Kelebihan dan Kekurangan Gmail yang Wajib Anda Ketahui

4 min read

Kelebihan dan Kekurangan Gmail

Setelah membahas mengenai cara membuat akun Gmail beserta fitur-fitur Gmail, kali ini kita akan mengulas salah satu topik yang jarang dibahas, yakni kelebihan dan kekurangan Gmail. Meski dimiliki oleh Google yang notabene merupakan raksasa teknologi, Gmail tentu tidaklah sempurna 100%. Masih ada beberapa kekurangan Gmail yang kerap dikeluhkan penggunanya. Namun, tentu Gmail juga memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi “raja” di bidang email. Apa saja kelebihan dan kekurangan Gmail? Silakan simak artikel berikut ini.

Kelebihan Gmail

Sebagai produk Google, sudah tentu Gmail disokong dengan infrastruktur kelas wahid. Hal inilah yang membuatnya memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki kompetitornya. Berikut beberapa kelebihan Gmail yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang:

1. Email terkirim secara kilat

Salah satu kelebihan Gmail yang paling utama adalah email yang Anda buat akan terkirim dalam waktu kurang dari 5 detik setelah Anda memencet tombol “Send”. Hal ini cukup berbeda dibandingkan salah satu kompetitor terkuat Gmail yaitu Yahoo Mail yang membutuhkan waktu 10 detik hingga beberapa menit agar email dapat terkirim.

Semua ini dapat terwujud berkat kemampuan Google sebagai salah satu raksasa di bidang teknologi. Berkat infrastruktur dan jaringan Google yang luas di berbagai belahan dunia, email yang Anda kirim dapat sampai ke tujuan secara kilat.

2. Sistem antivirus dan anti-malware yang canggih

Selain memiliki jaringan yang luas, Gmail juga unggul karena sistem antivirus serta anti-malwarenya yang canggih. Semua ini berkat Google yang rutin mengupdate layanan Gmail mereka. Setiap kali Anda akan mengunduh lampiran di email, lampiran tersebut akan di-scan secara otomatis oleh Gmail. Dengan demikian, ancaman virus dan malware terhadap komputer Anda dapat berkurang secara signifikan.

Baca juga:  Cara Membuat Email Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook

Meski antivirus & anti-malware Gmail belum dapat menggantikan peran antivirus di komputer, namun perlindungan yang ada di layanan Gmail ini merupakan pertahanan lini pertama yang cukup efektif untuk sebagian besar virus dan malware.

3. Email dan balasannya dikelompokkan dalam bentuk thread

Kelebihan Gmail - Conversation View

Salah satu kelebihan Gmail yang digemari banyak orang adalah kemampuannya mengelompokkan email beserta balasannya menjadi bentuk thread atau percakapan. Fitur yang merupakan salah satu kelebihan Gmail ini dikenal dengan nama conversation view.

Fitur ini sangat berguna ketika Anda mendapat balasan dari email yang Anda kirim beberapa minggu yang lalu. Dengan adanya fitur conversation view dari Gmail ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari email yang Anda kirim beberapa minggu lalu. Anda dapat langsung melihat apa balasan email Anda sekaligus email yang Anda kirimkan dahulu di satu jendela.

4. Terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya

Sebagai salah satu layanan dari Google, Gmail terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Youtube, Google Form, Google Docs, Google Sheets, dan lain-lain. Integrasi ini tentu memudahkan pengguna untuk menerima notifikasi serta melakukan berbagai aktivitas.

Google Form dapat menjadi salah satu contoh integrasi dari layanan-layanan Google dengan Gmail. Bila Anda membuat Google Form, Anda dapat mengaktifkan fitur notifikasi di Google Form sehingga Anda akan mendapat email notifikasi tiap kali ada responden yang mengisi Google Form Anda. Selain itu, Anda dapat juga meng-embed Google Form ke email sehingga responden bisa langsung mengisi Google Form tersebut dari Gmail mereka. Sangat menarik kan?

5. Anti spam yang efektif

Kelebihan Gmail - Antispam

Gmail juga memiliki kelebihan berupa anti spam yang efektif untuk menangkal berbagai email spam. Kami sudah menggunakan Gmail selama hampir 10 tahun dan sudah terbukti mampu menangkal lebih dari 99% email spam. Hampir tidak ada satu pun email spam yang berhasil menembus Gmail.

Lalu, ke manakah email spam tersebut? Gmail menyediakan sebuah label khusus bernama “Spam”. Semua email yang sudah dilabeli “Spam” akan dikumpulkan di satu tempat sehingga Anda tidak melihatnya di inbox utama Anda. Nantinya, semua email spam ini akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari.

Baca juga:  Cara Membuat Akun Google Baru di HP dan Komputer

6. Uptime hampir mencapai 100 persen

Kelebihan Gmail lainnya adalah uptime yang hampir 100 persen. Uptime pada dasarnya merupakan berapa persen (dari total waktu) suatu layanan dapat beroperasi secara normal. Apabila kita ambil jangka waktu 1 tahun, uptime 100 persen berarti suatu layanan terus beroperasi 24/7 selama setahun penuh. Sementara itu, uptime 50 persen berarti layanan tersebut hanya bisa diakses selama 6 bulan dalam setahun. Dalam 6 bulan sisanya, layanan tersebut down atau tidak bisa diakses karena sebab apapun.

Gmail memiliki waktu uptime mendekati 100 persen, yang berarti layanan Gmail sangat jarang down. Uptime yang mendekati 100 persen ini lagi-lagi bersumber dari infrastruktur kelas satu yang dimiliki oleh Google. Mengingat layanan Gmail yang bersifat gratis, tentu hal ini merupakan suatu kelebihan tersendiri.

Kekurangan Gmail

Meski disokong oleh teknisi dan infrakstruktur yang sangat canggih, namun masih terdapat beberapa kekurangan Gmail yang dikeluhkan sebagian orang. Berikut ini beberapa kekurangan Gmail yang berhasil kami rangkum:

1. Kolom reply yang kecil

Kekurangan Gmail - Kolom Reply

Salah satu kekurangan Gmail yang utama adalah kolom reply yang kecil. Hal ini mungkin tidak terlalu berpengaruh bila Anda hanya perlu membalas secara singkat. Namun, hal ini akan terasa mengganggu bila Anda perlu mengetik panjang di kolom reply, misalnya ketika membalas email seputar tawaran pekerjaan, kerja sama bisnis, dan lain sebagainya. Karena itu, banyak orang berharap suatu saat Google menyematkan opsi full screen pada kolom reply ini.

2. Tampilan yang terkesan monoton

Sebenarnya, Gmail memberikan opsi untuk mengubah setting tampilan dan tema Gmail. Namun, beberapa orang mengeluhkan bahwa opsi yang disediakan Gmail masih sangat terbatas. Pilihan yang ada hanya sebatas perubahan “minor” pada tampilan. Belum ada opsi yang memberikan perubahan total layout Gmail. Namun, mungkin saja suatu saat nanti Gmail akan memberikan opsi kustomisasi yang lebih banyak untuk mengubah tampilan Gmail pengguna.

3. Manajemen email yang menggunakan label, bukan folder

Kekurangan Gmail - Label

Banyak pengguna mengeluhkan Gmail yang menggunakan label untuk mengelompokkan emailnya. Meski sebenarnya terdapat keuntungan tersendiri dari label (misalnya bisa memberi beberapa label untuk satu email), banyak orang lebih terbiasa menggunakan folder dibandingkan label. Sayangnya, Gmail hanya memiliki opsi untuk menambahkan label, namun tidak ada opsi untuk menambahkan folder.

Baca juga:  Cara Edit File Hosts: Panduan Lengkap (Windows 10, 8, 7)

4. Adanya iklan dalam Gmail

Kekurangan Gmail - Iklan

Kekurangan Gmail lainnya adalah adanya email iklan yang terselip di bagian atas Inbox (kotak masuk) email Anda. Hal ini masih menjadi kontroversi di kalangan pengguna Gmail.

Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan hal tersebut. Mereka beranggapan bahwa karena Google tidak memungut biaya apapun untuk menggunakan Gmail alias 100% gratis, tidak ada salahnya Google menyelipkan beberapa iklan di antara emailnya. Namun, ada sebagian orang yang menganggap iklan tersebut mengganggu karena ditempatkan di bagian teratas Inbox mereka.

5. Ada beberapa email yang salah dilabeli sebagai Spam

Tidak ada hal yang 100% sempurna di dunia ini. Demikian halnya dengan Gmail. Meski sebelumnya dikatakan bahwa Gmail mampu menangkal 99% email spam, kenyataannya masih ada beberapa email penting yang salah dilabeli sebagai spam. Hal ini dapat mengakibatkan kita terlambat membaca isi email tersebut. Tentu hal ini sangat merugikan apabila email tersebut berisi diskon yang memiliki jangka waktu singkat atau berisi email seputar pekerjaan yang harus dibalas dengan segera.

Kesimpulan

Seperti semua layanan, Gmail memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Karena didukung oleh teknisi dan infrastruktur kelas wahid dari Google, Gmail unggul dari segi performa dan antivirus yang mumpuni dibandingkan kompetitornya. Selain itu, Gmail juga unggul karena dapat terintegrasi ke berbagai layanan Google yang sangat beragam.

Namun, dibalik berbagai kelebihan Gmail, terdapat pula beberapa kekurangan Gmail yang kerap dikeluhkan pengguna. Salah satu hal yang kerap dibicarakan adalah adanya beberapa email penting yang masuk ke email spam. Selain itu, keputusan Gmail menggunakan label untuk mengatur emailnya banyak diprotes oleh pengguna. Banyak orang lebih memilih folder dibandingkan label karena mereka lebih familiar dengan folder.

Di balik semua kelebihan dan kekurangan Gmail di atas, Gmail masih menjadi salah satu pemain utama di bidang layanan surat elektronik. Namun, dapatkah Gmail mempertahankan reputasi tersebut?

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments