Cara Unsend Email di Gmail, Outlook, dan Yahoo Mail

6 min read

Cara Unsend Email

Di dunia yang serba digital ini, email sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan lagi. Banyak orang memanfaatkan email untuk berkirim pesan, dari mulai pesan pribadi hingga lamaran pekerjaan. Sebagai manusia yang tidak pernah lepas dari kesalahan, kita mungkin pernah melakukan kesalahan ketika mengirim email, entah salah tujuan atau salah kata dalam email. Untungnya, penyedia layanan email sudah mengantisipasi hal tersebut. Mereka menciptakan fitur yang sering disebut sebagai Undo Send atau Unsend email.

Pada dasarnya, Undo Send atau Unsend email ini berguna untuk membatalkan email yang sudah terkirim. Namun, cara unsend email berbeda-beda antara Gmail, Outlook, dan Yahoo Mail. Pada artikel ini, Anda dapat mengetahui cara unsend email untuk tiap layanan tersebut beserta keterbatasannya masing-masing.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Apabila Anda menggunakan email Gmail, Anda cukup beruntung karena Gmail memiliki fitur yang melimpah. Satu di antara banyak fitur tersebut adalah Undo Send. Fitur ini pertama kali diluncurkan di tahun 2015 sebagai fitur opsional. Seiring berjalannya waktu, fitur ini sudah diaktifkan secara default di Gmail.

Dengan fitur ini, Anda dapat membatalkan email yang sudah terkirim di Gmail. Fitur ini merupakan salah satu kelebihan Gmail yang disambut positif oleh banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa fitur Undo Send (Unsend) di Gmail ini memiliki durasi/ batas waktu tertentu. Jika melewati batas waktu tersebut, Anda tidak bisa lagi meng-unsend email yang Anda kirim.

Mengatur Durasi Undo Send (Unsend) di Gmail (PC)

Secara default, Anda hanya mempunyai waktu 5 detik untuk unsend email di Gmail bila Anda berubah pikiran. Untungnya, Anda dapat memperpanjang durasi unsend tersebut hingga 30 detik.

Untuk mengatur durasi unsend di Gmail, Anda perlu membuka Gmail menggunakan PC dan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka laman Gmail ini, kemudian silakan login menggunakan akun Google atau Gmail Anda (apabila belum login).
    Halaman login Gmail
  2. Di halaman Gmail, klik tombol Settings (angka 1) di pojok kanan atas kemudian klik See all settings (angka 2).
    Mengatur setting unsend Gmail
  3. Pada tab General, cari menu Undo Send. Di bagian Send cancellation period, ganti batas waktu unsend sesuai keinginan Anda. Pilihan yang tersedia adalah 5, 10, 20, dan 30 detik.
    Mengatur durasi unsend Gmail
  4. Setelah selesai, scroll ke bawah dan klik Save changes.
    Menyimpan setting unsend Gmail

Cara Unsend Email di Gmail (PC, Android, iOS)

Setelah mengatur batas waktu Undo Send, Anda akan melihat tombol Undo selama durasi waktu tersebut tiap kali Anda mengirim email. Tombol Undo tersebut dapat Anda temukan di bagian pojok kiri bawah jika Anda menggunakan Gmail di komputer atau laptop.

Membatalkan email yang sudah dikirim di Gmail PC

Bila Anda menggunakan iPhone atau Android, Anda bisa menemukan tombol Undo di bagian kanan bawah layar HP Anda.

Membatalkan email yang sudah dikirim di Gmail Android

Setelah Anda mengklik tombol Undo, pesan yang Anda kirim akan batal dikirim dan berubah menjadi Draft yang bisa Anda edit.

Baca juga:  10+ Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Opsi “Confirm before sending” (Android)

Bila Anda menggunakan Android, Anda dapat menggunakan opsi tambahan bernama “Confirm before sending”. Opsi ini akan meminta konfirmasi Anda sebelum mengirim email. Anda dapat mereview email Anda sekali lagi sebelum dikirim. Dengan demikian, kemungkinan Anda salah mengirim email menjadi lebih kecil dan secara tidak langsung memperkecil perlunya tombol Undo Send.

Untuk mengaktifkan fitur Confirm before sending ini, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol garis tiga di pojok kanan atas layar.
  2. Scroll ke bawah kemudian pilih Settings.
  3. Pilih menu General Settings.
  4. Di General Setttings, scroll ke bagian paling bawah lalu centang opsi Confirm before sending.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, Anda akan melihat konfirmasi seperti gambar di bawah ini ketika akan mengirim email.

Contoh konfirmasi sebelum mengirim email

Meski Anda mengaktifkan fitur Confirm before sending, Anda juga tetap dapat mengklik Undo bila ingin membatalkan email yang sudah dikirim tersebut. Karena itu, opsi Confirm before sending ini dapat disebut sebagai “pengaman kedua” ketika mengirimkan email.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Outlook

Selain di Gmail, Anda juga dapat membatalkan email yang sudah terkirim di Outlook. Anda bisa membatalkannya lewat website Outlook.com atau menggunakan aplikasi Outlook. Namun, kedua cara tersebut memiliki langkah-langkah unsend yang berbeda.

Cara Unsend Email di Outlook.com (PC)

Cara pertama untuk membatalkan email yang sudah dikirim di Outlook adalah lewat web Outlook secara langsung. Namun, perlu diingat bahwa fitur unsend ini secara default belum aktif sehingga Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Catatan: Fitur Undo Send ini hanya ada di Outlook versi PC. Outlook versi mobile belum memiliki fitur Undo ketika artikel ini terbit (September 2020). Namun, mengingat ketatnya persaingan antara Gmail dan Outlook, kemungkinan besar fitur ini juga akan muncul di Outlook mobile suatu saat.

Anda dapat mengikuti langkah berikut ini untuk mengaktifkan fitur unsend di web Outlook:

  1. Buka laman Outlook untuk masuk ke email Anda. Bila Anda belum login, silakan login terlebih dahulu ke akun Microsoft atau Outlook Anda.
    Sign in Outlook
  2. Di bagian pojok kanan atas, klik tombol Settings yang berbentuk gir (angka 1). Pada bagian kanan bawah, pilih menu View all Outlook settings (angka 2).
    Unsend email Outlook - Settings
  3. Pilih tab Email, kemudian pilih Compose and Reply.
    Unsend email Outlook - Compose and Reply
  4. Di panel sebelah kanan, scroll ke bawah kemudian cari menu Undo send. Geser slider ke kanan untuk mengatur berapa lama unsend email dapat dilakukan setelah email terkirim. Anda bisa menggesernya ke 5 atau 10 detik. Setelah itu, tekan Save untuk menyimpan perubahannya.
    Unsend email Outlook - Durasi unsend

Setelah itu, fitur unsend email akan aktif di Outlook. Tiap kali Anda mengirim email, Anda akan melihat tombol Undo di tengah bawah layar.

Unsend email Outlook - Tombol Undo Send

Jika Anda mengklik tombol Undo, Outlook akan membatalkan pengiriman email. Perlu diingat bahwa unsend email ini hanya bisa dilakukan maksimal 5 atau 10 detik setelah email terkirim (tergantung setting yang Anda pilih sebelumnya). Selanjutnya, email tersebut kembali menjadi draft yang bisa Anda edit.

Baca juga:  Belajar Microsoft Word: Panduan Lengkap (+Gambar)

Cara Unsend (Recall) Email di Aplikasi Outlook (PC)

Di samping menggunakan web Outlook, Anda juga dapat membatalkan email yang sudah Anda kirim di aplikasi Outlook pada PC. Namun, istilah yang digunakan aplikasi Outlook PC ini berbeda dengan istilah di web Outlook. Bila web Outlook menggunakan istilah Undo Send (Unsend), Outlook PC menggunakan istilah Recall Email/ Recall Message. Meski berbeda istilah, namun fungsi Recall Message ini pada dasarnya sama dengan Unsend.

Sayangnya, fungsi Recall Message ini memiliki keterbatasan. Menurut pernyataan dari situs Microsoft, Anda dan penerima email harus sama-sama menggunakan akun email Microsoft Exchange atau Office 365 serta harus berada dalam organisasi yang sama. Jika Anda atau penerima email tidak memenuhi syarat tersebut, besar kemungkinan email Anda tidak dapat dibatalkan kembali.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba atau paling tidak mengetahui cara unsend di aplikasi Outlook. Pertama-tama, Anda perlu login di aplikasi Outlook menggunakan akun Anda. Berikut cara login di aplikasi Outlook PC:

  1. Buka aplikasi Outlook, kemudian masukkan alamat email Outlook Anda.
    Sign in aplikasi Outlook
  2. Masukkan password email Outlook Anda, kemudian klik Sign in untuk masuk ke dalam email.
    Masukkan password email Outlook
  3. Setelah itu, Anda akan melihat jendela yang memberitahukan bahwa email Anda berhasil ditambahkan ke Outlook. Klik Done untuk melanjutkan.
    Menambahkan email Outlook di aplikasi

Setelah itu, Anda dapat memulai menulis email. Apabila Anda ingin membatalkan email yang sudah dikirimkan, Anda dapat menggunakan langkah berikut ini:

  1. Pilih bagian Sent items pada panel sebelah kiri.
    Recall email Outlook - Sent Items
  2. Di panel tengah, klik 2 kali email yang ingin Anda recall (unsend).
    Recall email Outlook - Pilih email
  3. Anda akan melihat email tersebut terbuka di jendela baru. Selanjutnya, pilih menu Message > Move > Actions > Recall this Message…
    Recall this message Outlook
  4. Pilih salah satu dari 2 opsi berikut untuk membatalkan pengiriman email:
    1. Delete unread copies of this message: Pilih apabila Anda ingin membatalkan pengiriman email tanpa mengirim email pengganti.
    2. Delete unread copies and replace with a new message: Pilih apabila Anda ingin membatalkan pengiriman email dan menggantinya dengan email baru.
    Pilihan recall email Outlook
  5. Centang opsi Tell me if recall succeeds or fails for each recipient untuk mendapat pemberitahuan apakah email Anda berhasil di-unsend atau tidak. Pilih OK untuk memulai proses recall.
    Pilihan recall email Outlook - 2
  6. Anda akan melihat pesan seperti di bawah ini yang memberitahukan bahwa Anda mencoba meng-unsend email yang dikirimkan.
    Pemberitahuan recall email Outlook

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Yahoo Mail

Pentingnya fitur Unsend membuat Yahoo juga menyematkan fitur ini di aplikasi mobile-nya. Sayangnya, fitur ini belum tersedia di Yahoo versi desktop/ PC. Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan trik tertentu. Bagaimana caranya?

Baca juga:  2 Cara Membuat Akun Gmail (Google) Tanpa Nomor HP

Cara Unsend Email di Yahoo Mail (PC)

Karena Yahoo Mail versi web tidak menyediakan fitur Unsend, Anda tidak dapat melakukan unsend secara langsung di Yahoo Mail versi web. Bila Anda menggunakan smartphone, Anda masih bisa mengakalinya dengan menginstall aplikasi Yahoo Mail. Namun, jika Anda menggunakan PC, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan email client. Apa itu email client?

Email client merupakan program yang digunakan untuk mengakses dan mengatur email. Selain itu, Anda juga bisa mengirim atau menerima email lewat program ini. Email client dapat mempermudah pengguna untuk mengatur emailnya lewat berbagai fitur yang dimilikinya. Salah satu fitur tersebut adalah fitur unsend yang kita bahas tadi.

Aplikasi Mailbird PC
Mailbird, salah satu contoh email client untuk Windows (Sumber: getmailbird.com)

Karena itu, bila Anda ingin membatalkan email di Ymail, Anda bisa menggunakan email client. Berikut beberapa contoh email client yang bisa Anda pakai:

Mengaktifkan Fitur Undo Send di Aplikasi Yahoo Mail (Android & iOS)

Jika Anda menggunakan aplikasi Yahoo Mail di Android atau iOS, Anda cukup beruntung karena dapat menggunakan fitur Unsend. Fitur tersebut sudah aktif secara otomatis ketika menginstall aplikasi Yahoo Mail. Namun, Anda sebaiknya tetap perlu memastikan bahwa fitur Unsend sudah aktif di aplikasi Yahoo Mail.

Catatan: Karena keterbatasan perangkat, kami hanya memberikan langkah-langkah untuk Android.

Berikut cara mengaktifkan fasilitas Unsend di aplikasi Yahoo Mail:

  1. Tekan foto profil Anda di pojok kiri atas.
  2. Panel sebelah kiri akan terbuka. Tekan menu Settings untuk membuka pengaturan email Yahoo Anda.
  3. Scroll ke bawah, kemudian cari Allow undo send dan pastikan opsi tersebut sudah aktif (slidebar sudah digeser ke kanan seperti pada gambar di bawah ini).

Cara Undo Send di Aplikasi Yahoo Mail (Android & iOS)

Setelah memastikan bahwa fitur Unsend sudah aktif, Anda dapat mencoba mengirim email lewat aplikasi Yahoo Mail. Setelah email dikirim, Anda dapat melihat tombol Undo yang berada di pojok kanan bawah layar smartphone Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya memiliki waktu 2 detik untuk membatalkan email yang sudah dikirim.

Undo Send Yahoo Mail
Tombol Undo Send di Aplikasi Yahoo Mail (Android)

Setelah Anda memencet tombol Undo, email tersebut akan kembali menjadi draft yang bisa Anda edit kembali.

Kesimpulan

Adanya fitur Undo Send atau Unsend sangat berguna apabila kita melakukan kesalahan dalam mengirim email, entah salah tujuan atau salah isi email. Untungnya, hampir semua penyedia layanan email memiliki fitur tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa Outlook hanya menyediakan fitur Unsend di desktop, sedangkan Yahoo Mail hanya menyediakan di aplikasi mobile. Sementara itu, bila Anda menggunakan Gmail, Anda dapat menggunakan fitur Unsend baik di desktop maupun mobile tanpa perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Sekian artikel mengenai cara membatalkan email yang sudah terkirim baik di Gmail, Outlook (Hotmail), maupun Yahoo Mail (Ymail). Silakan share artikel ini jika Anda merasa artikel ini bermanfaat.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments