5 Cara Mudah Uninstall Program/ Aplikasi di Windows 10

2 min read

Cara Uninstall Program Windows 10

Jumlah program/ aplikasi yang terlalu banyak di komputer dapat membuat space di harddisk menjadi penuh. Selain itu, hal ini juga dapat memperlambat kinerja komputer. Oleh karena itu, Anda terkadang perlu meng-uninstall program/ aplikasi yang jarang digunakan di Windows 10 Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meng-uninstall program di Windows 10. Windows 10 sudah menyediakan uninstaller bawaan melalui Start Menu maupun Settings. Ada pula uninstaller melalui Control Panel yang sudah ada sejak lama. Selain itu, Anda dapat pula menggunakan uninstaller bawaan program maupun dari software third party.

Catatan: Perlu diperhatikan bahwa tidak semua program dapat di-uninstall dengan cara-cara di bawah ini, khususnya program bawaan Windows seperti Microsoft Edge.

1. Uninstall Aplikasi/ Program Melalui Settings

Cara pertama ini memiliki kelebihan dibanding beberapa cara lainnya karena Anda dapat melihat semua program yang Anda miliki di komputer. Untuk memulainya, klik tombol Settings di Start Menu.

Klik Settings pada Start Menu

Akan muncul jendela Windows Setings. Selanjutnya, pilih menu Apps.

Pilih menu Apps pada Windows Settings

Pada tab Apps & features, Anda bisa melihat semua program yang ada di Windows 10 Anda. Hal ini mencakup baik Universal Windows Platform (UWP) apps (atau yang sebelumnya dikenal sebagai Windows Store apps dan Metro-style apps) maupun aplikasi standar desktop.

Untuk menghapus program dari Windows 10 Anda, klik salah satu program tersebut kemudian pilih Uninstall.

Pada tab Apps & Features, pilih program yang ingin diuninstall

Kemudian, Anda akan melihat tulisan “This app and its related info will be uninstalled”. Klik Uninstall untuk melanjutkan prosesnya. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah uninstall yang ada di layar (bisa berbeda-beda tiap program).

Baca juga:  3 Cara Mengambil Screenshot di Laptop/ PC (Windows 10, 8, 7)

2. Uninstall Aplikasi/ Program Melalui Control Panel

Cara kedua ini merupakan cara yang sudah ada di Windows sejak lama, namun masih bisa dilakukan di Windows 10. Pertama-tama, ketik Control Panel di kotak Search dan pilih Control Panel.

Klik Control Panel di hasil search

Jendela Control Panel akan terbuka. Pilih View by: Category di pojok kanan atas jendela Control Panel. Selanjutnya, pilih menu Uninstall a program.

Pilih menu Uninstall a program

Di sini, Anda dapat memilih program yang ingin dihapus dari komputer Anda. Klik kanan pada program tersebut kemudian pilih Uninstall/Change. Apabila ada jendela konfirmasi yang menanyakan apakah Anda yakin akan meng-uninstall program tersebut, klik Yes untuk melanjutkan. Setelah itu, ikuti proses uninstall yang ada di layar Anda.

Klik kanan program lalu pilih Uninstall

3. Uninstall Melalui Menu Startup

Dibandingkan cara yang lain, cara ketiga ini merupakan cara uninstall program yang relatif mudah. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengklik menu Startup di pojok kiri bawah.

Klik tombol Start Menu

Selanjutnya, pilih salah satu program yang ingin Anda uninstall. Klik kanan program tersebut kemudian pilih Uninstall.

Ketika meng-uninstall beberapa program, jendela Programs and Features akan terbuka. Pilih salah satu program yang ingin dihapus, klik kanan kemudian pilih Uninstall/Change (sama dengan cara nomor 2 sebelumnya).

4. Uninstall dengan Uninstaller dari Program/ Aplikasi

Cara lain untuk uninstall program dari Windows 10 adalah menggunakan uninstaller dari aplikasi itu sendiri. Biasanya, uninstaller dari program terletak di folder instalasi program tersebut.

Untuk mengecek tempat instalasi, Anda dapat mengklik kanan shortcut program tersebut di desktop kemudian pilih Open file location.

Klik kanan lalu pilih Open file location

Selanjutnya, di dalam folder instalasi program tersebut cari file bernama uninstall.exe, unins000.exe, uninst.exe, atau semacamnya. File tersebut umumnya berada di folder utama (main folder) instalasi program, namun bisa saja tersembunyi di salah satu subfolder. Tipsnya, Anda bisa menggunakan kotak search yang ada di sebelah kanan atas jendela untuk mencari file tersebut.

Cari uninstall.exe atau semacamnya
Catatan: Terkadang, sebuah program tidak mempunyai uninstaller, namun Anda dapat meng-uninstallnya dengan menggunakan Setup yang sama dengan yang dulu Anda gunakan untuk menginstall program tersebut.

5. Uninstall dengan Software Third-Party

Apabila Anda jarang meng-install atau uninstall program, Anda mungkin belum memerlukan software uninstaller. Hal ini dikarenakan uninstaller bawaan program atau Windows dapat meng-uninstall program dengan cukup baik.

Baca juga:  5 Software Gratis untuk Cek Suhu Laptop/ Komputer

Namun, adakalanya terdapat beberapa file atau folder yang tertinggal. Bila Anda kerap meng-uninstall program, ada kemungkinan “sisa file” yang tidak bersih setelah uninstall tersebut bisa menumpuk. Oleh karena itu, keberadaan software uninstaller third-party diperlukan.

Beberapa software third-party yang bisa Anda gunakan antara lain:

Program-program tersebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan uninstaller bawaan Windows, seperti adanya fitur automatic restore point, drag & drop, file recovery tool, dan lain-lain.

Apabila Anda mempunyai cara lain untuk menghapus program di Windows 10, Anda bisa berkomentar di kolom berikut ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments