3 Cara Mengubah Resolusi Foto Online di HP dan Laptop [Panduan Lengkap]

3 min read

Cara Mengubah Resolusi Foto Online - NitroTekno

Foto telah menjadi media pertukaran informasi yang umum digunakan di jaman internet ini. Hampir semua media sosial menggunakan foto untuk memperlengkap caption dan bertukar kabar dengan orang terdekat. Sayangnya, tiap media sosial menggunakan resolusi yang berbeda-beda. Twitter misalnya, menggunakan resolusi 16:9 sementara Facebook menggunakan 1.91:1. Karena itu, kita sebaiknya mengubah resolusi foto kita sebelum diupload.

Ada banyak cara untuk mengganti resolusi gambar, baik secara online maupun offline. Kali ini, kita akan membahas cara mengubah resolusi foto secara online. Terdapat bermacam-macam tools online yang bisa kita gunakan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Adobe Express misalnya, memiliki template ukuran untuk berbagai media sosial seperti Instagram dan Twitter. Sementara itu, PicResize mempunyai fitur untuk menambahkan special effect ke foto. Di sisi lain, ada juga iLoveIMG yang memiliki tampilan yang simpel. Langsung saja, berikut cara mengubah dimensi foto atau gambar secara online di HP dan laptop.

Cara Mengubah Resolusi Foto dengan iLoveIMG: Edit Foto dengan Cepat dan Mudah

Cara pertama untuk merubah dimensi foto online di HP dan laptop adalah dengan iLoveIMG. Dengan desain yang simpel, iLoveIMG memungkinkan kita mengubah resolusi foto dengan cepat dan mudah. Berikut langkah-langkah mengganti resolusi gambar dengan iLoveIMG:

  1. Buka website iLoveIMG untuk mulai mengubah pixel foto Anda.
  2. Pilih foto yang ingin Anda ubah resolusinya dengan mengklik Select images atau dengan melakukan drag-drop foto Anda ke laman iLove IMG. Di samping itu, Anda juga bisa memilih foto Anda di Google Drive atau Dropbox dengan mengklik simbol Google Drive atau Dropbox (tombol kecil di samping kanan Select images).
    Tips: Anda dapat mengupload beberapa foto sekaligus.
    iLoveIMG - Memilih Foto yang Diubah Resolusinya
  3. Anda akan dibawa ke laman untuk mengedit resolusi foto Anda. Pada bagian Width (px) dan Height (px) masukkan lebar dan tinggi yang Anda inginkan. Bila Anda ingin mempertahankan aspect ratio foto Anda (misalnya 3:4 atau 16:9), centang opsi Maintain aspect ratio.
    iLoveIMG - Mengubah Resolusi Foto Online dengan Pixel
  4. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih menu By percentage untuk memperkecil foto Anda dengan lebih mudah. Anda tinggal memilih apakah Anda ingin foto Anda 25%, 50%, atau 75% lebih kecil resolusinya.
    iLoveIMG - Mengubah Dimensi Foto berdasarkan Percentage
  5. Setelah selesai, klik tombol Resize IMAGES. Sekarang, resolusi foto atau gambar Anda sudah berubah sesuai keinginan Anda.
Baca juga:  Cara Keluar dari Grup Facebook di HP dan PC

Cara Mengubah Resolusi Foto dengan Adobe Express: Siap Upload ke Berbagai Media Sosial

Siapa yang belum pernah mendengar Adobe? Tentu sebagian besar dari Anda tentu pernah mendengar Adobe Photoshop, Adobe Reader, dan segudang produk lainnya dari Adobe. Akhir taun 2021 yang lalu, Adobe meluncurkan Adobe Express yang merupakan platform desain berbasis cloud. Nah, salah satu fitur yang ditawarkan oleh Adobe Express adalah resize image. Menariknya lagi, fitur resize image ini ditawarkan secara gratis!

Adobe Express sudah memiliki template ukuran untuk berbagai media sosial, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan berbagai media sosial lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing mencari resolusi yang tepat untuk foto yang akan Anda upload ke Instagram atau medsos lainnya. Berikut ini cara mengganti dimensi foto menggunakan Adobe Express:

  1. Login ke akun Adobe Anda pada laman ini. Bila Anda belum mempunyai akun, Anda bisa membuat akun baru secara gratis atau Anda juga bisa login menggunakan akun Google, Facebook, atau Apple Anda.
  2. Buka laman Adobe Express untuk mulai mengganti dimensi foto atau gambar Anda.
  3. Pilih foto yang ingin Anda ubah ukurannya dengan mengklik menu Upload atau Browse on your device. Bila Anda menggunakan laptop, Anda juga bisa drag & drop foto Anda ke laman Adobe Express.
    Adobe Express - Upload foto yang akan di resize
  4. Pada bagian Resize for pilih salah satu opsi sesuai media sosial yang Anda gunakan. Setelah itu, pilih resolusi mana yang Anda inginkan. Pada contoh ini, kami akan memilih Instagram dan resolusi 1.91:1 (1080×566). Anda dapat memperbesar serta memperkecil foto dengan menggeser slidebar Image scale
    Catatan: Anda juga dapat menggeser foto untuk mendapatkan fokus yang sesuai.
    Adobe Express - Resize foto online
  5. Jika Anda ingin resolusi custom, pilih opsi Custom pada bagian Resize for. Setelah itu, masukkan lebar foto (dalam pixel) pada bagian Width dan tinggi foto pada bagian Height. Sebagai contoh, misalnya Anda ingin pas foto berukuran 600×800 maka masukkan 600 pada bagian Width dan 800 pada bagian Height.
    Adobe Express -  Mengubah Resolusi Foto Online
  6. Klik tombol Download apabila Anda ingin mengunduh foto yang sudah Anda ubah resolusinya. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke laman kerja Adobe Express dan foto Anda akan terunduh secara otomatis.
  7. Bila Anda ingin mengunduh dalam format lain, klik tombol Download di pojok kanan atas halaman Adobe Express kemudian pilih salah satu format yang tersedia (PNG, JPG, atau PDF) dan klik Start Download.
    Adobe Express - Mengunduh Foto

Sekarang, Anda dapat langsung mengupload foto Anda ke Instagram, Twitter, atau medsos lainnya. Jika Anda ingin menambahkan teks atau efek pada foto, Adobe Express juga menyediakan berbagai fitur tersebut. Selamat berkreasi!

Baca juga:  Cara Mengganti Wallpaper Laptop dan Komputer Windows 10 & 11

Cara Mengubah Resolusi Foto dengan PicResize: Tambah Special Effect ke Foto

PicResize merupakan salah satu tool image resizer yang cukup populer. Dengan tagline “The Internet’s Original Picture Resizing Tool”, PicResize mengklaim sudah membantu mengedit lebih dari 250 juta foto. Salah satu hal menarik yang dimiliki PicResize adalah kemampuan untuk mengubah resolusi banyak foto sekaligus. Berikut ini cara mengubah resolusi foto online di HP dan laptop menggunakan PicResize:

  1. Buka website PicResize untuk mulai mengubah dimensi foto Anda.
  2. Tekan Browse untuk memilih foto atau gambar yang ingin Anda ubah resolusinya, kemudian tekan tombol Continue to Edit Picture. Anda juga bisa langsung drag & drop foto Anda ke kotak yang sudah disediakan.
    Pic Resize - Memilih Foto yang di resize
    Catatan: PicResize juga menyediakan 2 opsi lainnya yakni From URL dan Multiple Pics. Opsi From URL digunakan untuk mengubah gambar dari URL tertentu, sementara Multiple Pics dapat Anda pakai untuk merubah resolusi banyak foto atau gambar sekaligus.
  3. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke laman untuk mengedit foto Anda. Pada bagian Crop and Rotate Your Picture, ada beberapa menu yang bisa Anda gunakan (sebagai catatan, menu di bawah ini bersifat opsional):
    • Crop Selection: Memotong sebagian foto (Anda harus menyeleksi area di foto Anda terlebih dahulu dengan mouse atau touchscreen)
    • Deselect: Menghapus area yang sudah diseleksi
    • Rotate: Memutar foto Anda 90 derajat searah atau berlawanan arah jarum jam
    • Flip: Mencerminkan foto Anda secara vertikal atau horizontal
    Pic Resize - Mengedit Foto Online
  4. Scroll ke bawah dan Anda akan menemukan beberapa menu lain untuk merubah foto Anda:
    • Resize Your Picture: Menu untuk mengubah ukuran foto Anda, misalnya menjadi 25% lebih kecil. Bila Anda menginginkan ukuran custom, pilih opsi Custom dan masukkan lebar serta tinggi foto sesuai kebutuhan. Resolusi final foto Anda tertera di bagian Estimated Final.
    • Choose Special Effect: Menu untuk menambahkan efek di foto Anda misalnya graysacle, polaroid, dll. Menu ini bersifat opsional.
    • Save As: Menu untuk memilih dalam format apa foto Anda akan disimpan. Terdapat 4 pilihan format yakni JPG, GIF, PNG, dan BMP.
    Pic Resize - Mengubah Resolusi Gambar Online
  5. Setelah selesai mengedit foto Anda, tekan tombol I’m Done, Resize My Picture!
  6. Anda akan dibawa ke laman baru. Tekan Save to Disk untuk menyimpan foto Anda ke HP atau PC.
    Pic Resize - Mengunduh gambar yang sudah di resize

Demikian artikel mengenai cara mengubah resolusi foto online di HP dan laptop. Apakah Anda mengalami kesulitan dengan langkah-langkah di atas? Jika Anda mempunyai pertanyaan atau kesulitan, silakan berdiskusi melalui kolom komentar di bawah ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments