Cara Mengatur Tulisan Rata Kiri, Kanan, Tengah, dan Justify di Word

2 min read

Cara Mengatur Perataan Teks di Microsoft Word

Ketika menggunakan Microsoft Word, salah satu hal yang wajib diketahui adalah cara mengatur perataan paragraf. Secara umum, terdapat 3 jenis perataan teks di Microsoft Word, yakni align left (rata kiri), align right (rata kanan), center (rata tengah), dan justify (rata kanan kiri). Tiap-tiap jenis perataan teks tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Sebagai contoh, beberapa bahasa asing seperti bahasa Arab menggunakan perataan kanan (align right). Judul umumnya dibuat dengan perataan tengah (center). Sementara itu, tulisan pada surat kabar sebagian besar dibuat dengan menggunakan perataan kanan kiri (justify).

Cara mengatur perataan paragraf di Microsoft Word dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan menggunakan ikon yang ada pada Ribbon atau menggunakan shortcut di Microsoft Word. Namun, ikon dan shortcut yang digunakan berbeda-beda tergantung perataan yang Anda pilih. Berikut ini cara mengatur perataan tulisan di Microsoft Word.

Cara Membuat Paragraf Rata Kiri di Word

Perataan kiri (align left) merupakan perataan default pada berbagai aplikasi, tidak terkecuali Microsoft Word. Perataan kiri pada tulisan seringkali digunakan untuk menuliskan isi teks paragraf, tulisan-tulisan di website atau blog, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan perataaan kiri, maka tulisan akan rata di bagian margin kiri, tetapi tidak rata pada bagian margin kanan.

Untuk mengatur rata kiri teks menggunakan Microsoft Word, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Seleksi atau blok tulisan yang ingin Anda buat rata kiri (align left). Apabila Anda ingin menyeleksi seluruh tulisan, Anda bisa menggunakan shortcut Ctrl+A di keyboard.
    Cara membuat teks rata kiri - seleksi tulisan
  2. Paragraf rata kiri dibuat dengan mengklik ikon Align Left. Caranya, pilih tab Home kemudian klik ikon Align Left yang terletak di grup Paragraph. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan shortcut Ctrl+L di keyboard.
    Tekan tombol Align Left untuk rata kiri
  3. Paragraf yang Anda pilih telah berhasil dibuat menjadi rata kiri.
    Cara membuat tulisan rata kiri di Word

Cara Membuat Paragraf Rata Kanan di Word

Perataan kanan (align right) pada tulisan biasanya digunakan untuk bahasa-bahasa asing seperti bahasa Arab, Persia, dan Ibrani. Berkebalikan dengan perataan kiri, dengan menggunakan perataan kanan maka tulisan akan dirapikan ke margin kanan.

Baca juga:  Shortcut Microsoft Word

Anda dapat membuat teks rata kanan di Microsoft Word dengan menggunakan cara di bawah ini:

  1. Pilih atau seleksi tulisan yang ingin Anda buat rata kanan (align right). Jika Anda ingin meratakan seluruh isi dokumen menjadi rata kanan, tekan shortcut Ctrl+A di keyboard Anda.
    Cara membuat teks rata kanan - seleksi tulisan
  2. Ada 2 cara untuk membuat teks menjadi rata kanan. Cara pertama, pilih tab Home kemudian klik ikon Align Right yang berada di grup Paragraph. Cara kedua, Anda juga dapat menggunakan shortcut Ctrl+R di keyboard.
    Tekan tombol Align Right untuk rata kanan
  3. Paragraf yang Anda pilih telah dibuat menjadi rata kanan.
    Cara membuat tulisan rata kanan di Word

Cara Membuat Paragraf Rata Kanan Kiri (Justify) di Word

Perataan kanan kiri akan membuat paragraf Anda rata di kedua sisi margin. Dengan demikian, tulisan Anda akan menjadi tampak rapi karena menjadi rata di kedua sisinya. Perataan kanan kiri atau yang kerap disebut Justify ini kerap digunakan di berbagai buku, koran, makalah, dan dokumen resmi.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa perataan kanan kiri ini dapat membuat ukuran spasi antar kata pada paragraf menjadi berbeda-beda. Hal ini terkadang dapat membuat paragraf tampak kurang enak dipandang. Intinya, perataan kanan kiri (justify) ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Cara membuat tulisan rata kanan kiri di Microsoft Word adalah sebagai berikut:

  1. Blok atau seleksi teks yang ingin Anda buat menjadi rata kanan kiri (justify). Bila Anda ingin menyeleksi seluruh isi dokumen, tekan shortcut Ctrl+A di keyboard Anda.
    Cara membuat teks rata kanan kiri - seleksi tulisan
  2. Pilih tab Home kemudian klik ikon Justify yang terletak pada grup Paragraph. Anda juga bisa menggunakan shortcut Ctrl+J pada keyboard untuk membuat paragraf Anda menjadi Justify.
    Tekan tombol Justify untuk rata kiri kanan
  3. Paragraf yang Anda pilih telah menjadi rata kanan kiri (justify).
    Cara membuat tulisan rata kanan kiri di Word

Cara Menengahkan Tulisan (Center) di Word

Perataan tengah (center) akan membuat tulisan menjadi berada di bagian tengah halaman. Biasanya, perataan tengah (center) pada tulisan digunakan untuk bagian judul suatu dokumen.

Baca juga:  Belajar Microsoft Word: Panduan Lengkap (+Gambar)

Ada 2 cara menengahkan tulisan di Word, yaitu menggunakan toolbar atau dengan shortcut pada keyboard. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Seleksi tulisan yang Anda ingin buat menjadi rata tengah. Apabila Anda ingin menyeleksi seluruh tulisan, Anda bisa menggunakan shortcut Ctrl+A di keyboard.
    Cara membuat teks rata tengah - seleksi tulisan
  2. Pilih tab Home, kemudian pilih ikon Center yang terletak pada grup Paragraph. Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard Ctrl+E untuk menengahkan tulisan di Word.
    Tekan tombol Center untuk rata tengah
  3. Tulisan yang Anda pilih telah menjadi rata tengah (center).
    Cara membuat tulisan rata tengah di Word

Demikian artikel mengenai cara mengatur tulisan menjadi rata kiri, kanan, tengah, dan justify di Microsoft Word. Apabila Anda ingin belajar Microsoft Word lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel kami mengenai panduan belajar Microsoft Word yang dilengkapi gambar di tiap langkahnya.

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments