2 Cara Mudah Mengganti Nama Komputer (Windows 7, 8, 10)

2 min read

Cara Mengganti Nama Komputer Laptop

Ketika membeli komputer atau laptop branded, Anda biasanya akan mendapatkan Windows OEM di dalamnya. Karena diinstall oleh pabrik, Windows tersebut tentu akan diberi nama oleh pabrik produsen komputer atau laptop tersebut. Akibatnya, nama PC atau laptop Anda mungkin berupa gabungan merek komputer dan angka acak. Anda tentunya ingin agar nama PC atau laptop Anda sesuai dengan nama Anda atau perusahaan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengganti nama komputer atau laptop tersebut. Untungnya, cara mengganti nama komputer atau laptop tidaklah rumit. Berikut 2 cara yang dapat Anda pilih.

Cara Pertama Mengganti Nama Komputer atau Laptop (Windows 7, 8, 10)

Cara pertama untuk mengubah nama komputer atau laptop adalah lewat menu System Properties (sysdm.cpl) di Control Panel. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Run dengan menekan tombol Windows + R di keyboard. Pada Windows 10, Anda dapat membuka program Run dengan mengetik run di kotak Search, kemudian pilih Run di hasil pencarian.
    Pilih Run di kotak Search
  2. Ketik sysdm.cpl di Run, kemudian tekan Enter pada keyboard. Apabila muncul jendela User Account Control, klik Yes untuk melanjutkan.
    Ketik sysdm.cpl di Run
  3. Pada tab Computer Name, klik Change pada bagian To rename this computer or change its domain or workgroup, click Change.
    Klik Change untuk mengganti nama komputer
  4. Anda akan melihat jendela Computer Names/Domain Changes. Pada bagian Computer name, ganti nama komputer/ laptop sesuai keinginan Anda. Klik OK untuk menyimpan perubahan nama tersebut.
    Cara Mengganti Nama Komputer/ Laptop - 1
  5. Anda akan diminta merestart PC untuk menerapkan perubahan nama komputer. Klik OK untuk melanjutkan prosesnya.
    Klik OK untuk merestart komputer
  6. Tutup jendela System Properties dengan menekan tombol Close.
    Tutup jendela System Properties
  7. Anda akan mendapat pesan You must restart your computer to apply these changes. Klik Restart Now untuk merestart komputer Anda sekarang. Pastikan bahwa Anda sudah menyimpan semua pekerjaan Anda. Bila komputer/ laptop Anda tidak restart secara otomatis, silakan restart komputer/ laptop Anda secara manual.
    Klik Restart Now untuk restart komputer
  8. Anda dapat mengecek apakah nama komputer/ laptop Anda sudah berhasil diganti dengan menekan tombol Windows + Pause/Break di keyboard Anda. Jendela System akan selanjutnya terbuka. Di bagian Computer name, Anda dapat melihat nama komputer atau laptop Anda setelah diganti.
    Nama komputer atau laptop sudah diganti

Cara Kedua Mengganti Nama Komputer atau Laptop (Windows 10)

Selain menggunakan System Properties, Anda dapat juga menggunakan menu About your PC untuk mengganti nama PC Anda. Menu ini merupakan menu baru yang hanya ada di Windows 10. Oleh karena itu, cara kedua ini hanya bisa digunakan pada Windows 10.

Baca juga:  5 Cara Mematikan User Account Control di Windows 10, 8, 7

Berikut ini cara mengganti nama komputer atau laptop lewat menu About your PC:

  1. Ketik About your PC pada kotak Search, kemudian pada hasil pencarian pilih About your PC.
    Pilih about your PC di Search
  2. Anda akan melihat jendela Settings. Scroll ke bawah hingga bagian Device specifications, kemudian klik Rename this PC.
    Klik Rename this PC
  3. Isikan nama baru untuk komputer atau laptop Anda pada bagian yang diberi kotak merah, kemudian klik Next untuk melanjutkan prosesnya.
    Cara Mengganti Nama Komputer/ Laptop - 2
  4. Klik Restart now untuk merestart PC Anda sekarang. Bila Anda ingin merestart komputer nanti, Anda bisa mengklik pilihan Restart later.
    Memilih kapan akan restart
  5. Untuk mengecek apakah nama PC Anda sudah berhasil diubah, ketik About your PC pada kotak Search lalu pilih About your PC. Pada bagian Device name, Anda dapat melihat bahwa nama komputer/ laptop Anda sudah berhasil diganti.
    Nama komputer berhasil diganti

FAQ Cara Mengganti Nama Komputer/ Laptop

Berikut beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pengguna Windows ketika mengganti nama PC mereka.

Apakah nama komputer (computer name) sama dengan nama pengguna (user name)?

Perlu diketahui bahwa nama komputer (computer name) berbeda dengan nama pengguna (user name atau acccount name) Windows. Nama komputer adalah nama perangkat keras Anda. Dengan demikian, 1 komputer/ laptop hanya memiliki 1 nama komputer. Berbeda halnya dengan nama pengguna. Anda bisa memiliki banyak nama pengguna di 1 komputer bila ada banyak akun di komputer tersebut. Anda dapat membaca artikel kami mengenai cara mengganti nama akun di Windows bila Anda ingin mengubah nama akun di komputer/ laptop Anda.

Apa beda Computer name dan Full computer name?

Sekian artikel mengenai cara mengganti nama komputer/ laptop. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar langkah di atas, Anda bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments