3 Cara Menghapus/ Menghilangkan Password Login di Windows 10

2 min read

Cara Menghapus Password Windows 10

Windows 10 yang merupakan seri Windows terbaru tentu dibekali dengan fitur keamanan yang terbaru pula, seperti Windows Defender, BitLocker, dan lain-lain. Salah satu fitur keamanan yang kerap dibahas adalah fitur login menggunakan password. Meskipun dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan, namun memasukkan password tiap kali menyalakan Windows 10 terkadang justru merepotkan. Terlebih apabila hanya Anda sendiri yang menggunakan komputer tersebut di rumah.

Namun, Anda sesungguhnya dapat menghilangkan atau bahkan menghapus password di login Windows 10 tersebut. Langkah yang perlu dilakukan sedikit berbeda antara akun lokal dan akun Microsoft. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak artikel berikut ini.

Menghilangkan Password Login Windows 10

Cara ini sebenarnya tidak menghapus password, namun mengatur supaya Windows “auto-login” dengan password yang sudah diatur. Dengan demikian, Anda tidak perlu memasukkan password setiap kali login ke komputer. Cara ini bisa bekerja baik untuk akun lokal maupun akun Microsoft. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Ketik netplwiz di kotak Search, kemudian pilih netplwiz (Run command).
    Ketik netplwiz di kotak Search
  2. Jendela User Accounts akan terbuka. Pilih akun yang ingin passwordnya dihilangkan, kemudian hapus tanda centang pada opsi User must enter a user name and password to use this computer.
    Pilih user lalu hilangkan tanda centang
  3. Klik Apply.
    Klik Apply
  4. Masukkan username dan password akun Anda, kemudian pilih OK.
    Masukkan password lalu pilih OK
  5. Klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.
    Klik OK untuk menyelesaikan proses

Sekarang, Anda bisa mencoba merestart komputer. Anda seharusnya sudah bisa masuk ke Windows tanpa perlu menggunakan password.

Ada sebuah fakta unik terkait cara ini. Apabila Anda mencoba memasukkan password yang salah di kedua kolom (Password dan Confirm Password), maka Windows tetap akan menerima password tersebut selama isian di kedua kolom tersebut sama persis. Namun, Anda akan menerima pesan error saat login ke Windows. Windows kemudian akan menunjukkan 2 akun yang sama persis (seperti gambar di bawah ini).

Baca juga:  Cara Menggunakan System Restore (Windows 10, 8, 7)
Akun akan dobel bila password salah

Anda tinggal memilih salah satu akun dan login menggunakan username dan password yang benar, maka Anda sudah bisa login kembali. Untuk menghilangkan pesan error tersebut, Anda tinggal mengulang langkah-langkah di atas dan memasukkan password yang benar.

Menghapus Password Login Windows 10 (Local Account)

Berbeda dengan cara pertama, cara kedua ini akan menghapus password sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan password. Namun, cara yang digunakan berbeda tergantung apakah Anda saat ini menggunakan akun lokal atau akun Microsoft di komputer.

A. Anda Masih Menggunakan Akun Microsoft

Karena password akun Microsoft terkait langsung dengan akun online (yang ada di server Microsoft), maka Anda tidak dapat menghapus password di akun Microsoft. Namun, Anda dapat mengubah cara login dari akun Microsoft menjadi akun lokal yang tidak memerlukan password. Cara melakukannya adalah sebagai berikut

  1. Klik tombol Start, kemudian pilih Settings.
    Klik Start lalu pilih Settings
  2. Pilih menu Accounts.
    Pada Windows Settings pilih Accounts
  3. Pada tab Your info, pilih menu Sign in with a local account instead.
    Pada tab Your Info, pilih Sign in with a local account instead
  4. Anda kemudian diminta untuk mengisi password yang Anda gunakan untuk Microsoft Account. Setelah mengisi password, klik Next.
    Isikan password akun Microsoft Anda kemudian klik Next
  5. Buat username baru untuk akun local di komputer Anda. Kosongkan password agar Anda tidak perlu menggunakan password saat login. Klik Next untuk melanjutkan.
    Buat username baru namun kosongkan password
  6. Klik tombol Sign out and finish.
    Klik Sign out and finish

Setelah itu, komputer Anda akan restart. Anda telah selesai mengganti cara login menggunakan akun Microsoft menjadi akun lokal yang tidak menggunakan password.

B. Anda Sudah Menggunakan Local Account

Apabila Anda sudah menggunakan local account di komputer, maka Anda tinggal mengikuti langkah berikut untuk menghilangkan password local account tersebut.

  1. Klik tombol Start, kemudian pilih Settings.
    Klik Start lalu pilih Settings
  2. Pilih menu Accounts.
    Pada Windows Settings pilih Accounts
  3. Pilih tab Sign-in options, kemudian pada bagian Change your account password klik Change.
    Pada Sign in options, pilih Change
  4. Ketikkan password akun yang Anda gunakan sekarang, kemudian klik Next.
    Ketikkan password Anda sekarang lalu pilih Next
  5. Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta mengisi password baru. Kosongkan semua kolom dan pilih Next.
    Kosongkan semua kolom lalu pilih Next
  6. Tekan tombol Finish untuk menyelesaikan prosesnya.
    Tekan Finish untuk menghilangkan password

Sekian tutorial mengenai cara untuk menghilangkan/ menghapus password di login Windows 10. Bila Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, Anda bisa berkomentar di kolom komentar berikut.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments