4 Cara Mengganti Nama Akun di Windows 10

3 min read

Cara Mengganti Nama Akun Windows

Bila Anda membeli komputer bekas, seringkali nama akun di komputer masih menggunakan nama pengguna yang lama. Kadang kala, Anda mungkin ingin mengganti nama akun Windows karena sudah bosan dengan nama yang lama. Beberapa contoh kejadian tersebut menunjukkan bahwa kita terkadang perlu mengubah nama akun di Windows agar sesuai keinginan kita. Untungnya, cara mengganti nama akun di Windows 10 tidaklah rumit.

Dalam artikel ini, ada beberapa cara yang Anda bisa pilih untuk mengubah nama akun Anda di Windows. Artikel ini dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu untuk pengguna yang memakai akun Microsoft dan untuk pengguna yang menggunakan akun lokal. Selamat mencoba!

Cara Mengganti Nama Akun Microsoft

Apabila Anda menggunakan akun Microsoft untuk login di Windows, Anda dapat menggunakan cara di bawah ini untuk mengganti nama akun Windows. Namun, perlu diingat bahwa cara ini sama dengan mengganti nama akun Microsoft online Anda. Dengan demikian, nama Anda pada email serta layanan Microsoft lainnya juga akan berubah.

Mengganti Nama Akun Microsoft Menggunakan Settings

Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti nama akun Microsoft lewat Settings Windows 10:

  1. Klik tombol Start, pilih menu Settings.
    Klik tombol Settings
  2. Jendela Settings akan terbuka. Pilih menu Accounts.
    Pilih menu Accounts di Settings
  3. Pada tab Your info, pilih opsi Manage my Microsoft account.
    Pilih menu Manage my Microsoft account
  4. Selanjutnya, browser Anda akan terbuka. Anda mungkin akan diminta untuk sign in ke dalam akun Microsoft Anda (bila Anda belum sign in sebelumnya). Untuk sign in, klik menu Sign in to your account di pojok kanan atas browser. Setelah mengisikan email dan password, Anda akan masuk ke profil akun Microsoft.
    Sign in ke akun Microsoft
  5. Di sebelah kanan foto profil Anda, pilih menu More actions, kemudian klik opsi Edit profile.
    Klik Edit profile
  6. Scroll ke bawah kemudian klik menu Edit name yang berada di bawah foto profil akun Anda.
    Klik menu Edit name
  7. Isikan nama depan Anda pada bagian First name dan nama belakang Anda pada bagian Last name. Selanjutnya, isikan captcha sesuai kode yang muncul. Klik Save untuk menyimpan perubahan nama tersebut.
    Cara mengganti nama akun Microsoft
  8. Restart komputer Anda untuk melihat perubahannya.
Baca juga:  3 Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah di atas, Anda dapat melihat perubahan nama tersebut di komputer, salah satunya pada layar Sign-in. Apabila Anda menggunakan akun Microsoft tersebut di banyak perangkat, Anda mungkin perlu menunggu beberapa waktu agar perubahan nama tersebut bisa diterapkan di semua perangkat.

Cara Mengganti Nama Akun Lokal

Akun lokal merupakan akun yang tidak tertaut dengan akun Microsoft. Dengan demikian, perubahan nama yang Anda lakukan pada akun lokal tidak akan berpengaruh terhadap nama akun di perangkat lainnya.

Bila Anda menggunakan akun lokal di komputer atau laptop, Anda bisa menggunakan salah satu cara di bawah ini untuk mengubah nama akun lokal tersebut.

Mengganti Nama Akun Lokal dengan netplwiz

Anda juga dapat mengganti nama akun Windows Anda dengan menggunakan netplwiz. Netplwiz merupakan salah satu aplikasi bawaan di Windows yang berguna untuk mengatur akun di Windows. Netplwiz dapat digunakan untuk menghapus password login Windows, mengganti nama akun, dan lain sebagainya.

Untuk mengubah nama akun Windows menggunakan netplwiz, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Pada kotak Search, ketik netplwiz kemudian pilih netplwiz pada hasil pencarian.
    Pilih netplwiz
  2. Pada tab Users, pilih salah satu akun yang ingin Anda ubah namanya kemudian pilih Properties. Apabila tombol Properties tidak dapat dipencet (masih berwarna abu-abu), centang opsi Users must enter a user name and password to use this computer.
    Pilih salah satu akun lalu pilih Properties
  3. Ganti nama akun Anda pada kolom Full name. Anda juga dapat mengganti nama panggilan (nickname) untuk akun Anda pada bagian User name. Setelah selesai, klik Apply kemudian pilih OK.
    Cara mengganti nama akun Windows - netplwiz
  4. Klik tombol OK pada jendela User Accounts.
    Klik OK pada User Accounts
  5. Restart komputer Anda untuk melihat perubahan nama tersebut.
Catatan: Anda mungkin dapat mengubah nama akun Microsoft dengan menggunakan cara ini. Namun, nama tersebut akan segera direset pada saat Anda merestart komputer sehingga nama awal Anda akan muncul kembali.

Mengubah Nama Akun Lokal dengan Computer Management

Selain menggunakan Settings dan netplwiz, Anda juga dapat mengganti nama akun Windows menggunakan Computer Management. Computer Management merupakan tools di Windows yang berguna untuk mengatur komputer, seperti memantau aktivitas komputer, mengatur service di Windows, dan lain-lain.

Baca juga:  3 Cara Mematikan Program Startup (Windows 10, 8, 7)

Anda dapat menerapkan langkah di bawah ini untuk mengganti nama akun lewat Computer Management:

  1. Ketik Computer Management pada kotak Search, kemudian pilih aplikasi Computer Management di hasil pencarian yang muncul.
    Pilih aplikasi Computer Management
  2. Anda akan melihat jendela Computer Management. Pada panel sebelah kiri, klik menu System Tools.
    Pilih menu System Tools
  3. Di panel tengah, dobel klik menu Local Users and Groups.
    Dobel klik menu Local Users and Groups
  4. Klik 2 kali pada Users.
    Klik 2 kali menu Users
  5. Klik kanan akun yang ingin Anda ubah namanya, kemudian pilih Properties.
    Klik kanan salah satu user lalu pilih Properties
  6. Pada tab General, ganti nama akun Anda pada kolom Full name.
    Cara mengganti nama akun Windows - Computer Management
  7. Klik Apply, kemudian pilih OK.
  8. Restart komputer Anda untuk melihat perubahannya.

Mengubah Nama Akun Lokal dengan Control Panel

Anda dapat juga mengubah nama akun lokal di Windows 10 lewat Control Panel. Berikut ini langkah melakukannya:

  1. Buka Control Panel dengan cara mengetik Control Panel di kotak Search, kemudian pada hasil pencarian pilih Control Panel.
    Pilih Control Panel
  2. Jendela Control Panel akan terbuka. Pertama, pastikan pilihan View by ada di opsi Category. Selanjutnya, pada bagian User Accounts pilih menu Change account type.
    Pilih Change account type
  3. Pada jendela Manage Accounts, pilih salah satu akun lokal yang ingin diganti namanya.
    Pilih akun yang ingin diganti namanya
  4. Pilih opsi Change the account name.
    Klik Change the account name
  5. Di bagian yang diberi kotak merah, isikan nama baru untuk akun lokal Anda. Setelah itu, klik Change name untuk menyimpan perubahannya.
    Cara mengganti nama akun Windows - Control Panel
  6. Silakan restart komputer Anda untuk melihat nama baru akun Anda.

FAQ Cara Mengganti Nama Akun Windows

Berikut pertanyaan yang kerap muncul ketika hendak mengganti nama akun Windows.

Apa beda nama akun (user name/ acccount name) dengan nama komputer (computer name)?

Nama pengguna adalah nama untuk akun Anda, bisa berupa akun lokal atau akun Microsoft. Anda bisa memiliki banyak nama pengguna di 1 komputer bila ada banyak akun di komputer tersebut. Berbeda halnya dengan nama komputer. Nama komputer adalah nama untuk perangkat keras (komputer, laptop, atau tablet) Anda. Karena itu, 1 perangkat hanya akan memiliki 1 nama komputer. Untuk mengetahui cara mengganti nama komputer, Anda bisa membaca artikel kami mengenai cara mengganti nama komputer.

Baca juga:  Pagefile: Apa Itu dan Mitos Seputar Pagefile

Apa perbedaan akun Microsoft dan akun lokal (local account)?

Akun Microsoft merupakan akun online dari Microsoft yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan Microsoft, seperti Outlook, Skype, dll. Sementara itu, akun lokal adalah akun yang Anda gunakan untuk login di Windows saja (tidak dapat digunakan untuk mengakses layanan online Microsoft). Sebenarnya, baik akun Microsoft maupun akun lokal dapat digunakan untuk login di Windows. Bedanya, akun Microsoft menggunakan email dan password untuk login ke Windows, sementara itu akun lokal menggunakan user name dan password. Selain itu, akun Microsoft dapat digunakan untuk login di beberapa komputer sekaligus, sementara itu akun lokal hanya terbatas di 1 komputer tersebut saja.

Demikian artikel mengenai cara untuk mengganti nama akun di Windows, baik untuk akun Microsoft maupun akun lokal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments