsung dari desktop dengan cara membuat shortcut Control Panel. Untuk membuat shortcut Control Panel di desktop, Anda dapat membaca artikel kami mengenai 2 cara membuat shortcut Control Panel.

Baca juga:  2 Cara Membuat Akun Gmail (Google) Tanpa Nomor HP

5. Membuka Control Panel dengan Shortcut Keyboard

Ada banyak cara membuka Control Panel, baik dengan keyboard maupun tanpa keyboard. Bila cara sebelumnya tidak menggunakan keyboard, kali ini kita akan menggunakan keyboard untuk mengakses Control Panel.

Supaya Anda dapat mengakses Control Panel menggunakan shortcut keyboard, Anda terlebih dahulu perlu membuat shortcut Control Panel di desktop. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat shortcut keyboard untuk Control Panel:

  1. Klik kanan shortcut Control Panel di desktop dan pilih Properties.
    Menampilkan properties ikon Control Panel
  2. Jendela Properties akan terbuka. Pada kolom Shortcut key, pilih shortcut keyboard yang Anda inginkan untuk Control Panel dengan cara menekan kombinasi tombol yang diinginkan di keyboard. Pada contoh ini, kami memilih shortcut Ctrl + Shift + C untuk Control Panel. Anda perlu memastikan bahwa shortcut tersebut belum digunakan untuk aplikasi lainnya. Sebagai contoh, jangan mengisikan Ctrl + Shift + Esc karena shortcut tersebut sudah digunakan untuk Task Manager.
    Cara membuka Control Panel dengan shortcut keyboard
  3. Klik Apply kemudian pilih OK.

Sekarang, Anda dapat langsung membuka Control Panel hanya dengan menekan shortcut di keyboard. Sangat praktis bukan?

6. Membuka Control Panel Lewat Run

Selain cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mengakses Control Panel lewat Run. Anda dapat mengikuti langkah berikut ini untuk melakukannya:

  1. Ketik Run di kotak Search, kemudian pada hasil pencarian pilih Run. Anda juga dapat membuka Run menggunakan shortcut Windows + R di keyboard Anda.
    Membuka Run lewat Search Windows 10
  2. Ketik control di Run, kemudian tekan Enter di keyboard Anda.
    Cara mengakses Control Panel lewat Run
  3. Jendela Control Panel akan terbuka.

7. Membuka Control Panel dengan Command Prompt

Command Prompt merupakan aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk menjalankan berbagai perintah, mulai dari sekedar membuka folder, mematikan auto update Windows, mematikan User Account Control, hingga memformat hard disk sekalipun.

Baca juga:  4 Cara Mengganti Nama Akun di Windows 10

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba memakai Command Prompt untuk membuka Control Panel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik cmd di kotak Search, kemudian pada hasil pencarian pilih Command Prompt.
    Membuka Command Prompt lewat Search Windows 10
  2. Command Prompt akan terbuka. Ketikkan control panel di Command Prompt kemudian tekan Enter di keyboard Anda.
    Cara membuka Control Panel lewat Command Prompt
  3. Anda akan melihat jendela Control Panel terbuka.

8. Membuka Control Panel Lewat PowerShell

Selain melalui Command Prompt, Anda juga dapat membuka Control Panel lewat Windows PowerShell. Sekilas, PowerShell sangat mirip dengan Command Prompt. Namun, sesungguhnya fungsi dan perintah-perintah yang dipakai cukup berbeda antara keduanya.

Meski berbeda fungsi, namun keduanya dapat digunakan untuk membuka Control Panel. Untuk membuka Control Panel di PowerShell, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  1. Ketik PowerShell di kotak Search, kemudian pilih Windows PowerShell di hasil pencarian yang muncul.
    Membuka Windows PowerShell dengan Search Windows 10
  2. Ketikkan control panel di PowerShell kemudian tekan Enter di keyboard Anda.
    Cara membuka Control Panel lewat PowerShell
  3. Selanjutnya, jendela Control Panel akan terbuka.

9. Mengakses Control Panel Menggunakan File Explorer

Anda pasti sudah pernah menggunakan File Explorer untuk membuka file atau folder tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan File Explorer untuk mengakses Control Panel? Ya, Anda bahkan dapat melakukannya hanya dengan 2 langkah saja.

Berikut ini langkah-langkah membuka Control Panel dengan File Explorer:

  1. Klik kanan tombol Start, kemudian pilih menu File Explorer.
    Klik kanan pada menu Start
  2. Pada address bar, klik tanda panah paling kiri lalu klik Control Panel.
    Cara membuka Control Panel lewat File Explorer

Setelah itu, jendela Control Panel akan terbuka. Anda selanjutnya dapat menggunakan Control Panel untuk mengubah pengaturan PC Anda.

10. Membuka Control Panel Lewat Opsi Show all folders

Selain cara di atas, terdapat cara lainnya untuk membuka Control Panel melalui File Explorer. Kali ini, kita akan mengaktifkan opsi Show all folders agar Control Panel muncul pada panel navigasi (Navigation pane) di sebelah kiri File Explorer.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan tombol Start, kemudian pilih menu File Explorer.
    Klik kanan pada menu Start
  2. Pada File Explorer, pilih tab View kemudian klik menu Options.
    Membuka Options File Explorer
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela Folder Options terbuka. Pilih tab View, kemudian scroll ke bawah pada bagian Advanced Settings dan centang opsi Show all folders.
    Show all folders File Explorer
  4. Klik Apply kemudian klik OK.
  5. Anda dapat melihat shortcut Control Panel muncul pada panel navigasi File Explorer. Dobel klik shortcut tersebut untuk membuka Control Panel.
    Cara menampilkan Control Panel di File Explorer

11. Membuka Control Panel Melalui control.exe di File Explorer

Karena Control Panel pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi, berarti seharusnya Control Panel dapat dibuka dengan mengklik file .exe nya bukan?

Baca juga:  7 Cara Menonaktifkan/ Mematikan Auto Update Windows 10

Namun, di manakah file .exe Control Panel terletak? File tersebut tersembunyi di dalam folder C:/Windows/System32. Untuk membuka Control Panel, ketikkan alamat C:/Windows/System32 tersebut di address bar File Explorer kemudian tekan Enter di keyboard.

Cara mengakses Control Panel secara langsung

Setelah itu, scroll ke bawah dan dobel klik file control.exe atau control (jika setting di Windows tidak menampilkan ekstensi file) untuk membuka Control Panel.

12. Membuka Control Panel Lewat Task Manager

Ketika mendengar Task Manager, mungkin sebagian besar dari kita berpikir tentang program bawaan Windows untuk mematikan aplikasi yang error secara paksa. Namun, kali ini kita akan memanfaatkan Task Manager untuk keperluan lainnya. Ya, kita akan menggunakan Task Manager untuk membuka Control Panel.

Untuk mengakses Control Panel melalui Task Manager, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Task Manager dengan mengetik taskmgr di kotak Search, kemudian pilih Task Manager di hasil pencarian yang muncul. Anda juga bisa menggunakan shortcut Ctrl + Shift + Esc pada keyboard untuk membuka Task Manager.
    Membuka Task Manager lewat Search
  2. Pada jendela Task Manager, klik menu File lalu pilih Run new task.
    Menjalankan task baru di Task Manager
  3. Ketik control pada kolom yang diberi kotak merah, lalu klik OK.
    Cara membuka Control Panel dengan Task Manager
  4. Setelah itu, jendela Control Panel akan terbuka.

13. Mengakses Control Panel Melalui Quick Launch

Selain melalui shortcut, Anda juga dapat membuka Control Panel di desktop melalui Quick Launch. Quick Launch merupakan bagian dari taskbar Windows yang mempermudah pengguna untuk mengakses aplikasi tertentu dengan cepat.

Secara default, Quick Launch masih belum ditampilkan di taskbar. Untuk menampilkannya, klik kanan pada area kosong di taskbar kemudian pilih Toolbars > Desktop.

Pilih Toolbars lalu Desktop

Anda selanjutnya dapat melihat tulisan Desktop beserta tanda panah muncul di bagian kiri bawah taskbar Windows. Klik tanda panah tersebut kemudian dobel klik Control Panel untuk membuka Control Panel.

Cara mengakses Control Panel dari Quick Launch

Salah satu kelebihan cara ini dibanding cara lainnya adalah Anda dapat mengakses salah satu menu di Control Panel tanpa harus membuka Control Panel itu sendiri. Caranya, klik satu kali pada Control Panel lalu pilih menu apa yang ingin Anda buka.

Menampilkan menu Control Panel di Quick Launch

Demikian artikel mengenai cara untuk membuka Control Panel di Windows 10. Apabila Anda memiliki cara lain untuk membuka Control Panel, silakan berbagi caranya di kolom komentar di bawah ini. Anda juga dapat membagikan artikel ini ke teman-teman Anda apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments