7 Cara Mengecek Versi Windows

5 min read

Cara Mengecek Versi Windows

Banyak orang mungkin sudah mengetahui Windows apa yang mereka gunakan, misalnya Windows XP, Windows 7, atau Windows 10. Namun, masih banyak pula yang belum mengetahui Windows edisi apa yang mereka miliki, apakah Home, Pro, atau Enterprise. Selain itu, mereka juga tidak mengetahui build Windows mereka. Hal ini dikarenakan masih banyak orang belum mengetahui pentingnya mengecek versi Windows.

Mengecek versi Windows akan memberi banyak keuntungan untuk kita, antara lain:

  1. Dapat mengetahui kelebihan edisi Windows yang dimiliki. Sebagai contoh, Windows 10 Pro, Education, dan Enterprise memiliki fitur Windows Sandbox dan Hyper-V. Keduanya merupakan teknologi virtualisasi yang memungkinkan Anda menjalankan OS lain di atas Windows 10 utama Anda.
  2. Mengetahui apakah Windows mereka sudah diupdate ke versi terbaru atau belum. Dengan melihat build number, Anda dapat mengetahui update mayor apa saja yang sudah Anda peroleh. Sebagai contoh, bila Windows 10 Anda adalah build 1903 atau 1909, alangkah baiknya Anda segera menjalankan Windows Update untuk mengupdate Windows 10 ke build terbaru (build 2004).

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari mengecek versi Windows, Anda dapat memilih salah satu dari cara berikut ini untuk melihat versi Windows yang Anda miliki.

1. Melihat Versi Windows dengan System Properties

Cara pertama untuk mengecek versi Windows adalah menggunakan System Properties. System Properties merupakan menu yang berisi informasi dasar pada komputer, seperti versi Windows, bit Windows, RAM dan prosesor yang digunakan, serta nama komputer/ laptop.

Untuk melihat versi Windows menggunakan System Properties, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Klik kanan tombol Start yang ada di pojok kiri bawah desktop, kemudian pilih menu File Explorer.
    Pilih File Explorer
  2. Jendela File Explorer akan terbuka. Pada panel sebelah kanan, klik kanan My Computer kemudian pilih Properties.
    Pilih menu Properties pada File Explorer
  3. Anda akan melihat jendela System. Di sana, Anda dapat mengecek versi Windows yang Anda pakai (misal Windows 10 Home, Pro, Education, atau Enterprise).
    Cara Mengecek-versi-Windows-System-Properties
Tips: Sebagai alternatif, Anda dapat juga membuka System Properties menggunakan shortcut Windows + Pause/Break di keyboard Anda.

2. Melihat Versi Windows dengan System Information

System Information merupakan aplikasi bawaan Windows yang berisi informasi komputer atau laptop kita. Pada dasarnya, System Information ini mirip dengan System Properties pada cara sebelumnya, namun System Information ini menampilkan informasi yang jauh lebih lengkap. Di samping dapat mengecek versi Windows, Anda juga dapat mengecek spesifikasi tiap komponen hardware komputer/ laptop Anda.

Baca juga:  3 Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Bila Anda ingin mengecek versi Windows melalui System Information, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Run dengan mengetik run di kotak Search, kemudian pilih aplikasi Run. Anda dapat juga membuka Run menggunakan shortcut Windows + R di keyboard.
    Ketik Run kemudian tekan Enter
  2. Ketik msinfo32 pada jendela Run, kemudian tekan Enter pada keyboard.
    Ketik msinfo32 pada Run
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela System Information. Di bagian System Summary, Anda bisa mengecek edisi Windows yang Anda miliki berikut build Windows yang terinstall di komputer Anda.
    Cara Mengecek versi Windows - System Information

Selain lengkap, kelebihan lain dari mengecek menggunakan System Information ini adalah Anda dapat mengekspor data di System Information ke dalam file teks (.txt). Dengan demikian, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk keperluan lainnya.

Untuk mengekspor data di System Information, klik File lalu pilih Export…

Export data System Information

Selanjutnya, pilih nama file dan lokasi penyimpanan yang diinginkan. Klik Save untuk menyelesaikan proses ekspor. Berikut contoh file hasil ekspor dari System Information.

Contoh export System Information

3. Melihat Versi Windows dengan DxDiag

Menurut Wikipedia, DxDiag merupakan tool yang digunakan untuk mengecek fungsi DirectX dan untuk troubleshooting masalah hardware yang berkaitan dengan audio atau video. Namun, sebenarnya DxDiag juga dapat kita pakai untuk melihat spesifikasi komputer kita.

Meski kurang lengkap dibanding System Information, namun DxDiag ini sudah mampu menampilkan “ringkasan” spesifikasi PC kita. Seperti pada System Information, kita juga bisa melihat versi Windows apa yang kita gunakan di DxDiag.

Untuk melihat versi Windows menggunakan DxDiag, silakan ikuti cara di bawah ini:

  1. Buka Run dengan mengetik run di kotak Search, kemudian pilih Run pada hasil pencarian. Anda dapat juga membuka Run menggunakan shortcut Windows + R di keyboard.
    Pilih Run di menu Start
  2. Ketik dxdiag pada jendela Run, kemudian tekan Enter pada keyboard.
    Ketik dxdiag di Run
  3. Pada tab System, Anda bisa melihat versi Windows yang Anda gunakan berikut build Windowsnya.
    Cara Mengecek versi Windows - dxdiag

Mirip dengan System Information, Anda dapat juga menyimpan informasi di DxDiag ke dalam file teks (.txt). Caranya, klik tombol Save All Information… yang ada di kanan bawah.

Export DxDiag

Tentukan lokasi dan nama file yang akan disimpan, lalu klik Save. Informasi yang ada di DxDiag akan diekspor ke dalam file teks seperti di bawah ini.

Hasil export DxDiag

4. Mengecek Versi Windows dengan About Windows

Cara keempat untuk melihat Windows yang Anda pakai adalah menggunakan About Windows. Cara keempat ini cukup berbeda dengan ketiga cara sebelumnya karena cara ini hanya menampilkan versi Windows tanpa menampilkan informasi lainnya (misal informasi tentang hardware komputer).

Baca juga:  Apa Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit?

Berikut ini langkah-langkah untuk melihat versi Windows dengan About Windows:

  1. Ketik Run di kotak Search, kemudian pilih Run pada hasil pencarian untuk membuka aplikasi Run. Anda dapat juga membuka Run menggunakan shortcut Windows + R di keyboard.
    Ketik Run di kotak Search
  2. Ketik winver pada jendela Run, kemudian tekan Enter pada keyboard.
    Ketik winver di Run
  3. Jendela About Windows akan terbuka. Di sini, Anda bisa melihat versi dan build Windows yang Anda gunakan.
    Cara Mengecek versi Windows - About Windows

5. Mengecek Versi Windows dengan Command Prompt

Command Prompt merupakan program bawaan Windows yang digunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu. Dengan menggunakan Command Prompt ini, Anda dapat mengecek IP, mematikan User Account Control, mengecek keaslian Windows, dan masih banyak lagi.

Anda dapat juga mengecek versi Windows dengan menggunakan Command Prompt. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik run di kotak Search, kemudian pilih Run pada hasil pencarian untuk membuka aplikasi Run. Anda dapat juga membuka Run menggunakan shortcut Windows + R di keyboard.
    Pilih Run di hasil pencarian
  2. Jendela Run akan muncul. Ketik cmd kemudian tekan Enter pada keyboard Anda.
    Ketik cmd di Run
  3. Anda akan melihat jendela Command Prompt. Ketikkan perintah ver lalu tekan Enter di keyboard. Anda akan melihat versi Windows seperti gambar di bawah ini.
    Melihat versi Windows - Run cara 1
  4. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang sistem operasi komputer, ketikkan perintah berikut di Command Prompt lalu tekan Enter:
    systeminfo | findstr /B /C:”OS Name” /C:”OS Version”
    Anda akan melihat informasi mengenai nama dan versi Windows seperti di bawah ini.
    Cara Melihat versi Windows - Run cara 2

6. Mengecek Versi Windows 10 dengan Settings

Windows 10 hadir dengan banyak perubahan dibandingkan versi Windows sebelumnya. Selain mempunyai tampilan yang berbeda dibanding Windows 8, Windows 10 juga mempunyai menu-menu yang sebelumnya tidak ada di Windows 8.

Salah satu menu tersebut adalah menu About your PC. Menu ini merupakan salah satu menu yang terdapat di Settings Windows 10 yang menampilkan informasi dasar tentang PC Anda. Sekilas, informasi yang ditampilkan cukup mirip dengan System Properties (cara pertama). Bedanya, menu About your PC ini menampilkan beberapa informasi tambahan seputar versi Windows.

Cara mengecek versi Windows lewat About your PC adalah sebagai berikut:

  1. Ketik About your PC pada kotak Search, kemudian pada hasil pencarian pilih About your PC.
    Pilih About your PC di Search
  2. Selanjutnya, jendela Settings akan terbuka. Pada panel sebelah kanan, Anda dapat melihat menu About. Scroll ke bawah hingga Anda melihat bagian Windows specifications.
    Cara Melihat versi Windows - Settings Windows 10
    Terdapat beberapa informasi seputar Windows yaitu:
    1. Edition: Menunjukkan edisi Windows yang terinstall di komputer Anda, misalnya Windows 10 Home, Pro, dll. Pada contoh, edisi Windows yang ada di komputer kami adalah Windows 10 Education.
    2. Version: Version menunjukkan update mayor Windows terakhir yang terinstall. Anda dapat melihat versi lengkap Windows 10 di Microsoft. Hingga artikel ini ditulis (September 2020), Windows 10 sudah mencapai versi 2004 yang merupakan update mayor ke-9. (Update mayor ke-10 yaitu versi 20H2 sudah dirilis di Windows Insider namun masih dalam tahap beta).
    3. Installed on: Perlu dicatat bahwa “Installed on” ini tidak menunjukkan kapan Windows terinstall di komputer Anda, melainkan kapan versi (update mayor) Windows 10 terakhir diinstall di komputer Anda.
    4. OS build: OS build menunjukkan build Windows Anda. Build ini sesuai dengan versi Windows yang ada di komputer. Sebagai contoh, bila Windows Anda adalah versi 2004, maka OS buildnya adalah 19041.450
    5. Experience: Menunjukkan Windows Feature Experience Pack yang terinstall di PC Anda. Windows Feature Experience Pack ini hanya tersedia pada Windows 10 versi 2004 atau setelahnya.
Baca juga:  4 Cara Mengecek Windows 10 Original (Asli) atau Bajakan

7. Menggunakan Software Third-Party

Jika cara pertama hingga keenam menggunakan software atau menu bawaan Windows, pada cara ketujuh ini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak software third-party yang bisa Anda gunakan untuk mengecek versi Windows, beberapa contohnya antara lain:

  1. Speccy
    Speccy - Software untuk Cek Versi Windows
    Apakah Anda pernah mendengar CC Cleaner? Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengarnya. Nah, software Speccy ini dibuat oleh perusahaan yang sama dengan perusahaan pembuat software CC Cleaner tadi. Dengan software Speccy ini, Anda dapat mengecek versi Windows Anda sekaligus mengetahui informasi hardware Anda, seperti mengetahui spesifikasi hardware dan mengecek suhu komponen komputer Anda.
  2. Wise System Monitor
    Wise System Monitor - Software untuk Cek Versi Windows
    Wise System Monitor mampu menampilkan informasi yang cukup lengkap mengenai Windows, seperti edisi dan versi Windows, tanggal instalasi, bahasa di Windows, bahkan zona waktu yang digunakan oleh Windows. Di samping informasi tentang Windows, Wise System Monitor ini juga mampu memonitor proses yang berjalan di Windows serta memonitor penggunaan hardware.

Sekian artikel tentang cara melihat versi Windows. Apakah Anda mempunyai cara lain untuk mengecek versi Windows? Silakan share di kolom komentar berikut ini.

Setelah mengetahui cara mengecek versi Windows, kami juga menyarankan untuk mengecek tipe lisensi Windows Anda, apakah retail, OEM, atau volume. Hal ini cukup penting mengingat tiap lisensi Windows memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments