15 Fitur Gmail yang Jarang Diketahui

5 min read

Fitur Gmail

Gmail sudah berumur lebih dari 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan tahun 2004 lalu. Sejak saat itu, Gmail yang dulunya masih merupakan “pemain baru” di dunia email telah menjelma menjadi “raksasa” dengan lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia.

Banyak perubahan yang telah terjadi selama 16 tahun perjalanan Gmail tersebut. Bila Anda telah mempunyai akun Gmail sejak lama, Anda mungkin menyadari bahwa banyak fitur-fitur Gmail baru yang telah ditambahkan sejak Gmail pertama kali berdiri.

Sayangnya, masih banyak orang belum menggunakan fitur-fitur Gmail tersebut secara optimal. Karenanya, kami membuat artikel ini agar Anda dapat mengetahui berbagai fitur Gmail yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Berikut fitur-fitur Gmail yang bisa Anda nikmati sebagai pengguna Gmail:

1. Undo Send: Unsend email yang telah Anda kirim

Fitur Gmail - Undo Send

Pernahkah Anda tidak sengaja mengklik tombol Send padahal belum selesai mengetik email? Atau mungkin Anda pernah salah alamat ketika mengirim email? Kedua contoh di atas membuktikan perlunya tombol Unsend untuk email.

Untungnya, Gmail sudah dilengkapi dengan fitur Unsend tersebut. Anda bahkan dapat membatalkan pengiriman email hingga 30 detik setelah email dikirim. Cukup dengan menekan 1 tombol, maka email tersebut akan diunsend oleh Gmail. Sangat praktis kan?

2. Smart Reply: Balas email dengan cepat

Fitur Gmail - Smart Reply

Apabila Anda sedang menyetir mobil dan menerima email penting, Anda mungkin perlu membalas email tersebut dengan segera. Sayangnya, membalas email membutuhkan waktu lebih lama dibanding membaca email. Google menyikapi masalah tersebut dengan menciptakan inovasi baru bernama Smart Reply.

Diluncurkan tahun 2018, fitur ini memungkinkan Anda membalas email hanya dengan beberapa klik saja. Dengan bantuan teknologi AI dari Google, fitur Smart Reply ini akan memberikan Anda “template” balasan sehingga Anda tinggal memilih balasan mana yang Anda inginkan. Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk beberapa bahasa, di antaranya adalah Inggris, Prancis dan Spanyol.

3. Smart Compose: Buat email dengan cepat

Fitur Gmail - Smart Compose

Mirip dengan fitur Smart Reply yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur Smart Compose ini akan membantu Anda dalam membuat email. Pada dasarnya, Gmail menggunakan AI untuk memperkirakan kata-kata apa yang akan Anda ketik selanjutnya.

Baca juga:  Cara Membuat Email Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook

Kata-kata yang disarankan Gmail akan muncul berwarna abu-abu. Apabila kata-kata tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda hanya tinggal menekan tombol Tab di keyboard dan kata-kata tersebut akan tertulis di email Anda.

Adanya fitur ini tentu akan menghemat waktu Anda untuk menulis email. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini baru tersedia di beberapa bahasa seperti Inggris, Prancis, Spanyol, dan Portugis.

4. Schedule Send: Atur kapan email dikirim

Fitur Gmail - Schedule Send

Diluncurkan bulan Mei tahun lalu, fitur ini merupakan fitur yang tergolong baru di Gmail. Dengan fitur Schedule Send, Anda dapat mengatur kapan email tersebut dikirimkan ke tujuan.

Fitur ini mempunyai banyak kegunaan, misalnya ketika Anda ingin mengirimkan email ke orang lain yang berada di zona waktu yang berbeda. Selain itu, fitur ini dapat Anda gunakan ketika Anda ingin mengingatkan seseorang (atau bahkan diri sendiri) tentang suatu kegiatan atau acara.

5. Add to Drive: Simpan lampiran ke Google Drive

Fitur Gmail - Add to Drive

Salah satu fitur Gmail yang sangat berguna adalah Add to Drive. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan lampiran email di Google Drive Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengakses lampiran tersebut langsung dari Google Drive dan dapat membagikannya ke orang lain. Namun, fitur ini tentu hanya bisa digunakan selama kapasitas penyimpanan di Google Drive Anda masih belum penuh.

6. Set Expiry: Atur email agar self-destruct

Fitur Gmail - Set expiry

Bila Anda pernah melihat serial film Mission: Impossible yang dibintangi James Bond, Anda tentu pernah melihat adegan di mana pesan untuk James Bond akan hancur (self-destruct) beberapa detik setelah dibaca. Menariknya, Gmail juga menyediakan fitur serupa bernama Set Expiry. Dengan fitur ini, email yang Anda kirim akan secara otomatis dihapus setelah jangka waktu tertentu. Bedanya, jangka waktu self-destruct tersingkat yang dapat Anda pilih adalah 1 hari, bukan beberapa detik.

Fitur Set Expiry ini merupakan bagian dari Confidential Mode yang ada di Gmail. Apabila Anda mengaktifkan Confidential Mode, penerima email tidak akan dapat meneruskan, mengunduh, mencetak, atau bahkan sekedar mengkopi email yang Anda kirimkan. Karena itu, Confidential Mode dapat meningkatkan keamanan dan privasi dari email yang Anda kirim.

7. Passcode: Beri password untuk email Anda

Fitur Gmail - Passcode

Fitur Passcode ini masih merupakan bagian dari Confidential Mode yang telah disebutkan sebelumnya. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan password di email Anda. Dengan demikian, email Anda tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berkepentingan dan tentunya menjadi lebih aman.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Terdapat 2 cara untuk mengirimkan passcode atau password ini. Bila penerima email memiliki akun Google (Gmail), mereka akan mendapatkan password lewat Gmail. Namun, bila penerima tidak memiliki akun Gmail, mereka akan memperoleh password lewat SMS.

8. Snooze Email: Tunda pemberitahuan email

Fitur Gmail - Snooze

Terkadang, Anda mungkin sedang sibuk sehingga tidak sempat membaca atau membalas email. Di sinilah fitur Snooze berperan penting. Dengan fitur Snooze, email akan dihilangkan sementara dari inbox dan akan ditampilkan kembali di bagian atas inbox pada waktu yang telah Anda tentukan. Dengan demikian, Anda dapat membaca dan membalas email tersebut setelah waktu Anda luang.

9. Offline Mail: Buka Gmail tanpa internet

Fitur Gmail - Offline mail

Fitur Gmail yang satu ini cukup berguna ketika Anda tidak memiliki koneksi internet namun ingin membuka Gmail. Dengan fitur ini, Anda tinggal mengetik mail.google.com di browser Chrome dan selanjutnya Chrome akan menampilkan Gmail yang telah disimpan di cache.

Namun, Anda perlu mengaktifkan fitur Gmail ini terlebih dahulu karena fitur ini secara default belum diaktifkan. Untuk menyalakan fitur Offline Mail, buka Settings > Offline di Gmail Anda, kemudian centang opsi Enable offline mail. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa opsi tambahan seperti berapa banyak email yang akan disimpan, apakah email yang diterima dalam 7, 30, atau 90 hari terakhir. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk mendownload lampiran email.

10. Gmailify: Tambah akun email Yahoo atau Hotmail ke Gmail

Fitur Gmail - Gmailify
Sumber: The Keyword (blog.google)

Dengan adanya fitur-fitur menarik di Gmail, banyak orang berbondong-bondong membuat akun Gmail untuk menikmati berbagai fitur eksklusif tersebut. Sayangnya, banyak pengguna “terpaksa” masih menggunakan akun email non-Gmail (Yahoo, Hotmail) mereka karena email tersebut sudah terhubung ke akun lainnya atau ada banyak email penting di akun tersebut.

Untuk memecahkan masalah tersebut, Google meluncurkan fitur Gmailify. Dengan fitur Gmail ini, Anda dapat menautkan email Yahoo atau Hotmail Anda ke Gmail. Nantinya, Anda bisa membaca dan membalas semua email dari akun Gmail Anda.

11. Nudge: Pengingat untuk membalas pesan

Fitur Gmail - Nudge
Sumber: The Keyword (blog.google)

Pernahkah Anda membaca email namun lupa membalasnya? Tentu hal ini dapat merugikan, terlebih apabila email tersebut merupakan email penting seperti email seputar pekerjaan atau bisnis. Google berinisiatif mengembangkan fitur baru yang diberi nama dengan Nudge.

Fitur Nudge ini sangat cocok untuk orang yang sibuk atau pelupa. Fitur ini pada dasarnya akan mengingatkan Anda untuk membalas email yang sudah Anda baca namun belum dibalas. Notifikasi pengingat tersebut akan muncul di samping tiap email.

12. Security Warnings: Peringatan pada email berbahaya

Fitur Gmail - Security Warning

Sebagai raksasa teknologi yang memiliki miliaran pengguna, Google selalu mengutamakan keamanan pada setiap layanan yang dimilikinya. Bila Anda mempunyai akun Google, keamanan tersebut dapat terlihat lewat adanya fitur Two-step verification. Sebagai salah satu layanan Google, Gmail juga memiliki sistem keamanan yang cukup canggih.

Baca juga:  Cara Membuat Akun Google Baru di HP dan Komputer

Dengan menggunakan AI dan database yang luas, Google mempunyai daftar email yang kerap melakukan tindakan berbahaya seperti penipuan, phishing, dan semacamnya. Bila Anda menerima email semacam itu, Gmail akan secara otomatis menandai email tersebut dengan notifikasi berwarna merah. Meski belum 100% akurat, namun Anda patut berhati-hati bila Google memberi peringatan pada email yang Anda terima.

13. Translate: Terjemahkan email berbahasa asing

Fitur Gmail - Translate

Pernahkah Anda mendapat email dari luar negeri dan tidak mengerti apa isinya? Anda tidak perlu kuatir karena Gmail dilengkap dengan fitur terjemahan (Translate). Dengan fitur Gmail ini, pesan berbahasa asing dapat langsung diterjemahkan ke bahasa yang Anda inginkan langsung dari dalam Gmail.

Bagaimana dengan kualitas terjemahannya? Karena Google Translate dan Gmail sama-sama merupakan “anak” dari Google, sudah tentu terjemahan yang diberikan Gmail bersumber dari Google Translate. Dahulu, terjemahan Google Translate mungkin kerap diremehkan. Namun, sekarang kualitas Google Translate sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Jadi, sekarang Anda tidak perlu kuatir bila menerima email berbahasa asing.

14. Theme: Ubah tampilan Gmail Anda

Fitur Gmail - Theme

Apakah Anda merasa bosan dengan tampilan Gmail yang terkesan monoton? Jangan kuatir, Gmail menyediakan fitur Theme untuk Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa mengubah background Gmail dengan gambar-gambar yang sudah disediakan oleh Gmail. Gambar-gambar yand disediakan cukup bervariasi, namun sebagian besar bertema pemandangan dan hewan.

Masih belum puas dengan gambar bawaan dari Gmail? Anda bisa menggunakan gambar atau foto Anda sendiri. Caranya, upload gambar/foto tersebut di Google Photos, dan selanjutnya gambar tersebut bisa Anda pilih sebagai tema di Gmail.

15. Add-ons

Fitur Gmail lainnya yang sangat berguna adalah Add-ons. Add-ons ini berguna untuk mempermudah Anda dalam melakukan manajemen Gmail. Add-ons tersebut memiliki fungsi yang sangat beragam dan terkadang unik. Ada yang berguna untuk mengatur kontak Gmail, menambah enkripsi ke email, atau sebagai pengingat (task reminder). Bahkan, ada pula add-ons yang berguna untuk melacak apakah email yang Anda kirim sudah dibuka oleh penerimanya atau belum.

Penutup

Dengan berbagai fitur yang melimpah, Gmail benar-benar memudahkan penggunanya dalam mengatur email mereka. Meski ada beberapa pro-kontra seputar fitur yang ada di Gmail, namun sebagian besar pengguna merasa puas dengan hadirnya fitur-fitur Gmail tersebut.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut seputar Gmail, Anda bisa membaca artikel kami mengenai cara membuat akun Google (Gmail) dan kelebihan & kekurangan Gmail.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments