Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Chrome di Windows dan Android

2 min read

Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Chrome

Sebagai raksasa browser yang digunakan oleh 65% pengguna di seluruh dunia, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan Google Chrome. Namun, apakah Anda sudah tahu bahwa Google Chrome memiliki salah satu fitur menarik yang dinamakan dark mode? Setelah sebelumnya mengulas tentang cara mengaktifkan dark mode di Windows 10 dan 11, kali ini kita akan membahas cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome. Sebelumnya, apa sih dark mode itu?

Dark mode atau yang dikenal sebagai mode gelap, tema hitam, atau night mode merupakan salah satu mode tampilan layar di mana teks berwarna terang dengan background berwarna hitam/gelap. Belakangan ini, dark mode semakin populer seiring semakin banyaknya penelitian mengenai manfaat dari dark mode, seperti mengurangi kelelahan mata dan menghemat baterai laptop dan smartphone. Meski manfaatnya untuk kesehatan masih kontroversial, namun banyak orang memilih dark mode karena terlihat lebih elegan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengaktifkan dark mode atau mode gelap Google Chrome. Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan sistem operasi Anda.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Chrome di Windows

Cara ini bisa Anda terapkan untuk semua versi Windows, baik Windows 11, 10, 8, maupun Windows 7. Untuk mengubah tampilan Chrome menjadi hitam di PC Windows, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan.

Cara 1: Mengaktifkan Dark Mode di Windows

Cara pertama adalah dengan mengaktifkan dark mode di Windows. Hal ini dikarenakan tema Chrome mengikuti tema Windows, sehingga jika Anda mengatur Windows menjadi dark mode maka Google Chrome juga akan berubah menjadi dark mode. Anda bisa melihat artikel ini untuk melihat cara mengubah Windows menjadi dark mode. Setelah mengaktifkan Windows menjadi dark mode, Anda dapat menyalakan Google Chrome dan secara otomatis Chrome akan berubah menjadi mode gelap.

Baca juga:  Cara Membuat Google Form di HP & Laptop: Panduan Lengkap (Update 2022)

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya menerapkan dark mode pada aplikasi Chrome, namun tidak mengubah semua laman website di Chrome menjadi berwarna gelap. Apabila Anda menginginkan agar semua laman web di Chrome juga berubah menjadi gelap, Anda dapat menggunakan cara nomor 2 atau 3.

Cara 2: Mendownload Dark Theme untuk Chrome

Cara kedua untuk mengubah tampilan Google Chrome menjadi hitam di PC adalah dengan mendownload dark theme yang tersedia di Chrome Web Store. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka link ini untuk membuka laman Super Dark Mode di Chrome Web Store. Anda juga dapat memilih dark theme lainnya sesuka Anda.
  2. Tekan tombol Add to Chrome. Google Chrome akan segera mendownload tema tersebut.
    Menambahkan Tema Gelap Chrome Windows
  3. Setelah selesai, Google Chrome Anda secara otomatis akan berubah menjadi tema gelap. Apabila belum berubah, restart Google Chrome Anda terlebih dahulu.

Cara 3: Menggunakan Experiments di Google Chrome

Apabila Anda tidak ingin mendownload tema tambahan di Chrome, Anda dapat menggunakan setting default yang ada di Google Chrome. Namun, perlu diperhatikan bahwa setting ini masih eksperimental, sehingga ada kemungkinan tidak stabil. Untuk mengaktifkan mode gelap Google Chrome, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Copy paste alamat berikut ini di Google Chrome kemudian tekan Enter.
    chrome://flags/#enable-force-dark
    Mengaktifkan Night Mode Chrome PC
  2. Laman Experiments akan terbuka. Pada menu Auto Dark Mode for Web Contents, ubah setting menjadi Enabled.
    Menyalakan Dark Mode Experiments
  3. Restart Google Chrome untuk melihat perubahannya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Chrome di Android

Setelah membahas tentang night mode di Chrome PC, sekarang kita akan membahas tentang night mode di Chrome Android. Cara menerapkan dark theme Chrome di Android sangatlah cepat dan mudah. Anda hanya memerlukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  1. Tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas Chrome.
    Menu Settings Chrome Android
  2. Pilih menu Settings.
    Menyalakan Dark Mode Chrome Android
  3. Pilih menu Theme.
    Mengubah Tema Chrome Android
  4. Pilih opsi Dark untuk menerapkan tema gelap di Chrome Android. Sekarang, Google Chrome Anda sudah berubah menjadi mode gelap.
    Cara Menyalakan Dark Mode Chrome Android

Demikian artikel mengenai cara mengaktifkan dark mode Chrome di Windows dan Android. Apakah Anda mengalami kesulitan ketika menyalakan dark mode/night mode di Chrome? Kami akan berusaha membantu lewat kolom diskusi di bawah ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments