10 Tips Membuat Kata Sandi yang Kuat (Panduan Lengkap)

4 min read

Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

Di era digital saat ini, Anda tentu kerap menggunakan password, entah untuk masuk ke Windows, login ke Gmail atau Facebook, atau untuk mengecek saldo di internet banking sekalipun. Sayangnya, akhir-akhir ini banyak muncul berita mengenai kejadian pencurian akun akibat password yang dibobol. Hal ini tentu mengundang perhatian publik terkait kekuatan password.

Membuat kata sandi yang kuat merupakan langkah penting untuk mengamankan informasi di akun Anda, entah itu email, Facebook, Instagram, dan bahkan Windows sekalipun. Password yang kuat terdiri dari campuran huruf kecil, huruf kapital, angka, dan karakter khusus. Selain itu, password yang kuat juga memiliki panjang minimal tertentu.

Dalam artikel ini, Anda akan memperoleh tips-tips untuk membuat kata sandi yang kuat beserta contoh-contoh password yang baik. Selamat membaca!

Tips Membuat Password yang Kuat Namun Mudah Diingat (Plus Contoh)

Berikut ini beberapa cara membuat password yang kuat yang bisa Anda terapkan secara langsung:

1. Jangan membuat password yang mudah ditebak

Tips pertama yang harus Anda perhatikan ketika membuat password adalah jangan sekali-kali menggunakan password yang mudah ditebak. Apa maksudnya mudah ditebak? Password yang mudah ditebak merupakan password yang sudah sering digunakan banyak orang sehingga rawan untuk dibobol hacker.

Dilansir dari NordPass, berikut daftar 10 password yang paling sering digunakan di tahun 2020:

  1. 123456
  2. 123456789
  3. picture1
  4. password
  5. 12345678
  6. 111111
  7. 123123
  8. 12345
  9. 1234567890
  10. senha

Nah, apabila Anda berencana membuat password baru untuk akun Anda, jangan pernah sekali-kali menggunakan salah satu dari password di atas. Bila Anda menggunakan salah satu password di atas, besar kemungkinan akun Anda dapat diretas hanya dalam hitungan detik. Sungguh berbahaya bukan?

2. Hindari menggunakan informasi pribadi

Selain menghindari kata sandi yang paling sering dipakai, ada 1 hal lagi yang harus dihindari ketika membuat password yakni hindari menggunakan informasi pribadi sebagai password Anda. Mengapa demikian?

Baca juga:  Cara Unsend Email di Gmail, Outlook, dan Yahoo Mail

Apabila Anda sudah ditarget menjadi sasaran peretasan, sudah tentu sang peretas akan berusaha mengorek semua informasi tentang diri Anda. Informasi pribadi di atas nantinya digunakan sebagai “modal” dalam membongkar password Anda.

Berikut ini beberapa informasi pribadi yang sebaiknya tidak digunakan untuk membuat password:

  1. Nama diri sendiri atau kerabat
  2. Nama hewan peliharaan
  3. Nama jalan atau kota tempat tinggal
  4. Nomor rumah
  5. Tanggal (tanggal lahir, tanggal pernikahan, dll)
  6. Nomor telepon
  7. Kode pos

Data-data di atas dapat dengan mudah diketahui oleh orang lain. Karenanya, menggunakan data pribadi sebagai password sangatlah rawan dan sebaiknya dihindari sebisa mungkin.

3. Gunakan campuran huruf kecil dan huruf kapital

Setelah mengetahui hal-hal yang harus dihindari, sekarang saatnya mempelajari cara membuat kata sandi yang kuat. Salah satu fakta penting yang perlu Anda ketahui adalah password bersifat case-sensitive. Artinya, password huruf besar dianggap berbeda dengan password huruf kecil.

Sebagai contoh, “Katak” dengan “katak” dibaca sebagai 2 password yang berbeda. Bila Anda mengetikkan “Katak” padahal password yang sesungguhnya adalah “katak”, Anda tidak akan bisa login ke akun tersebut. Karena itu, salah satu cara yang paling simpel untuk memperkuat kata sandi Anda adalah dengan menggunakan kombinasi antar huruf kecil dan kapital. Dengan mengkombinasikan huruf kecil dan kapital, hacker akan lebih sulit menebak kata sandi Anda.

4. Buat password dengan panjang minimal 12 karakter

Semakin panjang password, tentu semakin susah ditebak bukan? Namun, berapa sebaiknya panjang kata sandi yang ideal?

Berbagai sumber memiliki rekomendasi yang berbeda-beda. Laman support Google merekomendasikan kata sandi sebaiknya memiliki panjang 12 karakter. Sementara itu, HowToGeek menyebutkan bahwa password sebaiknya memiliki 12 hingga 14 karakter.

Dari kedua sumber tersebut, bisa kita tarik kesimpulan bahwa password yang ideal sebaiknya memiliki panjang minimal 12 karakter. Namun, Anda juga sebaiknya tidak membuat password yang terlalu panjang supaya Anda tetap bisa mengingat password tersebut.

5. Gunakan angka dan karakter khusus

Tips selanjutnya dalam membuat kata sandi yang kuat adalah gunakan angka dan karakter khusus seperti !, ?, @, dan lain-lain. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan huruf kecil dan kapital untuk meningkatkan kekuatan kata sandi Anda.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Berikut contoh-contoh kata sandi yang dibuat dengan menerapkan tips-tips di atas:

  • ?Y4at4Ut1dAk? (dibaca Ya atau tidak)
  • G00fy_B4NK5! (dibaca Goofy_BANKS)
  • M4NT41-D0EL0E (dibaca MANTAI-DOELOE)

Nah, bagaimana contoh-contoh kata sandi di atas? Cukup susah untuk ditebak bukan? Di sisi lain, password di atas tetap memiliki “pola” sehingga masih bisa dihafalkan.

6. Gunakan frasa atau akronim yang susah ditebak

Tips ini merupakan tips yang cukup ampuh untuk membuat password. Cara ini mempunyai 2 keuntungan sekaligus. Pertama, orang lain akan lebih susah menebak kata sandi akun Anda. Kedua, password Anda menjadi lebih mudah diingat karena menggunakan frasa atau akronim tertentu.

Anda dapat menggunakan peribahasa, kata kiasan, atau istilah yang familiar bagi Anda. Supaya kata sandi Anda lebih kuat, Anda juga bisa memasukkan angka atau karakter khusus di sela-sela frase atau akronim tadi. Agar lebih jelas, berikut beberapa contoh password yang mengandung frasa atau akronim:

  • 41RdiD4UNtal4s? (dibaca Air di daun talas)
  • 4SBUNajaK4U! (dibaca Asbun aja kau)
  • [email protected]_Y01! (dibaca Puskesmas YOI)

Masih bingung mencari frasa yang tepat untuk password Anda? Cobalah menggunakan istilah-istilah yang Anda kuasai. Contohnya, bila Anda seorang dokter, Anda dapat menggunakan istilah di bidang medis yang jarang diketahui orang awam. Dengan cara ini, kata sandi Anda menjadi lebih aman dari serangan peretas.

7. Jangan menggunakan kata sandi yang pernah dibobol

Hal yang sangat penting namun terkadang dilalaikan adalah jangan pernah menggunakan password yang pernah dibobol. Meenggunakan password tersebut sama saja dengan membahayakan akun Anda sendiri.

Lalu, bagaimana caranya mengecek apakah kata sandi yang kita pakai sudah dibobol atau belum? Anda tidak perlu kuatir karena situs Have I Been Pwned menyediakan solusinya. Berikut langkah-langkah untuk mengeceknya:

  1. Buka link berikut ini untuk menuju situs Have I Been Pwned.
  2. Ketikkan password Anda kemudian tekan tombol pwned?
    Halaman Have I Been Pwned
  3. Bila password Anda belum pernah dibobol, Anda akan mendapat pesan seperti gambar berikut ini.
    Contoh password yang kuat
    Sebaliknya, Anda akan mendapat pesan seperti di bawah ini jika password Anda pernah dibobol sebelumnya. Apabila Anda mendapat pesan di bawah ini, berarti Anda perlu mengganti password tersebut.
    Contoh password yang kurang baik

8. Jangan menggunakan password yang sama di akun yang berbeda

Setelah membuat kata sandi yang kuat, sekarang saatnya menggunakan kata sandi tersebut. Prinsip yang sebaiknya Anda terapkan adalah jangan menggunakan 1 password untuk beberapa akun. Ada 2 alasan utama mengapa hal ini sebaiknya dihindari.

Baca juga:  Cara Membuat Akun Google Baru di HP dan Komputer

Pertama, apabila password suatu telah dibobol, maka akun yang yang menggunakan password yang sama hampir pasti juga akan dibobol. Kedua, akun-akun yang dimiliki seseorang kemungkinan besar memiliki alamat email yang sama. Apabila seorang teman/kolega mengetahui alamat email dan password untuk satu akun Anda, orang tersebut berarti dapat mengakses akun Anda yang lainnya. Meski hal demikian tidak selalu terjadi, namun lebih baik melakukan antisipasi bukan?

Bonus Tips

Nah, di samping tips-tips di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat dan menyimpan kata sandi. Berikut bonus tips tersebut:

9. Gunakan random password generator

Bila Anda bingung membuat kata sandi yang kuat, Anda bisa memakai trik ini. Dengan cara ini, Anda bisa membuat password yang unik dan kuat dalam hitungan detik. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan pembuatan password random secara gratis, beberapa di antaranya adalah:

Sering kali, membuat password random memiliki kekurangan yakni susah dihafalkan. Namun, ada cara agar Anda tidak melupakan password random tersebut yaitu dengan menggunakan password manager. Untuk lebih jelasnya, silakan cek tips ke sepuluh di bawah ini.

10. Gunakan password manager

Password manager merupakan aplikasi yang membantu Anda untuk menyimpan password dan mengelompokkannya berdasarkan kategori tertentu. Dengan aplikasi ini, Anda tentu tidak perlu kuatir lupa password. Ada banyak aplikasi password manager yang beredar di pasaran, berikut 5 di antaranya yang bisa Anda gunakan secara gratis:

Kesimpulan

Password yang kuat merupakan salah satu kunci utama dari keamanan akun. Karena itu, jangan lupa terapkan tips-tips di atas agar kata sandi yang Anda buat susah dibobol.

Demikian artikel mengenai cara membuat kata sandi yang kuat beserta contoh password yang kuat. Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini kepada keluarga dan teman Anda agar akun mereka menjadi lebih terlindungi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments