Cara Mudah Share Screen Google Meet di PC dan HP

4 min read

Cara Share Screen Google Meet di PC dan HP

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak sekolah dan perusahaan beralih ke metode daring (online) untuk melaksanakan aktivitasnya. Karena itu, tidaklah mengherankan bila penggunaan software video conferencing untuk menyelenggarakan kelas dan meeting online meningkat pesat. Salah satu aplikasi video conferencing tersebut adalah Google Meet.

Berkat nama besar Google, kepopuleran Google Meet meningkat pesat dalam kurun waktu yang relatif singkat. Selain gratis, banyak orang tertarik dengan Google Meet karena simpel dan mudah digunakan. Meskipun gratis, Google Meet tetap dibekali dengan berbagai fitur esensial dari sebuah aplikasi video conferencing. Salah satu dari sekian banyak fitur tersebut adalah share screen.

Dengan fitur share screen ini, Anda dapat menampilkan PPT, foto, bahkan film sekalipun di Google Meet. Cara melakukan share screen di Google Meet pun tergolong cukup mudah, baik di PC maupun di smartphone. Berikut ini cara melakukannya.

Cara Share Screen Google Meet di PC (Windows dan macOS)

Pertama-tama, perlu dicatat bahwa Google Meet hanya bisa diakses melalui browser. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan salah satu browser favorit Anda untuk mengakses Google Meet. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan browser Google Chrome dikarenakan keduanya sama-sama merupakan produk Google sehingga kompatibilitasnya dengan Google Meet terjamin. Dalam pembuatan tutorial ini, kami juga akan menggunakan Google Chrome untuk membuka Google Meet.

Hal kedua yang perlu Anda ketahui adalah fitur share screen di Google Meet mempunyai nama yang berbeda, yakni Present atau Presentasikan bergantung bahasa yang Anda gunakan di akun Google Anda. Karena itu, Anda tidak perlu kuatir bila tidak menemukan tombol share screen di Google Meet.

Share Screen Google Meet di PC Sebelum Masuk Meeting

Cara melakukan share screen di Google Meet sebelum masuk ke meeting adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman Google Meet kemudian klik tombol Sign in untuk login menggunakan akun Google Anda. Jika Anda belum mempunyai akun Google, Anda bisa membaca artikel kami mengenai cara membuat akun Google.
    Sign in Google Meet
  2. Klik New Meeting untuk membuat meeting baru atau masukkan kode atau link invite pada kolom Enter a code or link untuk bergabung ke meeting yang sudah ada.
    Masuk meeting Google Meet
  3. Apabila Anda mengklik New Meeting, terdapat 3 pilihan yang bisa Anda pilih:
    Pilihan New Meeting Google Meet
    • Create a meeting for later: Membuat meeting yang dimulai di waktu yang akan datang.
    • Start an instant meeting: Memulai meeting saat itu juga.
    • Schedule in Google Calendar: Membuat meeting yang terjadwal di Google Calendar.
  4. Setelah itu, klik tombol Present untuk memulai share screen.
    Cara menampilkan PPT di Google Meet
  5. Anda akan melihat jendela baru berisi opsi untuk share screen seperti di bawah ini. Terdapat 3 pilihan cara share screen yang bisa Anda pilih:
    Pilihan Share Screen Google Meet
    • Chrome Tab: Share screen salah satu tab Google Chrome yang sedang dibuka di komputer atau laptop Anda.
    • Your Entire Screen: Membagikan seluruh layar komputer atau laptop Anda. Hal ini berarti peserta lain dapat melihat seluruh aktivitas yang sedang Anda lakukan di PC Anda. Karena itu, Anda perlu berhati-hati bila memilih opsi ini.
    • Application Window: Membagikan jendela salah satu aplikasi yang sedang Anda buka.
  6. Pilih salah satu cara share screen yang Anda inginkan. Misalnya, apabila Anda ingin membagikan salah satu tab Chrome maka pilih bagian Chrome Tab kemudian pilih tab Google Chrome yang ingin dibagikan.
    Memilih tab Chrome untuk share screen
  7. Centang opsi Share audio bila Anda ingin share screen di Google Meet dengan suara/ audio.
    Cara share screen di Google Meet dengan suara
  8. Klik Share untuk memulai proses share screen.
    Cara share screen Google Meet

Anda sudah membagikan layar komputer atau laptop Anda kepada peserta meeting lainnya. Apabila Anda sudah selesai membagikan layar, Anda dapat menekan tombol Stop sharing yang berada di tengah bawah layar Anda.

Stop share screen Google Meet

Bila Anda membagikan salah satu tab Google Chrome, Anda dapat berhenti melakukan share screen dengan menekan tombol Stop yang berada di samping tulisan Sharing this tab to meet.google.com.

Stop share screen tab Google Chrome

Share Screen Google Meet di PC Setelah Masuk Meeting

Untuk menampilkan PPT atau melakukan share screen di Google Meet setelah masuk ke meeting, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol Present now.
    Share screen Google Meet dalam meeting
  2. Selanjutnya, Anda akan melihat 3 pilihan untuk share screen seperti di bawah ini.
    Opsi share screen Google Meet
    Berikut penjelasan dari masing-masing opsi tersebut:
    • Your entire screen
      Share your entire screen Google Meet
      Opsi ini dapat Anda gunakan bila ingin membagikan seluruh layar laptop atau komputer Anda. Untuk melakukannya, pilih layar yang ingin Anda bagikan dan klik tombol Share. Namun, perlu diingat bahwa hal ini berarti peserta meeting lainnya dapat melihat seluruh aktivitas yang sedang Anda lakukan di PC. Karena itu, Anda perlu berhati-hati bila membuka data atau file penting saat share screen.
    • A window
      Share an application window Google Meet
      Pilih opsi ini bila Anda ingin membagikan jendela aplikasi tertentu, misalnya bila Anda ingin menampilkan PPT di Google Meet. Caranya, pilih jendela aplikasi yang ingin Anda bagikan tersebut kemudian klik Share.
    • A tab
      Share a Chrome tab Google Meet
      Opsi ini dapat Anda gunakan bila Anda ingin membagikan salah satu tab di Google Chrome saja, misalnya untuk membagikan video YouTube atau website Anda. Untuk melakukannya, pilih tab yang ingin Anda bagikan kemudian tekan tombol Share.
Baca juga:  BukuGaji, Aplikasi Manajemen Karyawan Mudah dan Cepat

Anda telah berhasil share screen di Google Meet kepada peserta meeting lainnya. Jika Anda telah selesai share screen, Anda dapat menekan tombol Stop sharing yang berada di tengah bawah layar Anda.

Stop share screen Google Meet

Bila Anda membagikan layar dengan opsi A tab (membagikan salah satu tab Google Chrome saja), Anda dapat berhenti share screen dengan menekan Stop yang berada di samping tulisan Sharing this tab to meet.google.com.

Stop share screen tab Google Chrome

Cara Share Screen Google Meet di HP (Android dan iOS)

Berbeda dengan Google Meet PC yang hanya bisa diakses menggunakan browser, Google menyediakan aplikasi khusus untuk Google Meet di Android dan iOS. Bila Anda belum mempunyai apps Google Meet, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di sini (Android) atau di sini (iOS).

Catatan: Share screen Google Meet di Android dan iOS akan membagikan seluruh layar smartphone Anda kepada peserta. Karena itu, Anda perlu berhati-hati apabila membuka file yang bersifat penting atau rahasia ketika share screen.

Selanjutnya, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini untuk melakukan share screen di Google Meet Android dan iOS:

  1. Buka aplikasi Google Meet di smartphone kemudian pilih akun Google yang ingin Anda gunakan untuk mengakses Google Meet. Bila Anda belum mempunyai akun Google, Anda dapat membuat akun Google terlebih dahulu.
    Sign in Google Meet Android dan iOS
  2. Klik tombol New meeting untuk membuat room baru atau klik Join with a code untuk bergabung ke meeting yang sedang berlangsung.
    Mulai meeting Google Meet HP
  3. Jika Anda mengklik New meeting, terdapat 3 pilihan yang bisa Anda pilih:
    Pilihan new meeting apps Google Meet
    • Create a meeting for later: Membuat meeting yang dimulai di waktu yang akan datang.
    • Start an instant meeting: Memulai meeting saat itu juga.
    • Schedule in Google Calendar: Membuat meeting yang terjadwal di Google Calendar.
  4. Setelah berada di dalam meeting, klik tombol titik tiga di pojok kanan bawah layar HP Anda.
    Share screen Google Meet Android
  5. Pilih menu Share screen.
    Share screen Google Meet di HP
  6. Google Meet akan memberikan peringatan bahwa peserta nantinya dapat melihat semua hal di layar HP Anda (termasuk notifikasi sekalipun). Klik Start sharing untuk melanjutkan proses share screen.
    Cara share screen Google Meet di Android iOS
  7. Selanjutnya, Anda mungkin akan memperoleh notifikasi seperti di bawah ini. Klik Start now untuk memulai proses share screen.
    Exposing sensitive info Google Meet

Jika Anda ingin menghentikan share screen tekan tombol Stop sharing di aplikasi Google Meet Anda.

Berhenti share screen Google Meet HP

Sekian artikel mengenai cara share screen Google Meet baik di PC maupun smartphone. Bila Anda memerlukan rekomendasi aplikasi video conferencing untuk kebutuhan meeting online Anda, kami sarankan Anda untuk membaca artikel kami tentang aplikasi video conferencing gratis terbaik.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments